Beranda Review 6 Kerugian Beli Motor Bodong (STNK Only / BPKB Only)

6 Kerugian Beli Motor Bodong (STNK Only / BPKB Only)

kerugian membeli motor bodong
6 Kerugian Jika Membeli Motor Bodong

Kerugian Beli Motor Bodong – Meskipun sudah jelas jika aktivitas jual beli motor bodong merupakan aktivitas yang ilegal, namun tetap saja akitivitas masih sangat marak di sosial media terutama di Facebook. Sepertinya para penjual maupun calon pembeli tidak takut akan resiko yang akan datang dikemudian hari.

Saya sendiri beberapa kali melihat iklan yang menjual motor surat sebelah (STNK only maupun BPKB only) dengan harga sangat miring, jauh dari harga pasaran.

Kalau boleh jujur, iklan seperti ini tidak menarik dimata saya, meskipun harga yang mereka tawarkan jauh dari harga pasaran.

Bukannya saya anti dengan motor bodong atau motor stnk only maupun bpkb only, namun karena motor berlabel tersebut merupakan motor ilegal maka saya juga harus berhati – hati ketika akan melakukan transaksi.

Saya tidak anti motor bodong, karena dirumah saya mempunyai motor Yamaha Mio Sporty yang tanpa surat. Tidak punya BPKB maupun STNK!!!

Dengan catatan, Saya berani membeli motor tersebut karena saya tahu asal – usul motor tersebut.

Sebelum tertarik untuk membeli motor bodong. Berikut ini saya jelaskan apa itu motor bodong dan kerugian membeli motor bodong.

Pengertian Motor Bodong

Motor bodong merupakan motor yang tidak memiliki surat atau dokumen yang dibutuhkan sebuah kendaraan bermotor seperti BPKB dan STNK.

Selain tidak memiliki dokumen yang lengkap, ciri dari motor bodong adalah memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dari harga pasaran.

Kerugian Jika Beli Motor Bodong

Harga yang miring membuat motor bodong masih memiliki peminat. Sebagai calon pembeli kamu seharusnya gak tergiur sama tawaran ini. Karena mau gimana juga, bakal ada kerugian besar yang dialami pembeli. Penasaran sama enam kerugian itu? Yuk simak ulasannya di sini.

#1. Kondisi Motor Gak Jelas

Bila si penjual motor bodong hanya sebatas penadah atau makelar, maka tidak ada yang bisa menjamin kondisi motor yang sebenarnya. Kalau mereka culas dan mau untung doang, bisa jadi mereka menghalalkan segala cara biar motornya cepat laku.

Apa jadinya kalau pembeli mengalami hal itu? Mungkin saja belinya murah, tapi jika baru dipakai berapa kali lantas turun mesin, apa gak bikin pusing.

#2. Berpotensi Dapat Motor Curian

Inilah alasan utama saya sangat tidak tertarik dengan iklan yang ada di sosial media tentang penawaran motor murah berlabel STNK only dan BPKB only ataupun tanpa surat sekalipun.

Jika benar motor yang kamu beli merupakan motor curian, bisa dipastikan kamu bakalan dicurigai sebagai penadah.

#3. Ancaman Hukuman Penjara Selama 4 Tahun

Seperti yang sudah terjadi di Bogor pada Oktober 2016 lalu, para penadah atau pengguna kendaraan bodong bisa terkena hukuman penjara hingga empat tahun. Hal itu sudah diatur di Pasal 480 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Disebutkan pula bahwa denda yang kamu bayarkan mencapai Rp 900 ribu. Apa gak rugi ?

Ingat juga, razia motor itu sifatnya gak keprediksi. Kalau tiba-tiba saja ada razia, maka polisi gak bakal segan-segan menindakmu saat itu juga.

#4. Aset Tidak Produktif

Motor beserta surat – suratnya merupakan aset berharga yang kamu miliki. Jika sewaktu – waktu kamu membutuhkan dana cepat, maka motor beserta surat – surantnya bisa kamu jadikan jaminan di bank.

Bayangkan jika kamu membeli motor bodong, Biasakah menjadi jaminan ?

#5. Jualnya Susah

Sebagai pembeli motor, akan ada masa di mana kamu bakal menjual motor tersebut. Mungkin entah karena kamu harus ganti motor baru, atau butuh uang mendadak.

Ketika pembeli memutuskan untuk menjualnya kembali, motornya bakal susah dijual lantaran gak dilengkapi surat-surat. Ujung-ujungnya, pembeli bakal cari konsumen di forum jual beli motor bodong. Dan alhasil dia bakal dicap sebagai penadah, ngeri kan?

#6. Rawan Jadi Korban Begal

Selain mengincar korban di jalanan pada malam hari, begal juga sering mengincar korban lewat forum jual beli motor bodong. Para pelaku begal bisa menyamar sebagai penjual, dan modus kejahatannya dilakukan lewat transaksi cash on delivery alias COD atau ketemuan di tempat.

Tips Membeli Motor Bodong

Jika memang terpaksa membeli motor bodong, STNK only atau BPKB only. Kamu bisa baca tips membeli motor bodong yang pernah saya ulas sebelumnya, KLIK DISINI.

KESIMPULAN

Membeli motor bodong memang bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki cukup modal untuk membeli motor baru ataupun motor bekas yang memiliki dokumen lengkap. Namun, membeli motor bodong memiliki banyak resiko, jadi kamu perlu menimbang lagi keuntungan dan kerugian beli motor bodong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here