Solusi Ampuh Mengatasi Setir Mobil yang Terlalu Ringan

Mengatasi Setir Mobil Terlalu Ringan – Selain karena setir mobil terlalu berat, setir mobil / power steering terlalu ringan pun juga merupakan masalah yang harus segera diselesaikan pada sistem kemudi mobil. Faktor kenyamanan berkendara menjadi penyebabnya.

Jika setir mobil terlalu berat akan membuat lengan pengemudi capek, hal berbeda dirasakan pengemudi ketika mendapati setir mobilnya terlalu ringan yakni mobil akan susah dikendalikan saat melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini tentu akan sangat membahayakan bagi si pengendara maupun pengendara lain.

Setir mobil memang di desain sedemikian rupa agar nantinya sistem kemudi bisa dikendali pada situasi apapun. Mulai dari situasi macet, perjalan jauh ataupun saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Stir mobil yang terlalu ringan bisa sangat beresiko terjadi kecelakaan, penyebabnya adalah mobil menjadi susah dikendalikan atau kendali mobil akan sangat liar.

Terutama jika mobil tersebut melaju dengan kecepatan yang tinggi di jalan tol. Kemudi setir yang sangat ringan ini bahkan di senggol sedikit saja mobil akan langsung bermanuver, jika ditambah dengan turunnya hujan, maka mobil menjadi sangat tidak terkendali dan rawan kecelakaan.

Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan jika mobil mengalami masalah setir yang terlalu ringan.

Mengatasi Setir Mobil yang Terlalu Ringan

power steering terlalu ringan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan stir mobil terlalu ringan, diantaranya adalah disebabkan karena setelan steering rack atau girbox setir yang berubah.

Biasanya, yang menjadi pemicu setelan steering rack berubah adalah dikarenakan adanya pembongkaran pada bagian girbox atau steering rack saat dilakukannya perbaikan mobil.

Lakukan penyetelan ulang steerung rack atau stelan girbox-nya. Jika dirasa kamu mengalami gejala setir mobil yang terlalu seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Setelah melakukan penyetelan ulang, sebaiknya lakukan uji jalan sampai mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Semoga artikel singkat yang membahas penyebab dan cara memperbaiki setir mobil terlalu ringan ini bisa menjadi solusi untuk mobil kamu yang mengalami masalah kemudi yang terlalu ringan agar aktivitas kamu dijalanan menjadi lebih aman serta tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Baca juga artikel berikut : Penyebab Setir Mobil Berat + Cara Mudah Mengatasinya

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Berita Otomotif Terbaru

6 Komentar untuk "Solusi Ampuh Mengatasi Setir Mobil yang Terlalu Ringan"

  1. Terkadang jika ikut dengan ayah selalu bilang setir ini kok terlalu ringan sih, dan blabla keluhannya. Aku yang enggak paham dengan mesin tentunya diam aja dong wkwk Setelah diam ayah melakukan sesuatu yang entah saya tidak paham apa yang dilakukannya. Tapi setelah baca ini ada bagian yang juga dilakukan oleh ayah saya, jadi kesimpulannya memang bener nih yang kasih solusi admin kepada orang-orang 100% bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah pada setir mobil yang terlalu ringan memang lebih mudah diperbaiki ketimbanh setir mobil yang berat.

      Hapus
  2. Ternyata benar apa yang dibilang bapak mekanik tadi. Kalo setir mobil saya terlalu ringan penyebabnya adalah karena kesalahan bengkel sebelumnya. Saya sempat gak percaya sih, makanya saya cari2 di internet mengenai penyebab stir mobil yang terlalu ringan. Makasih buat Masbengkel.com yang telah memberikan jawaban atas rasa penasaran saya akhir2 ini. Sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum mas bengkel, wah bagus sekali materi mengenai setir mobil ringan, ini bisa jadi pengetahuan kecil mengenai keadaan mobil bagi para pemula dalam belajar menyetir nanti. Setir yang berat maupun yang ringan sama sama dapat menyebabkan kecelakaan yang merugikan pengemudi dan orang lain. Materi ini sangat bagus untuk dibawah lebih dalam mas agar edukasi kepada para pengguna mobil jadi lebih banyak. Terima kasih masbengkel.

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel