Home / Materi Otomotif / Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor, Turun Mesin!

Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor, Turun Mesin!

MasBengkel.com – Tahu gak, apa fungsi pelumasan (oli) pada motor? Jika belum tahu, baca ini Tujuan dan Fungsi Sistem Pelumasan + Pengertian. Karena sebegitu pentingnya sistem pelumasan pada motor, apa akibat jika oli mesin habis pada motor?

Apakah motor harus turun mesin? Atau hanya perlu menambahkan oli?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan tersebut bisa bermacam – macam. Tergantung dari kejadian saat motor kehabisan oli. Seperti Yamaha Jupiter Z yang masuk kebengkel pagi ini, motor harus turun mesin akibat oli mesin habis pada motor.

Apa saja kerusakan pada Yamaha Jupiter Z yang kehabisan oli?

1. Piston Rusak Parah

motor kehabisan oli mesi
mesin kehabisan oli
efek oli mesin habis pada motor

Perhatikan gambar satu sampai tiga. Terlihat jelas bahwa piston atau seher rusak parah bro. Saking parahnya, seher sampai lengket di stang seher (gambar 3). Karena seher dan stang mau diganti. Saya pun memutuskan tidak melepas seher. Karena sudah saya coba melakukan beberapa percobaan, namun pin seher gak mau keluar.

Jika oli mesin sampai habis, bersiap – siaplah mengalami hal diatas.

2. Boring Silinder Lecet / Baret

akibat oli mesin habis

Kalau sehernya aja rusak parah, boringnya pasti juga mengalami hal serupa. Mengingat seher dan boring merupakan komponen yang saling bergesekan.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel Tujuan dan Fungsi Sistem Pelumasan + Pengertian bahwa fungsi dari pelumasan adalah membentuk lapisan oli pada permukaan yang saling bergesekan dan untuk melindungi kerusakan karena pemakaian.

Kalau oli mesim habis, sudah pasti… Bidang yang saling bergesakan tidak ada yang melindungi dan menyebabkan kerusakan seperti yang terjadi pada boring yang lecet / baret.

3. Temlar dan Noken As Juga Kena Imbasnya

oli mesin habis
efek jika oli habis

Temlar dan noken as juga merupakan komponen yang saling bergesakan secara berkala. Jika oli mesin habis, kedua komponen yang bergesekan ini tidak akan ada yang melindungi. Dan ujung – ujungnya, noken as dan temlar seperti gambar diatas.

4. Motor Turun Mesin

Kalau kejadiannya seperti motor diatas, mau tidak mau motor harus turun mesin. Karena untuk mengganti stang seher harus pecah mesin. Kalau gak mau habis uang banyak karena mengganti komponen – komponen diatas akibat oli mesin habis pada motor. Ya kamu harus rutin untuk mengganti oli. Jika kamu gak ingin rugi waktu dan uang.

Baca Juga Artikel Lainnya Bro :

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

cara mengecas aki mobil

Cara Mengecas Aki Mobil yang Paling Benar

MasBengkel.com – Aki merupakan sumber utama kelistrikan pada mobil. Dibutuhkan cara perawatan yang benar agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *