Mengenal Pengertian dan Fungsi Piggyback + Cara Kerjanya

Masbengkel.com – Pernah mendengar istilah piggyback? Saya yakin, kamu yang sedang membaca artikel ini mengenal komponen yang bernama piggyback ini, setidaknya kamu pernah mendengarnya. Jika tidak, kamu tidak akan membaca artikel kali ini yang menjelaskan apa itu piggyback serta fungsi dan cara kerja piggyback.

Bicara tentang piggyback tentu tidak akan jauh dengan motor injeksi. Karena piggyback merupakan alat yang membantu meningkatkan performa motor injeksi.

Bagaimana cara piggyback mendongkrak performa motor injeksi? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian dan cara kerja piggyback.

Apa itu Piggyback?

piggyback adalah

Teknologi injeksi merupakan teknologi terbaru yang disematkan pada motor saat ini. Teknologi injeksi yang menempel pada motor terbilang telat, mengingat teknologi injeksi sudah lama ada pada mobil.

Seperti pada teknologi - teknologi yang lain, teknologi injeksi juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kelebihan motor injeksi yang paling disukai oleh pemilik motor adalah lebih irit bahan bakar. Sedangkan kelemahan yang paling tidak disukai adalah kesulitan dalam melakukan custom engine (oprek mesin).

Kesulitannya terletak pada sistem komputer yang terdapat pada motor injeksi yang diatur oleh ECM (Engine Control Module) dan ECU (Engine Control Unit).

Bandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator, tinggal ganti spuyer, cdi, ati ganti karburator, urusan meningkatkan performa motoe pun terselesaikan dengan sangat mudah 

Atas keluhan tersebutlah, piggyback diciptakan agar lebih mudah dalam melakukan custom engine pada motor injeksi atau lebih tepatnya untuk mendongkrak performa motor injeksi agar lebih kencang.

Piggyback adalah sebuah perangkat elektronik yakni sebuah chip microkomputer yang dipasang pada kendaraan bermotor dengan sistem bahan bakar injeksi dengan dua fungsi utama, menambah tenaga kendaraan, atau mengatur efisiensi penggunaan bahan bakar agar jauh lebih irit.

Cara Kerja dan Fungsi Piggyback

Umumnya piggyback ada dua jenis yang sering digunakan, yakni memanipulasi data sensor yang akan diberikan ke ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module), sedangkan yang kedua adalah memanipulasi data dari ECU / ECM yang diberikan ke komponen actuator.

Data yang masuk ke dalam ECU sesuai dengan keinginan pemilik motor. Cara kerja piggyback adalah alat pertama yang akan mendeteksi sinyal yang dikeluarkan dari ECU.

Maka piggyback akan memanipulasi sinyal tersebut dan akan mentransfernya kembali ke mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengatur penggunaan bahan bakar atau untuk pengaturan menambah tenaga motor.

Untuk rekomendasi piggyback, kamu bisa menggunakan piggyback buatan Iquteche. Karena harga yang terjangkau serta memiliki kualitas yang jempolan. Cek disini Review Piggyback Iquteche. Serta baca juga cara meningkatkan performa motor injeksi.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai apa itu piggyback dan fungsi serta cara kerja piggyback. Semoga bermanfaat.

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Berita Otomotif Terbaru

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pengertian dan Fungsi Piggyback + Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel