Macam – Macam Lampu (Sistem Penerangan) Mobil Beserta Fungsinya + Gambar

Masbengkel.com – Tak jarang, beberapa orang tua lebih memilih mengajari sendiri anaknya mengemudi daripada harus diikutkan untuk kursus mengemudi. Faktor ini biasanya disebabkan karena orang tua tidak percaya kepada orang lain.

Orang tua tentu akan lebih tahu bagaimana menangani anaknya dan kelemahan yang di miliki anaknya ketimbang harus menyuruh orang lain untuk mengajarkan anaknya mengemudi yang belum tentu paham karakter si anak.

Dan Anda akan lebih tahu, betapa pentingnya bagi dia untuk mempersiapkan diri sebelum benar – benar mengemudi sendirian. Karena menurut pengakuan beberapa orang, hal – hal sederhana tidak diajarkan ketika memutuskan untuk ikut kursus mengemudi.

Salah satunya adalah tentang fungsi dan tujuan dari masing - masing sistem penerangan mobil.

Penting bagi Anda untuk mengajarkan kepada anak tentang  fungsi dari sistem penerangan luar dan dalam pada mobil. Karena tidak semua orang paham tentang fungsi dari setiap sistem penerangan tersebut.

Bukan untuk bagaimana cara menyalakan lampu / penerangan mobil tapi yang utama adalah bagaimana menggunakan semua sistem penerangan pada mobil dengan tepat pada waktu yang tepat. Dengan begitu, anak Anda paham fungsi dan tujuan dari sistem penerangan mobil.

Bahkan beberapa orang tidak menyadari fungsi dari tiap lampu yang ada pada mobil. Sehingga Anda harus memastikan bahwa anak Anda bukanlah salah satu dari orang – orang tersebut.

Jenis - Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

makalah sistem penerangan pada mobil

Berbagai lampu mobil memiliki fungsi khusus untuk membantu pengemudi atau memberi sinyal kepada pengemudi lain. Ketika digunakan secara tidak benar, atau tidak sama sekali, kecelakaan bisa terjadi. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk dapat mengenali lampu yang berbeda dan tahu kapan menggunakannya.

Macam – macam sistem penerangan mobil ;

1. Lampu Depan / Headlamp

fungsi fungsi lampu mobil

Terdapat dua jenis lampu depan — Lampu dekat dan lampu jauh. Lampu-lampu ini memungkinkan pengemudi untuk melihat jalan dalam gelap, sementara juga memberi tanda kepada pengendara lain bahwa ada mobil.

Lampu dekat menyediakan distribusi cahaya untuk memberikan penerangan maju dan lateral yang memadai tanpa menyilaukan pengguna jalan lain dengan silau yang berlebihan.

Sedangkan lampu jauh memberikan distribusi cahaya yang intens dan berbobot pusat tanpa kendali khusus terhadap silau dan hanya boleh digunakan ketika tidak ada mobil yang terlihat di depan Anda.

2. Lampu belakang / Tail Light

rangkaian sistem penerangan pada mobil

Lampu belakang atau biasa disebut juga lampu ekor, diperlukan untuk menghasilkan hanya lampu merah di bagian belakang kendaraan dan dipasangkan sedemikian rupa sehingga mereka menyala setiap kali lampu depan menyala.

Ini membantu pengemudi yang beradabdi belakang Anda untuk mengenali bahwa Anda ada di sana dan seberapa jauh Anda berada di depan.

3. Lampu siang hari / Daytime running lights (DRL)

2 fungsi sistem penerangan pada mobil

Daytime Running Light merupakan lampu yang digunakan untuk menandai sebuah mobil agar terlihat lebih jelas oleh pengguna jalan lain.

Sesuai namanya, lampu ini dihidupkan disiang hari. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sepeda motor wajib menyalakan lampu utama disiang hari. Namun di luar negeri sudah mewajibkan mobil untuk menyalakan lampu disiang hari.

Tujuannya, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Tapi apabila kita nyalakan lampu utama, maka akan ada pemborosan energi. Karena lampu siang hari tak perlu terang asal terlihat bersinar.

Sehingga, dibuat satu lampu kusus berdaya rendah yang dinyalakan disiang hari.

4. Lampu kabut / Fog light

sistem penerangan luar

Terletak di dekat lampu depan, lampu-lampu ini dan umumnya dipasang rendah untuk mencegah cahaya dari pembiasan pada kabut dan melotot kembali ke arah Anda (pengemudi).

Ini seharusnya hanya digunakan selama kabut ketika lampu depan yang normal tidak efektif.

5. Lampu sinyal / Signal light

cara kerja sistem penerangan pada mobil

Lampu sinyal atau lampu sein berfungsi sebagai penanda bahwa mobil akan belok ke arah tertentu. Tujuan lampu sein adalah untuk menghindari missed communication antar pengemudi di persimpangan jalan. Sehingga tidak terjadi tabrakan.

Mengapa lampu sein berkedip ?

Kedipan pada lampu sein sebenarnya dutujukan untuk menangkap fokus siapapun yang melihatnya. Karena secara psikologis kita akan lebih tertarik pada sesuatu yang dinamis.

Sehingga, meski lampu sein ukurannya kecil pengguna jalan bisa langsung menangkap sinyal bahwa ada kendaraan yang akan belok.

6. Lampu rem / Brake light

Terletak di sisi lampu belakang Anda, lampu ini memberi sinyal kepada pengemudi bahwa Anda melambat atau berhenti. Karena lampu hanya diaktifkan ketika Anda menggunakan rem. Jadi, Anda tidak khawatir salah dalam menggunakan lampu ini.

Namun, Anda harus memastikan lampu dipelihara dengan baik dan tidak terbakar.

7. Lampu bahaya / Hazard light

Lampu hazard atau lampu tanda bahaya adalah lampu yang menunjukan sebuah mobil sedang berada pada kondisi darurat. Sehingga, menginformasikan ke pengguna jalan lain untuk berhati-hati dan memberi priorotas ke mobil tersebut,

Lampu ini pada dasarnya satu rangkaian dengan lampu sein hanya saja ada kontrol lampu dibuat terpisah, sehingga untuk menyalakan ini kita perlu menekan saklar berbentuk segitiga merah.

8. Lampu mengemudi / Driving lamp

mengenal fungsi lampu mobil

Ini terletak di dalam kabin kendaraan Anda dan digunakan untuk mencerahkan taksi bagi penumpang atau pengemudi untuk secara aman memeriksa peta atau arah, atau menemukan item dalam gelap.

Lampu ini seharusnya tidak pernah digunakan untuk waktu yang lama.

Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas Melalui Pencerahan

kenali fungsi dan tujuan penerangan mobil

Bagikan halaman ini di Facebook, Twitter atau Google Plus, untuk membantu menyebarkan berita tentang keamanan ringan mobil. Teman dan orang yang Anda cintai mungkin juga membutuhkan informasi ini. Bantu mereka menemukannya dengan mengklik ikon media sosial di bawah.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai macam - macam sistem pada mobil dan fungsi dari setiap sistem penerangan.

Anda harus benar – benar memahami fungai dari setiap lampu yang ada pada mobil, karena jika tidak. Maka akan membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Macam – Macam Lampu (Sistem Penerangan) Mobil Beserta Fungsinya + Gambar"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel