Air Aki Cepat Habis Atau Berkurang ? ini Penyebabnya

Penyebab Air Aki Cepat Habis – Terdapat dua jenis aki pada sepeda motor, yakni aki kering dan aki basah. Untuk kendaraan bermotor keluaran terbaru, menggunakan aki kering dan meninggalkan aki basah. Hal ini dikarenakan aki kering bebas perawatan, bandingkan dengan tipe basah yang membutuhkan perawatan secara berkala. Ada kalanya, tipe aki basah memiliki permasalahan air aki cepat berkurang..

Permasalahan ini merupakan salah satu kelemahan tipe aki basah, karena air aki cepat habis atau berkurang akan membuat aki cepat rusak dan pastinya akan sangat merepotkan dalam hal perawatan.

Penyusutan air aki memang tergolong normal, karena adanya reaksi kimia yang terjadi pada aki pada saat kendaraan menyala. Namun, jika air aki cepat habis dan berkurang terlalu cepat tentu saja ada penyebab lain yang menyebabkan terjadinya penyusutan yang relatif lebih cepat dari keadaan normal.

Lalu apa yang menyebabkan air aki cepat habis ?

Penyebab Air Aki Cepat Habis Atau Berkurang

Berikut ini merupakan penyebab air aki cepat berkurang yang paling sering terjadi.

1. Terjadi Kebocoran Pada Bodi Aki

Kebocoran pada bodi aki merupakan satu dari beberapa penyebab air aki cepat habis. Kebocoran pada bodi aki ini biasanya di akibatkan bodi aki pecah atau berlubang.

Biasanya bodi aki bisa rusak akibat dari salah dalam pemasangan. Misalkan ukuran aki dan tempat aki yang kurang pas. Atau bisa juga motor pernah jatuh dan aki terkena imbasnya. Namun hal ini biasanya sangat amat jarang terjadi.

2. Tutup Aki Bocor

Tutup aki memiliki karet pelindung agar air aki tidak tumpah melalui tutupnya. Namun karena umur, biasanya karet yang ada di tutup aki agak melar. Sehingga tidak bisa melindungi tumpahnya air aki secara sempurna.

Penyebab lainnya biasanya di karenakan pemasangan yang kurang tepat. Sehingga mengakibatkan alur drat pada tutup aki mengalami aus sehingga tutup aki tidak bisa menutup dengan sempurna.

3. Overcharger

Overcharger merupakan kejadian dimana kinerja aki melampaui batasnya sehingga aki cepat panas dan hal ini akan mengakibatkan air aki cepat habis atau cepat berkurang.

Ada banyak hal menyebabkan aki mengalami overcharger. Beban yang terlalu tinggi atau sistem pengisian yang tidak normal membuat aki mengalami overcharger. Selain air aki cepat habis, kejadian overcharger juga bisa membuat aki cepat tekor.

Cara Merawat Aki Motor Biar Lebih Awet

Jika motor kamu masih menggunakan aki basah sebaiknya lakukan perawatan secara berkala agar aki motor lebih awet dan tahan lama. Mengingat harga aki yang bermerek bagus memiliki harga yang lumayan mahal, ikuti tips cara merawat aki motor berikut ini.

1. Bersihkan Terminal Aki

Langkah pertama adalah kamu harus selalu mengecek kondisi terminal aki. Biasanya pada aki basah terminal aki mengalami korosi sehingga harus selalu di bersihkan.

Karena jika terminal aki kotor akan menyebabkan arus listrik dari aki ke bagian kelistrikan motoro terhambat dan hal ini akan menyebabkan kinerja aki menjadi berat. Jadi, pastikan agar terminaln aki selalu dalam keadaan bersih.

Kamu bisa melakukan pembersihan pada terminal aki menggunakan cater / siet / kertas gosok. Lepaskan sambungan pkabel pada terminal aki, lalu gosok / bersihkan terminal aki dan skun aki menggunakan silet atau kertas gosok.

2. Bersihkan Tutup Aki

Membersihkan tutup aki merupakan hal sepele dan yang paling sering dilewatkan dalam hal perawatan aki. Perlu diketahui bahwa di tutup aki terdapat lubang ventilasi, jika lubang ventilasi ini tertutup oleh debu atau kotoran maka akan menyebabkan aki menggelembung dan tentu saja hal ini akan memperpendek umur aki.

3. Cek Air Aki Setidaknya Sebulan Sekali

Inilah hal yang paling utama jika kamu ingin aki basah tidak cepat. Lakukan pengecekan pada air aki dalam kurun waktu sebulan sekali. Pastikan juga saat mengisi air aki jangan melampaui batas yang sudah di tentukan. Karena air aki melampaui batas yang di anjurkan, hal ini bisa membuat kinerja aki menjadi berat dan aki cepat menggelembung.

Nah, itulah beberapa tips merawat aki motor biar awet dan penyebab air aki cepat habis atau berkurang. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

2 + 3 =

Rekomendasi Kami