5 Penyebab Lampu Indikator Netral Tidak Menyala Pada Sepeda Motor + Solusinya

Penyebab Lampu Indikator Tidak Berfungsi – Pada motor matik, lampu indikator netral sudah tidak difungsikan lagi karena lampu netral merupakan tanda bahwa gigi perseneling dalam keadaan 0 alias netral. Jadi, jangan panik kalau lampu indikator netral tidak menyala jika motor kamu adalah motor matik. Karena matik tidak menggunakan gigi perseneling.

Pada motor selain matik, saat kunci kontak diputar ke posisi ON. Maka lampu indikator netral akan menyala, dengan catatan gigi perseneling dalam posisi 0 atau bebas.

Lampu indikator netral biasanya berdampingan dengan lampu indikator yang menunjukan angka 1 - 4. Meskipun pada beberapa motor, lampu indikator 1 - 4 tidak dipakai dan digantikan dengan lampu indikator TOP GEAR, yang menandakan jika gigi perseneling pada posisi gigi 4.

Fungsi lampu indikator netral yang menunjukan gigi perseneling pada posisi bebas sangat membantu pengendara. Terutama ketika kendaraan berhenti.

Nah, jika motor kamu lampu indikator netral tidak berfungsi tentu akan sangat mengganggu saat berkendara. Untuk mengetahui penyebabnya, baca artikel berikut ini.

Penyebab dan Solusi Lampu Indikator Netral Tidak Menyala

lampu indikator netral tidak menyala

1. Bohlam lampu indikator putus / gosong

Penyebab pertama lampu indikator netral tidak berfungsi biasanya dikarenakan lampu / bohlam putus dan gosong. Cek bagian bohlam, letaknya ada dibalik lampu indikator netral. Jika gosong atau putus, segera ganti yang baru.

2. Sekring / fuse putus

lampu indikator netral pada sepeda motor tidak menyala

Lampu indikator netral merupakan lampu yang mengandalkan arus listrik dari aki. Jika saat kunci kontak ON, lampu indikator netral tidak menyala biasanya dikarenakan sekring yang putus.

Kamu bisa cek dengan cara menstarter motor menggunakan kick starter, jika lampu indikator menyala ketika mesin menyala maka ada arus dari aki yang 'tidak sampai' pada lampu indikator.

Menyalanya lampu indikator saat mesin menyala karena mendapatkan aliran listrik dari spul / mesin. Solusinya adalah ganti sekring jika sekring putus.

3. Aki tekor

Seperti yang sudah jelaskan pada kasus kedua, jika lampu indikator netral arus listrik utamanya adalah dari aki. Jika aki tekor, maka bisa dipastikan lampu indikatoe tidak akan menyala. Solusinya adalah ganti aki dengan yang baru.

4. Switch netral rusak

switch netral

Komponen ini biasanya terletak dibagian atas gir depan. Switch netral bertugas membaca posisi botolan perseneling yang terdapat pada bagian crankcase dengan cara mengkonekkan bagian ujung switch stater ke botolan perseneling. Karena gesekan yang terjadu secara berkala, makan biasanya kuningan yang terdapat pada switch netral sudah habis. Inilah yang menyebabkan lampu indikator netral tidak berfungsi.

5. Ternyata motor kamu matik

Jika motor kamu matik, maka kamu jangan panik dan bingung mencari letak lampu indikator netral. Karena motor matik tidak memiliki gigi perseneling. Jangan panik ya... hehehehehe.

Biasanya hal ini dibarengu dengan lampu indikator lain seperti lampu indikator 1 - 4 atau lampu indikator TOP GEAR. Kamu bisa mengganti switch netral dengan yang baru.

Demikian merupakan penyebab lampu indikator netral tidak menyala. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit wawasan.

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Berita Otomotif Terbaru

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Lampu Indikator Netral Tidak Menyala Pada Sepeda Motor + Solusinya"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel