Kopling Ditekan Tapi Motor Masih Jalan? Apa Penyebabnya?

Masbengkel.com – Kopling berfungsi sebagai pemutus dan penghubung antara mesin dan sistem tranmisi. Artinya, jika kopling di tekan atau ditarik maka mesin dan sistem tranmisi akan terpisah. Jika kopling dilepas, maka mesin dan sistem akan terhubung. Namun, bagaimana jika motor kamu mengalami hal 'aneh' yaitu ketika kopling ditekan motor masih jalan? Apa yang salah? dan kenapa bisa terjadi?

Selain motor yang tidak berhenti saat di kopling, permasalahan ini biasanya dibarengi dengan terjadinya hentakan saat motor dioper gigi atau perseneling.

Lalu, apa penyebab motor tetap jalan saat kolping ditekan?

Penyebab Kopling Motor Ditekan Motor Masih Jalan

Sebelum membahas ke inti permasalahan, mari kita bahas dulu bagaimana sistem kopling ini bekerja.

Secara sederhana, sistem kopling merupakan pemisah dan penghubung antara mesin dan sistem tranmisi. Nah, dari sistem kopling tersebut terdapat part (komponen) yang memiliki peran sebagai penghubung yakni kampas kopling. Ketika tuas atau pedal kopling ditekan / ditarik maka kampas kopling akan 'bebas', sehingga mesin dan sistem tranmisi terpisah. Dan saat tuas atau pedal kopling dilepas maka mesin dan sistem tranmisi akan terhubung.

BACA BRO : Tanda Kalau Kampas Kopling Motor Kamu Sudah Habis

Nah, dari penjelasan singkat tersebut, kamu bisa membayangkan bagaimana sistem dan cara kerja kopling secara sederhana. Dengan demikian, kamu akan mudah memahami setiap penjelasan yang akan saya bagikan berikut ini tentang permasalahan kopling yang sudah ditekan namun motor masih jalan. Apa saja penyebabnya??

Biasanya yang menyebabkan motor tetap jalan saat kopling ditekan adalah karena setelan kopling yang kurang pas atau jarak mainnya terlalu dekat.

Untuk motor sport atau motor kopling manual, cara memastikan setelan kopling sudah tepat atau belum adalah sebagai berikut ;
  • Biarkan mesin dalam keadaan mati
  • Oper gigi ke gigi 1
  • Coba tarik tuas kopling
  • Dan putar roda belakang
  • Jika tidak berputar atau putaran terasa berat, kemungkinan jarak tuas kopling terlalu dekat

Setel ulang jarak mainnya dengan memutar bagian mur penyetelan kopling. Dan ulangi langkah pengecekan seperti sebelumnya. Jika roda belakang berputar dengan 'nyaman' maka motor kamu sudah 'sembuh' dari 'penyakit' motor tetap jalan saat kopling sudah ditekan.

Motor tetap jalan saat kopling ditekan

Bagaimana dengan motor bebek atau motor yang menggunakn sistem kopling semi otomatis? Bukankah sama – sama memiliki setelan kopling?

Bisa juga, tapi hal ini jarang terjadi.. Karena setelan kopling pada motoe bebek jarang di otak - atik... Namun kamu juga bisa menerapkan cara yang sama. Masukan ke gigi 1, tekan pedal perseneling, dan putar roda belakang. Jika berat atau tidak mau berputar maka setelan kopling kurang pas. Coba setel ulang dengan memutar baut setelan kopling. Untuk yamaha biasanya di sebelah kiri, selain yamaha ada disebelah kanan.

Itu merupakan bagian luar dari penyebab motor masih jalan saat kopling ditekan. Untuk 'penyakit dalam' beberapa kemungkinan bisa terjadi, antara lain ;
  • Kampas koling terlalu tebal atau melengkung.
  • Plat kopling terlalu tebal atau melengkung.
  • Alur pada pusat kpling bergerigi.
  • Alur pada rumah kopling bergerigi.
  • Kampas kopling dan palt kopling selalu menyatu (lengket) karena kurang pelumasan.
  • Kopling tidak memiliki sifat one way (dapat memutar poros dalam satu arah), untuk kopling centrifugal)

KESIMPULAN

Lakukan dulu pengecekan pada bagian luar, jika memang bagian luar baik – baik saja ada kemungkinan komponen – komponen yang saya sebutkan diatas adalah penyebab motor tetap jalan saat kopling ditekan. Sebaiknya bawa kebengkel jika kamu tidak memiliki pengatahuan dan pengalaman yang cukup. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu.

Belum ada Komentar untuk "Kopling Ditekan Tapi Motor Masih Jalan? Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel