Spesifikasi Suzuki Shogun FD110 (Kebo), Motor yang Dianggap Paling Tahan Banting

spesifikasi shogun kebo

Masbengkel.com – Lupakan dulu hiruk pikuk tentang motor baru yang akan segera rilis dengan mengusung teknologi dan tampilan yang fresh..

Mari kita membicarakan salah satu motor paling legendaris dari Suzuki, yang dianggap sebagai motor paling tahan banting yang pernah hadir di Indonesia. Apalagi kalau bukan Suzuki Shogun FD 110 atau lebih dikenal sebagai Shogun kebo.

Sejarah julukan shogun kebo
Julukan kebo diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti kerbau
Kebo merupakan bahasa jawa yang memiliki arti kerbau. Julukan kebo sebenarnya bukan karena motor ini tahan banting, tapi karena terdapat Shogun lain yang bodinya lebih kurus. Maka, untuk memudahkan, Shogun lama yang bodinya memang lebih gemuk dijuluki sebagai Shogun kebo.

Namun, dibeberapa daerah, Suzuki Shogun Kebo juga dijuluki sebagai Shogun Robot. Hal ini bukan tanpa alasan, karena lampu depan motor ini yang kotak mirip sekali dengan robot alpha di film power rangers.

Suzuki Shogun Robot
Karakter Alpha di Film Power Rangers
Jika kamu kelahiran 90.an kebawah tentu mengenal karakter alpha di film power rangers yang tayang setiap hari minggu. Karakter alfa sendiri memiliki bentuk "mata" yang kotak mirip dengan lampu depan Shogun Kebo. Entah kebetulan atau memang di sengaja, saya juga tidak tahu.

bodi shogun kebo mirip suzuki tornado
Suzuki Tornado
Bodi motor Suzuki Kebo ini juga sangat mirip dengan Suzuki Tornado. Bahkan nyaris tidak ada perbedaan. Meskipun secara kasat mata tidak memiliki perbedaan, namun bodi motor tornado dan shogun itu berbeda ya..

CDI shogun kebo original bawaan motor
Cdi Shogun Kebo Original
Nah, ada salah satu komponen yang paling banyak dicari dari Suzuki Shogun Kebo. Komponen tersebut adalah CDI. Karakter CDI Shogun yang tidak memiliki limiter, membuatnya laris manis dikalangan pecinta otomotif.

Berikut ini merupakan spesifikasi Suzuki Shogun Kebo yang pernah dikutip dari situs mobilmotorlama.com.

Spesifikasi Suzuki Shogun FD110


Jenis : Cub
Tipe : FD110
Mesin : 4 Tak OHC 2 Valve 109cc
Bore x Stroke : 53.5 x 48.8 mm
Transmisi : Manual 4 Speed, Kopling Semi Otomatis
Wheelbase : 1.225 mm
Panjang : 1.930 mm
Lebar : 710 mm
Tinggi : 1.200 mm

Saya sendiri pernah memiliki motor ini saat masih duduk di bangku SMP dulu. Saya akui motor ini memang kurang manis jika dilihat dari luar, namun ketika membicarakan performa dan ketahanan. Saya rasa, julukan "Kebo Lincah" pantas di sematkan pada motor ini.

Demikian artikel singkat mengenai Spesfikasi Suzuki Shogun Kebo. Semoga bermanfaat ya Brooo..!!!

[Baca Lainnya Bro]

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi Suzuki Shogun FD110 (Kebo), Motor yang Dianggap Paling Tahan Banting"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel