3 Hal Sepele yang Menjadi Penyebab Rem Cakram Motor Seret + Solusinya

Penyebab Rem Cakram Motor Seret – Sistem Rem merupakan salah satu komponen yang cukup vital dalam sebuah motor, terutama menyangkut keselamatam berkendara. Maka dari itu, memastikan sistem rem tetap bekerja dengan baik merupakan hal penting agar pengereman motor tetap terjaga dengan baik.

Sama halnya dengan komponen - komponen lain pada motor, komponen rem juga bisa mengalami kendala atau masalah jika tidak dirawat dengan baik. (Baca : Tips Merawat Rem Cakram Agar Selalu Dalam Kondisi Baik)

Salah satu kendala atau masalah yang sering terjadi pada sistem rem cakram adalah rem cakram yang seret dan rem cakram yang tidak berfungsi / blong. (Baca : Penyebab Rem Cakram Tidak Berfungsi (Blong) + Solusinya)

Kondisi rem cakram yang seret selain membahayakan saat berkendara juga akan merusak komponen piringan cakram. Karena rem cakram yang seret akan membuat piringan cakram panas.

Jika kondisi tersebut terjadi pada motor kamu, maka akan lebih baik untuk sesegera mungkin mengatasinya. Lalu, apa yang menjadi penyebab rem cakram seret? Serta, bagaimana cara memperbaiki rem cakram motor yang macet atau seret? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Utama Rem Cakram Motor yang Macet atau Seret

Penyebab rem cakram motor seret dan solusinya
Ilustrasi Rem Cakram

1. Seal master rem macet

Komponen ini berfungsi sebagai pendorong minyak rem agar piston bergerak mengikut tekanan dari minyak rem. Penyebab rem cakram seret biasanya disebabkan karena seal master rem yang ditekan oleh tuas rem tidak kembali ke tempat asalnya ketika tuas rem dilepaskan.

Hal ini biasanya ditimbulkan karena karet yang ada pada seal master rem sudah rusak / molor atau karena seal master rem kotor.

Jika karetnya rusak, maka solusinya adalah mengganti seal master rem dengan yang baru. Namun jika seal master rem kotor, kamu bisa membersihkannya.

Berikut langkah - langkahnya :

  • Buka tuas rem
  • Lepas kancingan seal master rem
  • Keluarkan seal master dari tempatnya
  • Bersihkan menggunakan air dan sabun
  • Buang minyak rem yang lama
  • Lalu pasang kembali seal master rem


2. Pin kaliper rem macet

Penyebab Rem Cakram motor macet
Beri pelumas pada pin kaliper agar rem cakram tidak macet / seret

Masalah selanjutnya yang menyebabkan rem cakram seret adalah pin caliper rem macet. Pin kaliper ini berfungsi sebagai poros agar kaliper bisa bergerak ke kanan dan ke kiri.

BACA BRO : Prinsip dan Cara Kerja Rem Cakram (Disc Brake) Pada Sepeda Motor + Kelebihannya

Pergerakan kaliper ini sangat mempengaruhi daya pengereman. Jika pergerakan kaliper baik, maka sistem rem cakram akan berfungsi maksimal. Namun jika pergerakan kaliper tersendat karena pin kaliper macet. Maka akan menyebabkan rem cakram seret.

Solusinya adalah dengan melumasi bagian pin kaliper menggunakan stempet atau oli.

Berikut langkah - langkahnya :

  • Lepas kaliper dari bodi motor
  • Lalu lepaskan juga kampas rem
  • Lepas juga pin kaliper dari kalipernya (Jika macet, pukul secara perlahan menggunakan palu atau kunci T dan pastikan lubang baut tidak kena pukulan)
  • Jika sudah terlepas, gosok bagian pin kaliper menggunakan amplas
  • Lumasi pin kaliper menggunakan oli atau stempet
  • Rangkai kembali semua komponennya


3. Piston kaliper macet

Piston rem berfungsi mengubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak yang akan menekan kampas rem.

Piston ini bekerja hanya bergerak maju mundur pada sebuah silinder. pada sisi piston akan dipenuhi dengan minyak rem dan volumenya akan bertambah saat tuas rem ditekan, hal itu memaksa piston bergerak kearah berlawanan. Disisi lainnya sudah ditahan oleh kampas rem sehingga gerakan piston akan menekan kampas rem.


Ketika tuas rem dilepas, maka piston akan bergerak sedikit mundur, sehingga kampas rem dan piringan cakram bisa bergerak bebas. Namun, yang terjadi jika piston rem macet adalah rem cakram motor akan seret karena kampas rem terus menekan piringan cakram.

Piston rem macet biasanya terjadi karena piston dalam keadaan kotor / berkarat dan seal piston molor sehingga menghambat pergerakan piston. Solusinya adalah bersihkan piston rem dan ganti seal piston rem.

Berikut langkah - langkahnya :
  • Lepas kaliper dari bodi motor
  • Lepas juga kampas rema dan pin piston
  • Keluarkan piston rem dari kaliper dengan cara menekan tuas rem beberapa kali ( Usahakan kedua piston keluar secara bersamaan)
  • Jika piston sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah melepaskan seal piston
  • Bersihkan bagian rumah piston dan piston menggunakan amplas, air dan sabun (gunakan amplas halus agar piston tidak beret)
  • Pasang seal piston dengan yang baru, lalu pasang kembali piston dan semua komponen lainnya
  • Pasang kaliper ke bodi motor
  • Lalu isi minyak rem dan pompa minyak rem dengan menekan tuas rem beberapa kali sampai rem terasa keras

Jika kamu sudah melakukan semua hal diatas  lakukan test drive untuk memastikan rem cakram motor yang seret bisa kembali normal. Seharusnya langkah - langkah diatas sudah bisa memperbaiki masalah yang ada pada rem cakram yang seret.

Demikian artikel kali ini yang membahas penyebab rem cakram motor macet dan solusinya. Semoga bermanfaat.

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Berita Otomotif Terbaru

Belum ada Komentar untuk "3 Hal Sepele yang Menjadi Penyebab Rem Cakram Motor Seret + Solusinya"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel