[Awas Rusak] Berikut ini Cara Merawat Motor Matik Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak

Masbengkel.com – Perkembangan motor matik di Indonesia sangat amat pesat. Nyaris semua pengendara motor di Indonesia lebih memilih motor matik ketimbang motor bebek / motor sport. Banyak yang beralasan jika cara merawat motor matik jauh lebih mudah daripada tipe motor lain. Selain itu, motor matik yang lebih mengedepankan kenyamanan berkendara, membuat siapa saja ingin memiliki motor matik.

Apalagi dengan adanya teknologi injeksi, motor matik injeksi makin menguasai pasar otomotif di tahun 2018 ini. Sampai tulisan ini dirilis, motor matik menguasai pasar otomotif di Indonesia. Seperti yang pernah dirilis cnnindonesia.com mengenai data penjualan motor tahun 2018 dari bulan januari-juni, dari daftar 10 motor paling laris tersebut, hanya terdapat 2 motor bebek injeksi, sedangkan sisanya adalah motor matic injeksi. Motor sport??? Tidak ada dalam daftar!!!

Cara Merawat Motor Matik Injeksi

cara merawat motor matik injeksi

Motor matik injeksi memang terkenal dengan perawatannya yang mudah, namun Anda tidak boleh lengah begitu saja. Banyak hal yang belum pengendara ketahui tentang bagaimana cara merawat motor matic injeksi.

Apa saja hal yang harus diperhatikan untuk merawat motor matik injeksi agar awet??? Hal apa saja yang sering di hiraukan pengendara??? Berikut ini adalah tips dan cara merawat motor matic injeksi agar motor Anda awet dan tahan lama.

1. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Cara merawat motor matik injeksi yang pertama agar motor matik Anda awet adalah memperhatikan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi. Menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas adalah salah satu cara merawat motor injeksi yang paling sederhana.

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor matic Anda. Jangan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena dapat memicu kerusakan pada komponen mesin.

Pertamina sendiri menjual bensin Premium (88), Pertalite (90), Pertamax (92), dan Pertamax Turbo (98). Sebagai rekomendasi, gunakan saja bensin pertamax (92) atau bisa juga pertalite (90). Lebih baik hindari penggunaan bahan bakar / bensin premium yang hanya beroktan 88.

2. Perhatikan Volume Bahan Bakar di Dalam Tangki Bensin

Masih berkutat tentang bahan bakar. Tips dan Cara merawat motor matic injeksi selanjutnya adalah dengan selalu mengecek kondisi / volume bahan bakar motor Anda.

Motor injeksi menggunakan fuel pump sebagai alat untuk mengalirkan bahan bakar. Fuel pump sendiri letaknya ada didalam tangkin motor. Jika bensin dalam keadaan kurang / kosong, akan berdampak pada umur fuel pump. Karena keberadaan bensin pada tangki motor berguna sebagai pendingin untuk fuep pump itu sendiri.
Sebaiknya isi bensin Anda ketika jarum / penunjuk volume bensin di speedometer sudah menunjuk di tengah - tengah atau dua / tiga strip jika digital. Isi bensin sampai penuh, dengan begitu fuel pump Anda akan makin adem.

3. Panaskan Mesin Selama 3-5 Menit Saat Pagi Hari

Tips ini merupakan tips lama, yang masih berlaku untuk cara merawat motor matik injeksi. Proses memanaskan mesin di pagi hari ataupun disaat motor baru akan digunakan dianggap perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran di dalam mesin bisa sempurna sebelum digunakan.

Selain itu juga, pemanasan juga bertujuan agar oli mesin melumasi seluruh bagian dalam mesin motor, dan juga agar temperatur mesin motor menjadi tetap stabil. Sebaiknya, pemanasan mesin motor dilakukan antara 5-10 menit. Caranya bisa dengan melakukan kick starter berulang-ulang dengan kontak dalam keadaan off. Hal ini berguna untuk membagi oli di dalam mesin tadi. Setelah itu bisa dihidupkan dengan memutar kontak keposisi on sampai mesin hidup.

4. Tunggu Sampai Lampu MIL Mati Ketika Saat Akan Starter Motor Setelah Kunci Kontak ON

Mengingat salah satu faktor injector bisa nyemprot adalah karena adanya tekanan positif (+) yang diberikan oleh Fuel pump (pompa BBM) maka setidaknya kita harus menunggu agar fuel pump mendapatkan tekanan maksimalnya terlebih dahulu, dimana dalam kurun waktu kurang lebih 3 detik (yang diisyaratkan oleh lampu) setidaknya fuel pump sudah bisa menghasilkan tekanan yang dibutuhkan untuk mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna.

5. Ganti Oli Secara Rutin dan Gunakan Oli Khusus Motor Matik

Pergatian oli secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan untuk merawat motor matik (Bahkan untuk motor tipe lain). Gantilah oli setiap 2000 km atau bisa Anda terapkam pergantian oli tiap bulan (untuk memudahkan jika Anda lupa di kilometer berapa Anda terkahir ganti oli). Dan jangan lupa untuk mengganti oli gear tiap 5000 km.
Hal konyol yang sering kejadian di bengkel saya adalah, mengganti oli matik dengan tipe sport (1 liter) tapi di masukan ke mesin 800 ml dan sisanya di masukkan ke bagian oli gear. Sebaiknya jangan lakukan hal ini. Karena tipe dari oli sport, oli matik, dan oli gear sangatlah berbeda. Jika Anda menerapkan hal ini, maka akan berdampak buruk bagi motor Anda.

6. Servis Motor Secara Berkala

Inilah inti dari cara merawat motor matik injeksi. Serahkan pada ahlinya saja!!!
Banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika motor matik Anda di servis secara rutin. Mulai dari pembersihan bagian CVT, cek filter udara, cek kondisi busi, cek kondisi aki, cek kondisi ECU.

Diluaran sana santer terdengar kabar bahwa motor injeksi tidak perlu di servis. Ini hal yang keliru!!! Mungkin, memang motor injeksi tidak perlu dibersihkan bagian throttle body (komponen yang menggantikan peran karburator) seperti motor karburator.
Tapi, ada komponen – komponen lain yang juga memerlukan perawatan secara berkala seperti yang saya sebutkan diatas. Maka sangat penting bagi motor Anda untuk di servis secaa berkala jika Anda ingin mengikuti saran dari saya tentang cara merawat motor matic injeksi.

BACA JUGA : Biaya Servis Motor Yang Harus Kamu Siapkan Tiap Bulannya

KESIMPULAN

Motor injeksi tetaplah motor biasa yang juga memerlukan perawatan. Jika dibandingkan motor karburator, cara merawat motor matik injeksi mungkin lebih mudah. Namun, tetap dibutuhlan perawatan secara berkala.

Rumor yang berkembang tentang motor injeksi tidak perlu di servis merupakan rumor yang salah besar. Jadi, mulai sekarang servis motor matik injeksi Anda secara berkala, agar tujuan Anda mencari informadi tentang cara merawat motor matic injeksi tidak sia – sia.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan motor matik Anda tetap awet dan tahan lama serta tidak rewel ketika Anda pakai bepergian dan beraktivitas.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "[Awas Rusak] Berikut ini Cara Merawat Motor Matik Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel