Gak Perlu Dikerokin, Begini Cara Mengatasi Rem Cakram Blong Karena Masuk Angin

Masbengkel.com – Permasalahan rem cakram yang blong akibat masuk angin biasanya menjadi guyonan tersendiri didalam bengkel. Seperti ini percakapan saya dan pelanggan.

Pelanggan : Mas, rem saya gak fungsi kira - kira kenapa ya
Saya : Saya cek dulu ya pak..
Pelanggan : Monggo mas (Silahkan mas)
Saya : Sepertinya rem cakram bapak mengalami masuk angin
Pelanggan : Dikeroki aja mas, atau belikan T*lakangin
Saya : Bisa saja bapak

Itulah celetukan yang sering terjadi antara saya dan pelanggan jika rem cakram mengalami blong karena masuk angin.

Mungkin, beberapa dari kalian pernah mengalami hal serupa. Rem cakram yang tiba - tiba gak berfungsi alias ngeblong tapi minyak rem, kampas rem dan seal master masih dalam kondisi baik.

Pertanyaannya adalah...

Kenapa rem cakram bisa ngeblong, meskipun komponen - komponen tersebut dalam kondisi baik?

Jawabannya adalah rem cakram masuk angin.

Nah, untuk mengatasi masalah rem cakram yang masuk angin, ikuti langkah - langkah berikut.

Cara Mengatasi Rem Blong Karena Masuk Angin

rem cakram blong karena masuk angin

Sebenarnya, istilah masuk angin pada rem cakram dikarenakan didalam aliran minyak rem terdapat udara yang terjebak didalamnya sehinggan menghambat aliran dari minyak rem itu sendiri.

Jika dibiarkan, maka rem akan mengalami blong. Biasanya hal ini disebabkan karena pergantian minyak rem yang kurang tepat. Bisa juga sebelumnya sempat kehabisan minyak rem.

Untuk memperbaiki rem cakram yang ngeblong karena masuk angin siapkan alat dan bahan sebagai berikut

  • Kunci ring 8
  • Selang
  • Minyak rem
  • Wadah untuk tempat minyak rem

Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut

  • Tekan tuas rem dengan cara mengocoknya berulang-ulang hingga terasa ada tekanannya. Tahan posisi tuas tersebut dan jangan dilepaskan.
  • Kendurkan cengkeraman baut nipel dengan cara membukanya sebenar kemudian mengencangkannya lagi. Pada dikala baut nipel terbuka, maka oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.
  • Perhatikan bila fatwa oli rem tersebut pelan dan sedikit berarti masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan bila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.
  • Jadi kendurkan dan kencangkan baut nipel secara berulang-ulang hingga diperoleh hasil oli rem mengalir kuat. Namun ingat, selama proses ini dilakukan, Anda harus mengisi oli rem ke tabung raservoir master rem semoga volume oli di dalamnya tidak hingga habis. Apabila cadangan oli rem habis, maka udaranya sanggup masuk kembali.

Kerjakan langkah-langkah di atas dengan sangat hati-hati. Pastikan oli rem tidak mengenai kulit, cat, atau logam alasannya ialah sanggup menyebabkan gatal dan menyebabkan korosi. Disarankan untuk menampung oli rem buangan ke dalam wadah khusus yang aman.
Demikian yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara memperbaiki rem cakram yang blong karena masuk angin. Semoga artikel ini bisa membantu memperbaiki masalah pada rem cakram motor kamu.

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Berita Otomotif Terbaru

Belum ada Komentar untuk "Gak Perlu Dikerokin, Begini Cara Mengatasi Rem Cakram Blong Karena Masuk Angin"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel