5 Penyebab Lampu Sein / Riting Sepeda Motor Tidak Menyala atau Mati Total

Masbengkel.com – Lampu sein / riting merupakan rangkaian sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor (mobil maupun motor). Fungsi dari lampu sein ini adalah untuk memberikan signal atau tanda untuk pengendara lainnya yang berdekatan dengan kamu jika akan berbelok ke arah tertentu. Selain itu lampu sein juga dapat berfungsi memberi tanda untuk peringatan agar berhati-hati.

Dengan fungsi yang sangat vital tersebut, membuat keberadaan lampu sein tidak boleh ditinggalkan. Ketika lampu sein mati, segera perbaiki permasalahan tersebut agar ketika kamu berkendara dengan nyaman.

Nah, jika sepeda motor kamu mengalami masalah lampu sein yang mati total (kedua lampu sein mati, depan maupun belakang) alias tidak menyala sama sekali, ketahui penyebab - penyebabnya dibawah ini :

Penyebab Lampu Sein / Riting Tidak Menyala

Lampu sein tidak menyala

Disini saya akan memberikan penjelasan tentang lampu sein yang mati total. Mulai dari lampu sein depan, belakang, maupun di speedometer.

1. Aki soak / tekor

lampu sein mati semua

Aki atau batrei merupakan sumber arus listrik pada motor. Jika aki soak, maka seluruh sistem kelistrika tidak akan berfungsi normal. Seandainya berfungsi, kinerjanya pun tidak bisa maksimal.

Salah satunya adalah lampu sein. Jika aki rusak, maka lampu sein tidak akan menyala. Lampu sein akan menyala ketika motor dalam keadaan hidup, itu pun nyala lampu sein tidak terlalu terang serta kedipannya tidak berirama.

Biasanya, jika aki rusak akan dibarengi dengan sistem kelistrikan yang mati total. Seperti lampu indikator netral atau lampu penerangan pada speedometer juga tidak ikut menyala.

2. Sekring putus

lampu riting mati semuanya

Jika lampu sein kamu tidak menyala saat tuas sein difungsikan, maka cobalah untuk mengecek pada bagian sekring yang berkaitan dengan lampu sein. Biasanya pada kotak sekring terdapat bacaan petunjuk yang bisa kamu ikuti dengan seksama. Sehingga kamu tidak salah saat akan mencabut sekring. Jika memang ada kondisi sekring yang terputus, maka segera ganti dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi motor kamu.

3. Flasher Rusak

lampu riting tidak menyala

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai saklar otomatis yang berada pada lampu sein yang membuat lampu sein dapat menyala dan berkedip. Cobalah untuk memeriksa pada bagian ini. Jika memang terlihat ada bekas terbakar, maka cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan mengganti flasher sein dengan yang baru.
Selain itu, kamu juga bisa memastikan kondisi flasher yang mati atau tidak dengan cara menyambungkan kedua ujung kabel. 

Caranya adalah sebagai berikut

  • Lepas flasher dari soketnya
  • Lalu sambungkan kedua kabel soket flasher tersebut menggunakan kabel pendek
  • Lalu nyalakan tombol sein (salah satu saja, bisa kanan maupun kiri)
  • Jika lampu sein menyala namun tidak berkedip maka flasher sudah tidak berfungsi
  • Ganti flasher dengan yang baru

4. Tombol / saklar tidak berfungsi

Hal ini biasanya terjadi jika lampu sein tidak menyala sebelah saja. Namun bisa saja tombol / saklar lampu sein rusak juga bisa menyebabkan lampu sein mati total karena inputnya meleleh akibat panas yang ditimbulkan dari arus lampu sein.
BACA BRO : Macam – Macam Lampu (Sistem Penerangan) Mobil Beserta Fungsinya + Gambar
Coba buka / lepas saklarnya, jika didalam meleleh ganti saklar lampu sein dengan yang baru agar lampu sein yang mati total busa hidup kembali.

5. Terdapat kabel yang putus

Penyebab lainnya mungkin saja disebabkan adanya kabel yang putus. Jika memang terkait masalah kelistrikan, maka akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel khsuus yang bisa menangani masalah pada sistem kelistrikan. Jika anda sampai salah saat memperbaiki sistem kelistrikan sendiri, maka nantinya malah dapat menyebabkan masalah baru lainnya muncul. Sehingga lebih aman jika di bawa ke bengkel terpercaya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab lampu sein tidak menyala dan cara mengatasinya. Tentu saja kondisi lampu sein yang mati harus segera diperbaiki sehingga tidak menganggu kenyamanan dalam berkendara, terutama di saat malam hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Lampu Sein / Riting Sepeda Motor Tidak Menyala atau Mati Total"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan Berita Terbaru Kami