penyebab motor starter lemah.jpg

3 Penyebab Starter Motor Lemah

Masbengkel.com, Penyebab Starter Motor Lemah – Ketika membahas starter elektrik pada motor, mungkin hanya satu kata yang ada dipikiran saya yaitu kenyamanan. Bagaimana tidak, Kamu butuh satu sentuhan di tombol dan seketika motor bisa menyala. Bayanngkamm jika starter elektrik tidak ada, kamu harus sedikit mengeluarkan tenaga untuk menghidupkan motor yakni dengan menggunakan kick starter.

Bahkan, teknolgi starter elektrik sekrang lebih canggih, menggunakan teknologi ACG. Yang dimana teknologi menawarkan sesuatu yang lebih wah jika dibandingkan dengan teknologi starter elektrik yang lama. Jika kamu pernah mencba atau memiliki Honda PCX misalnya, pasti kamu bisa merasakan perbedaan starter elektrik konvesional dengan starter elektrik AGC. Dari suara sampai hentakannya seperti tidak terdengar dan tidak terasa.

Penyebab Starter Motor Lemah

Sejak beberapa tahun yang lalu, fitur yang ada pada motor dibekali dengan dua masam starter yakni starter elektrik dan juga kick starter. Bahkan untuk motor paling gres, pabrikan sudah berani mengeluarkan motor yang hanya dibekali dengan satu mode starter yakni starter elektrik saja. Sejujurnya saya ngga kebayang bagaimana susahnya jika tiba – tiba aki motor soak. Entah apa yang ada dibenak pabrikan motor dengan hanya merilis motor dengan satu jenis starter.

Oke, kita lupakan dulu motor baru yang hanya dibekali dengan satu starter saja. Karena pada artikel ini saya akan membahas tentang pennyebab starter motor lemah. Dan mungkin tips kali ini bisa membantu para pengendara motor jika motor yang digunakan menggunakan satu jenis starter seperti motor keluaran terbaru sekarang ini. Lalu, apa penyebab starter motor lemah ? Begini versi saya. Baca Juga : Komponen Motor Starter

Aki Motor Soak Atau Lemah

Bayangkan jika ponsel kamu kehabisan batrei, pasti ponsel tidak akan bisa dipakai untuk chatting, main game dan lain sebagainya. Sama halnya dengan starter motor atau sistem kelistrikan motor secara keseluruhan. Dibutuhkan sebuah komponen yang bernama aki. Part ini memang menjadi sumber dari kelistrikan pada motor. Bahkan juga menjadi sumber pengapian pada motor jika motor menggunakan pengapian DC.

Starter motor juga sangat bergantung pada tegangan dari aki, karena dinamo starter membutuhkan arus listrik agar bisa berputar dan bergerak. Jadi, jika aki motor kamu soak atau lemah maka akan menjadi penyebab starter motor lemah juga. Sebenarnya untuk mengetahui aki sudah soak atau masih bagus caranya sangat – sangat mudah. Tidak perlu alat khusus untuk mengecek kondisi dari aki.

Untuk mengecek kondisi aki, putar kunci kontak pada posisi ON lalu lihat dibagian dashbord motor. Jika lampu dashbord menyala dengan terang berarti aki masih berfungsi, nah jika motor kamu masih bebeb, kamu bisa lihat lampu netral warna hijau. Jika menyala dengan terang artinya aki kemungkinan masih bagus. Namun, untuk memastikan tekan klakson, jika klakson bunyi berarti aki kemungkinan masih bagus.

Tapi untuk benar – benar apakah kondisi aki masih bagus atau soak, lakukan cara ini. Ketika posisi kontak sudah On, tekan tombol starter motor. Saat kamu menenkan tombol starter motor perhatikan juga lampu yang ada diabgaian dashbord. Jika ketika kamu menenkan tombol dashbord berkedip dan saat kamu melepas tombol starter lampu dashbord meredup kemungkinan aki soak. Untuk lebih meyakinkan, tekan klakson, jika suara klakson tidak keras artinya aki benar – benar soak.

Dinamo Starter Rusak

Dinamo starter adalah merupakan komponen starter palimg penting terutama jika kita bicara tentang starter elektrik konvesional. Komponen ini akan meneruskan tegangan dari aki dengan putaran, dan tenaga putarannya akan diteruskan ke gir dinamo selanjutnya ke bagian mesin. Dari lanngkah inilah mesin motor akan menyala.

Dinamo starter yang akan bekerja jika tombol starter ditekan dan akan berhenti bekerja ketika tombol starter dilepas. Meskippun kerjanya hanya beberpa detik saja dalam sekali pakai, tetap saja dinamo starter la – kelamaan akan berkurang kemampuannya atau mengalami kerusakan pada bagian komponennya seperti kumparannya putus atau terbakar.

Jika hal ini terjadi, maka dinamo starter putarannya akan melemah dan menjadi penyebab motor starter lemah sehingga tidak mampu memutar mesin. Jika dinamo starter rusak atau lemah, langkahnya bisa dilakukan perbaikan atau pergantian. Sebelum memutuskan untuk mengganti dinamo starter sebaiknya bawa motor ke bengkel dan memastikan apakah dinamo starter bisa diperbaiki atau tidak.

Tombol Starter Bermasalah

Tombol starter termasuk di dalamnya saklar elektro magnetik yang berada di bagian dalam. Fungsi switch atau tombol starter adalah untuk memutus dan menyambung arus listrik dari aki. Dalam kondisi normal (tidak dipencet) tombol starter akan memutus aliran listrik dari aki ke dinamo starter. Dan ketika tombol di tekan maka arus listrik dari aki ke dinamo akan tersambung.

Seperti halnya semua saklar dan komponen pada motor, ada kemungkinan tombol tersebut bisa saja mengalami kerusakan komponen. Saya menempatkan tombol starter pada penyebab terkahir dikarenakan tombol starter bekerja tidak terlalu berat. Jika dibandingkan denngan aki dan juga dinamo starter. Namun tetapp saja bisa terjadi kerusakan, ha ini dikarenakan letak tombol yang ada di luar bisa saja kotoran dan air masuk dari celah tombol.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *