lampu sein mati total
lampu sein mati total

Halloooo Broooo… Bertemu lagi dengan artikel – artikel seputar teknik otomotif yang tidak akan ada habisnya. Kali ini saya akan membahas tentang penyebab lampu sein mati total serta tips bagaimana cara memperbaiki lampu sein yang tidak menyala.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang penyebab lampu sein mati dan tidak mau menyala, seperti yang kita ketahui jika lampu sein merupakan lampu tanda belok kendaraan. Ketika brosist akan belok kekanan maka lampu sein yang difungsikan adalah sebelah kanan juga, agar pengendara lain yang berada didepan dan dibelakang brosist bisa tahu arah yang akan dituju.

Penyebab Lampu Sein Mati Total dan Cara Mengatasinya

Tentu akan sangat membahayakan bagi diri sendri dan orang lain jika brosist lupa menyalakan lampu sein ketika akan berbelok. Akan lebih membahayakan lagi jika lampu sein motor tidak menyala sama sekali. Untuk keselamatan berkendara, sebaiknya segera perbaiki lampu sein tidak menyala dengan mengikuti tips dan langkah – langkah berikut ini. Baca juga artikel berikut : Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya

#1. Aki Soak / Rusak

Komponen utama dalam setiap proses sistem kelistrikan maupun elektrikal pada kendaraan adalah aki. Aki merupakan sumber utama sistem elektrikal pada motor. Jika aki pada motor brosist sudah rusak, maka seluruh sistem elektrikal pada motor tidak akan berfungsi termasuk juga lampu sein.

Jika aki motor brosist sudah rusak, bisa dipastikan hal tersebut merupakan penyebab lampu sein mati. Segera ganti aki dengan yang baru atau bisa juga untuk mencharger ulang aki. Jika elemen didalam aki masih bagus, maka aki akan kembali terisi.

Jangan mengganti aki dengan aki bekas, terutama jika aki brosist adalah aki kering dan motornya adalah motor injeksi. aki bekas akan merusak sensor – sensor yang ada pada motor injeksi

#2. Sekring Putus

Arus listrik yang dikeluarkan dari aki akan melewati komponen yang bernama sekring / fuse. Fungsi dari sekring adalah sebagai pengaman jika salah satu bagian dari sistem kelistrikan mengalami konsleting.

READ MORE :  Review Piggyback Iquteche : Cara Kerja & Harga

Karena arus dari aki, maka jika sekring putus semua komponen kelistrikan juga tidak akan menyala dan layaknya aki yang sudah rusak. Untuk itu, disarankan untuk mengecek kondisi sekring terlebih dahulu sebelum mengganti aki.

Jika disekring terdapat nomor yang menunjukan angka tahanan dari sekring tersebut. Pastikan untuk membeli sekring yang sesuai dengan nomor yang tertera didalam sekring.

#3. Flasher Rusak

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai saklar otomatis yang berada pada lampu sein yang membuat lampu sein dapat menyala dan berkedip. Cobalah untuk memeriksa pada bagian ini. Jika memang terlihat ada bekas terbakar, maka cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan mengganti flasher sein dengan yang baru.

Selain itu, kamu juga bisa memastikan kondisi flasher yang mati atau tidak dengan cara menyambungkan kedua ujung kabel. Baca artikel berikut jika motor kamu adalah revo absolute : Letak flasher revo absolute

Caranya adalah sebagai berikut

  • Lepas flasher dari soketnya
  • Lalu sambungkan kedua kabel soket flasher tersebut menggunakan kabel pendek
  • Lalu nyalakan tombol sein (salah satu saja, bisa kanan maupun kiri)
  • Jika lampu sein menyala namun tidak berkedip maka flasher sudah tidak berfungsi
  • Ganti flasher dengan yang baru

#4. Saklar Rusak

Hal ini biasanya terjadi jika lampu sein tidak menyala sebelah saja. Namun bisa saja tombol / saklar lampu sein rusak juga bisa menyebabkan lampu sein mati total karena inputnya meleleh akibat panas yang ditimbulkan dari arus lampu sein.

Coba buka / lepas saklarnya, jika didalam meleleh ganti saklar lampu sein dengan yang baru agar lampu sein yang mati total busa hidup kembali.

#5. Kabel Putus

Penyebab lainnya mungkin saja disebabkan adanya kabel yang putus. Jika memang terkait masalah kelistrikan, maka akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel khsuus yang bisa menangani masalah pada sistem kelistrikan. Jika anda sampai salah saat memperbaiki sistem kelistrikan sendiri, maka nantinya malah dapat menyebabkan masalah baru lainnya muncul. Sehingga lebih aman jika di bawa ke bengkel terpercaya.

READ MORE :  Jalur Lampu Sein Motor (Gambar dan Penjelasannya)

Demikian artikel kali ini yang membahas cara mengatasi dan penyebab lampu sein mati total. Semoga bermanfaat.