Begini Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU

Masbengkel.com – Sebelumnya Suzuki Satria fu merupakan motor ayago yang paling banyak diminati. Tak sedikit anak muda yang bangga menunggangi motor Satria fu ini. Karena faktor tampilan yang sporty serta memiliki akselerasi dan top speed yang baik (menurut beberapa kalangan).

Namun, tetap saja ada bagian – bagian dari Suzuki Satria fu yang mendapatkan perombakan. Salah satunya adalah merubah ukuran dari shim klep atau melepas dekompresi. Tujuannya untuk lebih mendongkrak performa motor. Namun, ada beberapa kendala yang dialami ketika ingin mengubah ukuran shim, yakni memasang kembali noken as dan menentukan posisi top noken as Satria fu.

Seperti yang kita ketahui, Suzuki satria FU menggunakan 4 klep dan 2 noken. Tentu dalam hal menentukan top noken satria fu berbeda dengan motor yang menggunakan 1 noken as. Karena dibutuhkan keselarasan antara noken as yang satu dengan yang lain.

Bagi kamu yang kebingungan memasang kembali noken as satria fu karena tidak tau posisi top noken as Satria fu, gak perlu khawatir, melalui arikel ini saya akan memberikan tips mudah cara memasang dan menentukan posisi top noken as Satria fu.

top noken as satria fu

Untuk kali ini saya ansumsikan bahwa kamu tau cara membongkar dan memasang noken as Satria FU, namun kebingungan untuk menwntukan top kem satria fu, maka dari itu, saya hanya akan memberikan contoh dan cara menentukan posisi top noken as Satria fu saja. Tanpa tutorial memasangnya kembali secara utuh.

Posisi Top Noken As Satria FU

Perhatikan gambar dibawah ini.

posisi top noken satria fu

Pastikan garis yang ada di noken as sejajar dengan kepala silinder. Karena terdapat noken as in dan noken as ex, pastikan dahulu letak in dan ex agar tidak tertukar.

Untuk mengetahui yang mana noken as in dan noken as ex.. Cukup dengan melihat bagian ini, Lihat gambar bawah..

kem as top satria fu

Seperti yang ada pada gambar diatas. Noken as ex pada motor Satria fu bisa diketahui dari letak dekompresi. Hal ini untuk memudahkan saja. Namun jika dekompresi sudah dilepas, kamu juga bisa dengan melihat noken as masuk (in) terdapat tanda "IN" pada bagian as tepatnya dibelakang gigi noken as, sementara untuk noken as buang terdapat tanda "EX" yang juga terdapat pada tempat yang sama.

Nah, untuk menentukan top noken as satria fu dengan cara mensejajarkan garis pada noken as dan kepala silinder, untuk lebih memastikan bahwa top noken as satria fu sudah dalam posisi yang pas adalah dengan cara menghitung jarak mata rantai kampratnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

posisi kem top satria fu

Catatan: Jarak antara penunjuk 2 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata.

Sebelum mempraktekan cara pasang noken as satria fu diatas, pastikan posisi seker dalam keadaan top kompresi.

KESIMPULAN

Sebaiknya, pelajari dulu artikel diatas dan pastikan bahwa kamu sudah paham apa yang saya terangkan tentang cara memasang dan menentukan top noken satria fu diatas.

Karena ketika posisi top noken satria fu yang kurang tepat akan membuat tenaga motor akan ngempos. Dan lebih parahnya lagi, klep akan saling berbenturan satu sama lain dan mengakibatkan klep menjadi bengkok. Demikian artikel singkat cara tepat menentukan posisi top noken satria fu dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

1 Komentar untuk "Begini Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU"

  1. Gila setelah baca artikel ini motor saya menjadi motor yang bukan kaleng kaleng :v

    BalasHapus

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel