Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Tidak Berfungsi Atau Blong

Masbengkel.com – Laju kendaraan akan melambat atau berhenti ketika pengendara menginjak pedal rem atau menarik tuas rem. Namun hal ini tidak akan bisa kamu lakukan jika rem cakram tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dan tentu hal ini akan sangat membahayakan saat kamu melaju di jalanan dengan kecepatan tinggi.

Seperti yang kita ketahui bersama, kebanyakan sepeda motor memakai dua sistem rem. Yakni rem tromol (belakang) dan rem cakram (depan). Artinya jika rem cakram tidak berfungsi atau rem cakram blong, maka rem depan tidak akan bisa dibuat untuk pengereman.

Pertanyaannya adalah.. Apa penyebab rem cakram blong atau tidak berfungsi? Dan bagaimana cara memperbaikinya? Tidak perlu panik dulu bro, begini cara mengetahui penyebab dan cara memperbaiki rem cakram yang tidak berfungsi alias blong.

Penyebab Rem Cakram Tidak Berfungsi atau Blong

Cara kerja rem cakram adalah ketika tuas rem di tarik maka sil master akan mendorong minyak rem lalu mendorong piston rem bergerak agar bisa menjepit bagian piringan cakram.

Dilihat dari cara kerja rem cakram tersebut, minyak rem merupakan komponen yang paling berpengaruh dalam hal sistem kerja rem cakram pada sepeda motor.

Sederhananya, jika minyak tidak mendorong piston maka rem cakram tidak berfungsi atau blong.

Jadi.. Apa penyebab rem cakram blong?

Ada dua kemungkinan rem cakram tidak berfungsi, yang pertama adalah karena seal master bocor dan kedua adalah karena terdapat udara yang masuk diantara kaliper dan sil master rem.

Pertama yaitu rusaknya seal master rem tersebut yang ditandai dengan merembesnya minyak rem dari bagian ini. Sedangkan faktor penyebab yang kedua adalah adanya udara yang masuk ke dalam jalur pengereman di antara kaliper dan master rem. Hal ini mengakibatkan sistem pengereman tidak mampu berjalan dengan semestinya.

BACA BRO : Prinsip dan Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor Disertai Gambar Ilustrasi

Ciri-ciri rem cakram yang kemasukan udara yaitu tuasnya terasa sangat ringan saat kamu coba menekannya. Tuas tersebut seperti tidak mempunyai tenaga sama sekali. Kamu bahkan bisa menekan tuas rem sampai penuh hanya menggunakan satu jari tangan. Berikut ini solusi yang dapat kamu kerjakan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Rem Cakram Tidak Berfungsi atau Blong

rem cakram tidak berfungsi

1. Jika rem cakram tidak berfungsi karena seal master bocor

Langkah - langkah berikut ini bisa kamu lakukan jika rem cakram blong karena seal master rem bocor.

Pertama - tama adalah persiapkan alat - alat dan bahan sebagai berikut :

  • Minyak rem
  • Seal master rem
  • Obeng plus
  • Kunci ring 10
  • Kunci ring 8
  • Tang jepit
  • Selang

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka handel rem menggunakan ring 10 dan buka juga penutup tempat minyak rem menggunakan obeng plus
  2. Buka baut pembuangan minyak rem / niple bleed menggunakan kunci ring 8. (cukup kendorkan saja, karena tujuannya untuk membuang minyak rem). Tekan - tekan juga handel rem sampai minyak rem habis.
  3. Buka pengunci / kancingan minyak rem menggunakan tang jepit. Jika sudah, tarik seal master keluar.
  4. Pasang seal master baru, tapi sebelumnya pastikan bagian dalam seal master bersih. Gunakan lap / kain bersih untuk membersihkannya.
  5. Jika seal master sudah terpasang, tutup kembali baut pembuangan minyak rem. Lalu, isi minyak rem.
  6. Pompa sedikt demi sedikit dengan cara menarik dan melepas tuas rem.
  7. Lalu buka kembali niple bleed, biarkan gelembung dan minyak rem keluar. Atau jika ingin cepat gunakan selang, lalu tancapkan di niple bleed, gunakan mulit untuk menyedot minyak rem dan gelembung agar keluar. Jika sudah keluar, tutup kembali niple bleed.
  8. Pompa terus bagian tuas rem sampai rem bisa keras.
  9. Jika sudah keras, pasang kembali seperti semula.

2. Jika cakram tidak berfungsi atau blong karena kemasukan udara

Langkah ini bisa kamu lakukan jika rem cakram blong akibat kemasukan udara (masuk angin).

Persiapkan alat dan bahan sebagai berikut :

  • Minyak rem
  • Kunci ring nomor 8
  • Kunci ring nomor 10
  • Obeng
  • Tang penjepit kunci ring
  • Botol bekas
  • Selang

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Cobalah mengendurkan baut lubang pembuangan minyak rem hingga keluar rembesan minyak remnya. Cukup dikendurkan saja dan tidak perlu sampai terlepas.
  2. Tekan tuas rem sedikit demi sedikit untuk mengeluarkan rembesan minyak rem. Lakukan terus sampai rembesan rem berhenti keluar, keluar sedikit, lalu berhenti saat kembali keluar deras. Kencangkan lagi baut pembuangan tersebut.
  3. Kamu bisa mencoba menggunakan rem cakram dan perhatikan apakah sudah bisa berfungsi atau tidak. Kalau rem cakram belum bekerja tandanya kamu harus menguras minyak remnya.
  4. Gunakan obeng plus untuk membuka penutup tempat penampungan minyak rem yang terletak di bagian master rem. Bukalah penutup tersebut beserta lapisan karetnya sehingga minyak rem bisa terlihat.
  5. Pasang ujung selang yang satu di kaliper dan ujung selang yang lainnya dimasukkan ke botol. Keluarkan semua minyak rem tersebut dengan menampungnya menggunakan botol bekas yang dihubungkan oleh selang.
  6. Hati-hati saat mengeluarkan minyak rem dari wadahnya. Sifatnya yang sangat keras membuat minyak ini dapat merusak warna cat motor sehingga harus segera dibersihkan. Minyak ini juga bisa menimbulkan iritasi apabila mengenai kulit kamu
  7. Setelah itu, isi kembali master rem memakai minyak rem yang baru. Masukkan minyak rem tersebut dengan meremasnya secara perlahan-lahan. Isilah bagian master dengan minyak rem secukupnya. Kemudian tutup kembali wadah penampungannya.

Hati - hati dalam melakukan pengerjaan diatas. Minyak rem sifatnya sangat keras. Jika minyak rem mengenai bodi motor, segera mungkin bersihkan menggunakan air. Karena jika tidak, maka cat bodi motor kamu akan rusak / belang - belang putih.

Demikian artikel kali ini, semoga rem cakram sepeda motor yang tidak berfungsi bisa berfungsi normal kembali. Semoga bermanfaat dan memberi sedikit wawasan.

8 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Tidak Berfungsi Atau Blong"

  1. Saya pernah mengalami rem cakram yang kurang fungsional setelah saya mengendarai motor di tengah hujan. Pada saat itu apa yang terjadi pada rem cakram tersebut saya abaikan, karena remnya masih berfungsi dengan baik. Namun ada yang menjadi keganjalan pada saat melakukan rem, yaitu seperti terdengar pergesekan antara cakram dengan sesuatu yang ada didalamnya .

    Prediksi saya sih itu adalah pasir yang masuk akibat hujan kemarin, seperti terjebit diantara cakram dan kampas rem. Jika memang benar itu adalah pasir yang terjebak, apakah ada solusi untuk mengeluarkan pasir tersebut tanpa membongkar kaliper rem?

    Sukses terus untuk masbengkel.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kelemahan rem cakram adalah letaknya yang ada di bagian luar. Debu dan pasir menjadi momok menakutkan bagi rem cakram. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan lubang2 yg ada di piringan cakram tidak buntu / tertutup kotoran. Karena fungsi dr lubang tersebut untuk membuang kotoran yang menempel pada piringan. Atau bisa juga menggunakan air dan sabun, siram sambil putar rodanya

      Hapus
  2. Ini penting buat pengendara motor seperti saya. Semoga enggak ada masalah dengan motor saya, seram juga kalau rem bermasalah ya. Tapi sharing ilmu tentang motor ini penting sekali. Makasih ya mas manfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi otomotif bukan hanya untuk yang hobi otomotif aja. Orang awam juga perlu. Terima ksih kembali.

      Hapus
  3. Saya mengalami nih kayak gini sampe jatuh,terima kasih yah informasinya.

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah saya tidak pernah mengalami, tetapi artikel ini sangat bagus untuk edukasi sebagai antisipasi agar tidak terjadi rem blong pada motor

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel