[Materi Karburator Lengkap] Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Karburator

Masbengkel.com – Bahan bakar / bensin dan udara sama dengan gerak — itulah ilmu dasar dibalik sebagian besar kendaraan bermotor — Baik itu roda empat maupun roda dua, bahkan jalur udara dan laut sekalipun.

Proses pemasukan bahan bakar / bensin kedalam ruang bakar / silinder mesin di proses oleh komponen yang bernama karburator.

Untuk mesin modern—seperti saat ini—sudah menggunakan sistem yang dikontrol secara elektronik yang disebut dengan injeksi (fuel injection) untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara sehingga bisa akurat dari saat Anda memutar kunci ke waktu Anda mematikan mesin lagi ketika Anda mencapai tujuan Anda.

Tetapi sampai teknologi injeksi ditemukan, hampir semua mesin mengandalkan pada alat pencampuran udara dan bahan bakar dengan menggunakan karburator.

Pertanyaannya adalah...

Apa yang disebut karburator??

Apa fungsi dari karburator untuk mesin??

Bagaimana cara kerja karburator sehingga mampu mengatur bensin dan udara dengan cermat di rpm berapa pun???

Mari kita ulas secara mendalam tentang apa itu karburator, fungsi karburator serta prinsip dan cara kerja karburator motor.

Fungsi, Prinsip dan Cara Kerja Karburator

Konstruksi karburator dibuat untuk membuat campuran udara dan bahan bakar pada perbandingan yang tepat. Sehingga kebutuhan bahan bakar dapat disuplai secara optimum sesuai dengan putaran mesin dan kondisi jalan. Campuran gas yang masuk ke ruang bakar dikompresi oleh piston ke atas sehingga mudah terbakar. Karena itu karburator harus dapat berfungsi sebagai pensuplai.

Tugas Karburator

Bensin + udara >> Campur >> Mengabut

Tugas dan fungsi mesin

Menguap >> pengapian / peledakan (energi panas) >> Tenaga (energi mekanis)

1. Fungsi dari Karburator

Berikut ini merupakan fungsi karburator pada kendaraan bermotor.
  1. Menyemprotkan bahan bakar – Bensin disemprotkan sehingga terjadi campuran yang sempurna antara udara dan bensin.
  2. Mengontrol perbandingan campuran – Campuran harus sempurna untuk dapat menghasilkan kerja mesin dalam berbagai kondisi.
  3. Mengontrol tenaga mesin – Campuran gas dialirkan ke ruang pembakaran diatur dengan tepat sebagai pengontrol tenaga mesin (rpm dan torque).

Ketiga fungsi diatas dilakukan oleh kerja karburator melalui pergerakan throttle valve / handel gas dan juga oleh hisapan mesin.

2. Prinsip / Cara Kerja Karburator

Karburator menggunakan prinsip semprotan, jika udara di hembuskan dalam suatu pipa hembusan dan kecepatan udara dipertinggi pada pipa pengeluaran, maka tekanan disekeliling pipa pengeluaran menjadi lebih rendah. Karena tekanan permukaan air lebih tinggi dari pipa pengeluaran, maka air akan tersedot keatas dan terjadilah penyemprotan.

Begitu juga untuk sistem / cara kerja karburator. Udara dialirkan kedalam mesin melalui karburator. Dan ketika udara yang mengalir melewati ruang yang lebih sempit (ventury), maka kecepatan udara mengalir akan lebih tinggi. Dengan bertambahnya kecepatan udara yang mengalir, maka tekanan akan lebih rendah, sehingga bensin akan tertarik keatas, terjadilah pengabutan gas dan masuk kedalam mesin.

Pembakaran dan Ledakan

Untuk membakar benda diperlukan oksigen / udara bahkan bensin pun tidak akan terbakar tanpa adanya udara, jadi harus dicampur dengan udara hingga pengabutan bensin dapat terbakar dan menimbulkan panas.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi pembakaran, yaitu ;
  • Temperatur
  • Udara
  • Bahan Bakar

Tanpa ada ketiga faktor tersebut, pembakaran tidak akan terjadi secara sempurna.

Bensin yang terbakar dengan cepat didalam silinder / ruang bakar disebut ledakan — jika bensin dibakar ditempat terbuka tidak akan terjadi ledakan.

Untuk menghasilkan ledakan, bensin harus dicampur dengan udara pada perbandingan tertentu sehingga mudah terbakar. Lagi pula, pengabutan bensin harus dipadatkan, sehingga pada waktu dinyalakan kecepatan pembakaran (perambatan nyala api) dan tekanan menjadi tinggi.

3. Perbandingan Campuran

Pencampuran udara dan bahan bakar disebut "perbandingan campuran" berdasarkan berat, misalnya perbandingan 15:1, dalam hal ini 15 gram udara dan 1 gram bensin.

Untuk mendapatkan pembakaran dengan cepat, bahan bakar harus dicampur dengan udara pada perbandingan yang tepat. Jika bensin atau udara terlalu banyak, bensin tidak akan terbakar dengan cepat.

Adapun tingkatan perbandingan campuran pada bensin disebut Cumbustible Range dan loncatan pembakaran disebut Cumbustible Limit.

Untuk tingkatan yang mudah terbakar, perbandingan udara dan bahan bakar harus diperkecil, tingkatan ini disebut tingkatan partikel yang mudah terbakar atau Pratical Combustible Range.

Perbandingan campuran secara teori

Jika bensin dibakar, bensin akan berubah menjadi Karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Untuk membakar bensin keseluuhan, perbandingan udara dan bensin harus 15:1 dimana 15 gram udara dan 1 gram bensin. Tapi dalam kerja mesin sebenarnya, perbandingan campuran berbeda tergantung kondisi dan cara kerja mesin.

Perbandingan campuran tenaga maksimum / Power mixture ratio

Dalam berbagai tes perbandingan campuran menyatakan bahwa tenaga maksimum mesin yang bisa didapat pada perbandingan 12:1 hingga 13:1 dengan mengabaikan kecepatan sepeda motor. Perbandingan tersebut disebut perbandingan campuran tenaga (Power Mixture Ratio).

Perbandingan campuran ekonomis / Economical mixture ratio

Dan untuk perbandingan yang paling irit / ekonomis kira – kira 16:1, ini adalah perbandingan yang paling ekonomis disebut perbandingan ekonomis (Economical Mixture Ratio). Karburator diseting menurut dasar  – dasar seperti dijelaskan diatas.

Perbandingan dalam kerja karburator

  • 2 - 3 : 1 – Starting mesin / mesin dingin (Choke dioperasikan)
  • 7 - 8 : 1 – Starting (mesin panas)
  • 8 - 10 : 1 – Idling operation / stansioner / langsam
  • 10 - 12 : 1 – Kecepatan rendah
  • 15 - 17 : 1 – Kecepatan menengah
  • 12 - 13 : 1 – Kecepatan tinggi / beban berat
  • 12 - 13 : 1 – Perbandingan campuran untuk menghasilkan tenaga maksimum
  • 15 : 1 – Perbandingan campuran bensin terbakar habis
  • 16 - 17 : 1 – Perbandingan campuran yang mana pemakaian bensin paling irit

Seperti yang dijelaskan diatas, perbandingan campuran dan kecepatan aliran secara otomatis di kontrol oleh throttle valve / handel gas, dengan tekanan negatif dalam sistem pemasukan, sehingga perbandingan campuran dapat diberikan secara optimum.

Kesimpulannya Tentang Cara Kerja Karburator Adalah


Singkatnya, inilah cara kerjanya karburator:
  1. Udara mengalir ke bagian atas karburator dari asupan udara motor, melewati filter udara dengan tujuan menyaring debu dan kotoran dari udara bebas.
  2. Ketika mesin pertama kali distater, choke (biru) dapat diatur sehingga hampir memblokir bagian atas pipa untuk mengurangi jumlah udara yang masuk (meningkatkan kandungan bahan bakar dari campuran memasuki silinder).
  3. Di bagian tengah tabung, udara dipaksa melalui celah sempit yang disebut venturi. Ini membuatnya semakin cepat dan menyebabkan tekanannya menurun.
  4. Penurunan tekanan udara menciptakan hisap pada pipa bahan bakar (kanan), menggambar dalam bahan bakar (oranye).
  5. Throttle (hijau) adalah katup yang memutar untuk membuka atau menutup pipa. Ketika throttle terbuka, lebih banyak udara dan bahan bakar mengalir ke silinder sehingga mesin menghasilkan lebih banyak tenaga dan mobil berjalan lebih cepat.
  6. Campuran udara dan bahan bakar mengalir ke dalam silinder.
  7. Bahan bakar (oranye) dipasok dari tangki bahan bakar mini yang disebut ruang umpan-mengambang.
  8. Ketika level bahan bakar jatuh, pelampung di ruang jatuh dan membuka katup di bagian atas.
  9. Ketika katup terbuka, lebih banyak bahan bakar mengalir untuk mengisi ruang dari tangki gas utama. Ini membuat float naik dan menutup katup lagi.

AKHIR KATA

Mesin bensin dirancang untuk mengambil dalam jumlah yang tepat dari udara sehingga bahan bakar membakar dengan benar, apakah mesin mulai dari dingin atau berlari panas dengan kecepatan tinggi. Mendapatkan campuran bahan bakar udara yang tepat adalah yang disebut sebagai cara kerja karburator.

Demikian artikel kali ini yang membahas materi karburator mulai dari fungsi karburator, prinsip / cara kerja karburator dan perbandingan campuran pada karburator. Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "[Materi Karburator Lengkap] Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Karburator"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel