aki motor cepat tekor
Penyebab aki Motor Cepat Tekor

Aki Motor Cepat Tekor – Pada sepeda motor terdapat energi listrik yang berpusat pada aki sebagai energi utama untuk komponen – komponen kelistrikan pada sepeda motor, seperti Lampu sein, klaskon, starter elektrik, dan lain – lain.

Sedangkan aki mengandalkan energi listrik yang dihasilkan dari sistem pengisian. Jika Pengisian Aki Tidak Normal, maka yang Terjadi adalah aki mudah tekor. Dan hal itu akan berakibat pada sistem kelistrikan motor secara keseluruhan.

Penyebab – Penyebab Aki Motor Bermasalah pun beragam, mulai dari kabel yang konsleting atau terdapat komponen yang rusak. Daripada bingung apa Penyebab Aki Motor Cepat Tekor, Baca selengkapnya ulasan Masbengkel.com berikut ini :

Penyebab Aki Motor Cepat Tekor dan Tidak Mengisi

Sebelum kita membahas lebih jauh apa saja yang menjadi penyebab aki motor cepat tekor dan tidak mengisi, alangkah lebih baik kita mengenal dulu komponen – komponen yang terdapat pada sistem pengisian sepeda motor.

Komponen Pengisian Pada Motor

Terdapat dua komponen utama pada sistem pengisian pada sepeda motor, komponen tersebut adalah Spul Pengisian dan Kiprok.

Kedua komponen tersebut berperan vital dalam proses pengisian pada aki sepeda motor, jika salah satu dari keduanya tidak berfungsi, maka yang terjadi adalah aki akan cepat tekor.

Cara Mengatasi Sistem Pengisian Yang Tidak Normal

Jika kedua komponen tersebut yakni kiprok dan spul adalah biang kerok dari masalah dan penyebab aki tidak mengisi sehingga aki cepat tekor. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut.

READ MORE :  6 Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih + Solusinya

Khusus untuk Spul pengisian, bisa di gulung ulang. Namun cara ini tidak saya anjurkan, karena tindakan menggulung spul tidak akan membuat spul bisa bertahan lama.

Jika kamu merupakan biker yang suka otak – atik motor sendiri atau penasaran ingin memperbaiki komponen pengisian rusak yang menyebabkan aki cepat tekor. Maka melalui artikel ini saya akan memberikan sedikit tips cara mengecek spul dan kiprok yang mati atau tidak berfungsi.

Cek Pengisian Tanpa Alat Untuk Motor Pengapian DC

Jika motor kamu menggunakan pengapian DC, maka cara untuk mengecek pengisian motor yang tidak berfungsi adalah dengan cara melepas salah satu kabel aki. Nyalakan motor terlebih dahulu, lalu lepas salah satu kabel aki, jika motor tiba – tiba mati. Sudah bisa dipastikan bahwa sistem pengisian motor kamu tidak normal alias rusak.

Karena terdapat dua komponen pengisian, yakni spul dan kiprok (regulator). Maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan komponen mana yang rusak, spul pengisiannya atau kiproknya. Caranya adalah dengan mengecek kabel pengisian dari spul. Kabel pengisian dari spul biasanya berwarna putih.

Tapi untuk mempermudah, ambil saja kabel putih atau kuning. Karena tidak semua motor memiliki kabel dengan warna yang sama, lebih baik pastikan kamu sudah mengetahui kabel spul pengisiannya.

Untuk mempermudah, cek keduanya saja, dengan cara mengkonek-an kabel ke bodi motor atau ke kabel massa dari spul. Jika salah satu kabel atau kabel berwarna putih (kabel dari spul pengisian) tidak mengeluarkan bunga api, kemungkinan spul pengisian sudah tidak berfungsi. Jika mengeluarkan bunga api, ada kemungkinan kiproknya yang mati.

Catatan : Cara ini tidak benar – benar akurat. Karena berbagai alasan. Salah satunya jika kabel putus, maka cara ini bisa menipu kamu, bro. Misal ketika kamu cek kabel spul, tetapi keluar bunga api, lalu kamu mengganti kiprok dengan yang baru. Padahal terdapat kabel putus antar spul ke kiprok, sehingga listrik dari spul tidak sampai ke kiprok.

Cek Pengisian Tanpa Alat Ukur Untuk Motor Pengapian AC

Sebenarnya tidak ada perbedaan cara cek spul pengisian antara motor pengapian AC ataupun DC. Hanya saja, pada motor pengapian AC, tidak berlaku cara cek pengisian dengan cara melepas salah satu kabel aki. Jadi, kamu harus cek langsung dari kabel spul pengisian. Caranya sama seperti motor dengan pengapian DC.

READ MORE :  Jangan Tunggu Patah, Begini Cara Cek Piringan Rem Cakram Yang aus

Cek Pengisian Menggunakan Alat Volt Meter

Cara ini bisa ke semua Motor bahkan Mobil, Bagi kamu yang mau buka usaha jual beli Aki minimal wajib menguasai ilmu ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menghubungkan alat Volt meter ke kutub aki positif dan negatif. lalu hidupkan mesin. yang perlu di catat adalah sebagai berikut:

  • Mesin off normalnya tegangan antara 12,4V – 13V, jika di bawah 12V mungkin aki lowbatt,bisa juga soak.
  • Mesin On Tegangan harus > pada saat mesin off dan < 15V. Jika tidak mau naik berarti pengisian bermasalah, tapi jika naiknya melebihi 15V maka pengisian di sebut Over charge( Kiprok rusak).

Kekurangan trik ini adalah harus beli voltmeter. Kisaran harga mulai 50rb – 5jt an ada di pasaran.

Demikian Artikel Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Tekor Akibat Pengisian Motor Tidak Normal. Sebenarnya masih ada satu cara lagi, yakni menggunakan Amperemeter, namun cara ini jarang sekali di pakai. Karena, menggunakan Voltmeter saja sudah lebih dari cukup Semoga bermanfaat.