Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Aki Motor Baru Tapi Tidak Bisa Starter? Ganti Komponen ini

Advertisement

MasBengkel.com – Beberapa pengendara memutuskan untuk mengganti aki jika starter motor tidak berfungsi tanpa berkonsultasi dengan orang yang tahu atau mengerti dalam bidang otomotif. Namun, setelah mengganti aki, starter motor tetap tidak berfungsi. Aki motor baru tapi tidak bisa starter, apa penyebabnya? Dan komponen mana yang perlu diganti.

Langsung mengganti aki ketika mengetahui starter motornya tidak berfungsi bisa dikatakan kejadian yang sering terjadi. Bahkan, ketika datang kebengkel saya pun juga demikian. Tidak disuruh ngecek apa penyebab starter motor tidak berfungsi, si pemilik motor langsung menyuruh saya untuk mengganti aki.

Hasilnya… Beberapa diantaranya starter motor tetap tidak berfungsi, meskipun sudah ganti aki. Sebagai mekanik, saya sebenarnya sudah mengingatkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu, namun kadang – kadang si pemilik motor keuh – keuh ingin tetap mengganti akinya. Kalau aki baru tapi starter motor tidak berfungsi, resikonya ditanggung sendiri. Toh saya sebagai mekanik sudah mengingatkan.

Nah, kalau kalian masuk atau membaca artikel ini, berarti kamu termasuk salah satu pengendara yang saya sebutkan diatas. Lalu, apa sih sebenarnya permasalahan starter motor tersebut.

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi Meskipun Sudah Ganti Aki

Aki sudah baru, tapi starter masih tidak fungsi. Komponen mana sebenarnya yang menjadi penyebab starter motor tidak berfungsi? Berikut ini beberapa kemungkinannya.

1. Tombol Starter Kotor / Rusak

Untuk melakukan pengecekkan pada tombol motor sebenarnya sangat mudah. Putar kunci kontak pada posisi ON, lalu pencet tombol starter motor. Jika bunyik cetek – cetek, tombol starter masih bisa dipakai alias masih berfungsi. Namun, jika tidak ada bunyi cetek – cetek, ada kemungkinan tombol starter bermasalah.

Advertisement

Lakukan pembersihan pada tombol starter jika tombol starter tidak berfungsi menggunakan cairan khusus, karena biasanya konektor yang ada didalam tombol starter mengalami korosi.

Baca Juga : Penyebab Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak

2. Switch Starter Rusak

Terdapat dua ciri – ciri jika switch starter rusak, yang pertama adalah timbul bunyi cetek – cetek atau tidak bunyi sama sekali. Untuk melakukan pengecekan pada switch starter sangat mudah. Sambungkan dua kabel besar menggunakan obeng atau kabel. Jika dinamo starter menunjukkan tanda – tanda hidup, besar kemungkinan switch starter sudah rusak.

Baca Juga : Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek + Cara Mengatasinya

3. Dinamo Starter Tidak Berfungsi

Tombol starter berfungsi dengan baik, lalu switch starter juga berfungsi… Kini saatnya untuk mengecek bagian dinamo starternya.. Cara mengeceknya pun mudah, sambungkan kabel besar dari switch starter tadi menggunakan obeng atau kabel. Jika dinamo strter tidak menunjukkan tanda – tanda apapun. Kemungkinan besar dinamo starter bermasalah.

Advertisement

Ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat memperbaiki dinamo starter, yang pertama adalah Bostel, angker dinamo dan magnet dinamo. Ketiga komponen ini biasanya yang menyebabkan dinamo starter enggan berputar.

Baca Juga : Motor Starter : Cara Kerja Beserta Komponennya

Itulah beberapa kemungkina yang bisa terjadi jika aki motor baru tapi starter tidak berfungsi.

Namun, ketiga hal diatas tidak bisa menjadi acuan, mengingat ada komponen lain, salah satunya adalah kabel yang putus. Kasus kabel yang putus saya kira tidak perlu saya jelaskan, mengingat untuk mengurai kasus kabel yang putus bukanlah pekerjaan mudah. Sebaiknya bawa saja kebengkel langganan kamu.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close