Penyebab dan Solusi Motor Brebet (Tersendat) Saat Putaran Atas

Masbengkel.com – Masalah yang di timbulkan motor memang sangat beragam. Salah satunya adalah motor brebet saat putaran atas / saat RPM tinggi. Bisa di bilang, "penyakit" ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada motor.

Cara mengatasinya pun tidaklah terlalu sulit namun butuh proses dan pemeriksaan secara bertahap untuk mengetahui penyebab motor "enggan lari" saat putaran tinggi.

Ciri – ciri dari "penyakit" ini biasanya, motor akan tetal stabil saat stansioner dan masih bagus untuk "digeber" di putaran bawah.

Namun saat gas sudah melebihi setengah putaran, gejalanya mulai terasa. Motor akan tersendat – sendat (brebet) saat posisi rpm tinggi.

Masalah ini biasanya tidak pernah jauh dari tiga zat yang sangat berpengaruh pada kinerja mesin yakni api, udara dan cair (bahan bakar).

Karena secara umum, segala kendala yang di alami mesin selalu berkaitan dengan udara, bensin dan api. Karena ketiga zat tersebut berperan penting dalam proses kerja mesin.

Jika salah satu di antara ketiganya (udara, bahan bakar, api) mengalami masalah, maka motor tidak akan bisa normal. Entah itu di saat stansioner yang tidak bisa langsam, rpm rendah bermasalah, atau brebet saat rpm atas.

Apa penyebab utamanya???

Bagaimana cara mengatasinya???

Melalui artikel ini, saya ingin mengupas habis penyebab motor brebet di putaran atas dan cara mengatasinya.

Penyebab Motor Brebet di RPM Tinggi

Pada proses kerja sistem motor (entah itu motor 2 Tak maupun 4 Tak). Bahan bakar, udara dan api merupakan komponen yang saling berkaitan satu sama lain.

Untuk itu, wajib hukumnya ketika mesin bermasalah, untuk memfokuskan permasalahan pada ketiga bagian tersebut.

Silahkan baca artikel berikut mengenai sistem dan cara kerja mesin 4 tak maupun 2 tak, jika Anda masih belum tahu cara kerja dari mesin.
BACA:
Cara Kerja mesin 4 Tak
Cara Kerja Mesin 2 Tak
Dilihat dari cara kerja mesin tersebut. Sistem – sistemnya selalu berkaitan dengan api, udara dan bahan bakar. Maka dari itu, penting untuk kita mengecek bagian ini ketika motor brebet saat putaran tinggi.

Berikut ini adalah penyebab utamanya dan cara mengatasinya.

1. Penyebab pertama motor brebet saat putaran atas biasanya terjadi karena busi tidak bekerja secara maksimal.

Motor brebet saat rpm atas

Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian motor. Untuk itu, penting bagi Anda untuk cek bagian ini terlebih dahulu sebelum mengecek bagian lainnya.

Alasannya, selain busi merupakan komponen penting pengapian. Busi yang letaknya berada di luar mesin, Tentu akan lebih mudah untuk di cek terlebih dahulu sebelum cek bagian lain.

Lepas busi dari kepala silinder (rumah busi) menggunakan kunci busi. Untuk melepas busi, pastikan arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Yang perlu Anda perhatikan ketika mengecek busi adalah ;
  1. Kerenggangan busi – pastikan jarak kerenggangan busi sesuai standar. Untuk standar kerenggangan busi adalah 0,6 - 08 mm. Gunakan puller gauge untuk mengatahui jarak busi. 
  2. Bersihkan busi jika berkerak – Setelah mengukur jarak kerenggangan busi, langkah selanjutnya adalah membersihkan busi dari kerak. Dengan cara menggunakan sikat kawat. Pastikan busi terbebas dari kerak. 
  3. Cek percikan api – Langkah selanjutnya adalah cek percikan api. Pasang busi pada cop busi, lalu tempelkan ulir busi ke kepala silinder (Massa batrei) dan starter motor. Lihat apakah percikan api masih bagus. Pastikan juga percikan api dari busi masih fokus bukan berpencar. Jika dirasa percikan api yang di keluarkan busi kecil atau berpencar, ganti busi dengan yang baru. Karena masalah internal busi akan sulit untuk di perbaiki.
*Pastikan tipe busi yang Anda beli sesuai dengan motor yang Anda pakai.

Untuk menghindari hal ini lagi, baca artikel Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Busi. Karena busi memiliki jarak tempuh pemakaian. Walaupun busi tidak mati, lebih baik ganti busi setelah menempuh jarak yang sudah di tentukan.

Karena biasanya, busi akan mengalami penurunan performa. Dan ketika busi sudah tidak maksimal lagi, hal ini akan berimbas pada motor Anda dalam jangka panjangm. Misalkan, menimbulkan kerak pada ruang bakar. Karena busi yang sudah tidak maksimal, akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Maka penting bagi Anda untuk mengganti busi sesuai yang telah di anjurkan.
BACA BRO : Macam – Macam Tipe Busi Sepeda Motor

2. Jika busi masih dalam kondisi baik, cek filter udara.

penyebab motor brebet di putaran atas

Seperti yang sudah katakan di awal pembicaraan, penyebab utama motor brebet saat rpm tinggi di akibatkan oleh salah satu dari api, udara, dan bahan bakar.

Nah, untuk permasalahan yang kedua ini, terdapat pada udara yang "dihirup" karburator kurang maksimal.

Hal ini diakibatkan filter udara yang sudah "kaya" akan debu atau kotoran sehingga menyumbat aliran udara yang akan masuk ke karburator.

Dengan tersumbatnya aliran udara menuju karburator karena terhalang oleh debu / kotoran yang menempel pada filter udara, akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar tidak terjadi secara seimbang, mengakibatkan mesin lebih kaya akan bahan bakar / bensin.

Hal inilah yang menyebabkan motor brebet saat digeber di putaran atas. Karena suplai udara tidak lancar.

Solusinya adalah bersihkan filter udara. Jika dirasa perlu, Anda bisa ganti filter udara dengan yang baru.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya lakukan pembersihan filter udara secara teratur tiap 5 km.

3. Busi oke, filter udara sudah bersih tapi motor masih brebet di rpm atas. Saatnya membongkar karburator.

Untuk permasalahan ketiga ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika membuka karburator dan mengatasi masalah brebet saat putaran tinggi pada motor.
  • Cek keberadaan air di dalam karburator
  • Main Jet Mampet / Buntu
  • Perhatikan karet vakum (Khusus untuk karburator vakum)

Lepas karburator dari motor.. Lalu lakukan pembongkaran. Jika karburator sudah terbongkar berikut ini yang harus Anda lihat dan lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
BACA BRO : Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir dengan Mudah

3a. Cek keberadaan air di mangkuk karburator

Sesaat setelah membuka mangkuk karburator, buang bensin yang ada di mangkuk ke lantai untuk melihat keberadaan air didalam karburator.

penyebab motor brebet saat di gas

Air yang sifatnya tidak bisa menyatu denan bensin, akan terlihat bintik – bintik air dilantai. Bersihkan air di dalam karburator menggunakan bensin, karena inilah penyebab motor brebet ketika putaran tinggi.

Setitik air yang masuk kedalam karburator akan menghambat aliran bensin yang akan masuk ke ruang bakar.

Yang mengakibatkan motor enggan lari di rpm tinggi adalah keberadaan setitik air tersebut. Karena jika air yang masuk kedalam karburator dengan volume banyak, maka sudah dipastikan motor Anda tidak bisa hidup.

Pastikan air di dalam karburator sudah tidak ada, dan lepas main jet dan pilot untuk memastikan setitik air tidak nyangkut ke spuyer.

Sebelum memasang kembali karburator, pastika tanki bensin terbebas dari air.

3b. Main jet mampet / buntu

Bahan bakar motor umumnya berjenis bensin. Idealnya, rasio antara molekul bensin dan udara yaitu 14 - 15 : 1.

Saat motor digas, jumlah udara yang masuk ke mesin akan meningkat. Begitu pula dengan suplai bensin. Namun, digas pada RPM berapapun perbandingan bensin dan udara harus tetap sama.

Apabila terjadi perbedaan, misal terlalu kaya ( >15 : 1) atau terlalu miskin ( <14 : 1) maka mesin akan brebet bahkan mati.

Lantas mengapa perbandingan bensin pada karburator bisa berubah saat motor digas ?

Ada banyak penyebab, salah satunya saat main jet tersumbat oleh kotoran. Fungsi main jet adalah sebagai ujung saluran bensin pada karbu yang dijadikan tempat keluarnya bensin dalam saluran intake. Jika saluran ini tersumbat otomatis suplai bensin akan terhambat.

Penyebab yang lainnya, bisa kita temui pada setelan angin karburator yang terlalu kecil. Kalau setelannya kecil, maka aliran udara dan bensin yang masuk keruang bakar ketika idle juga menjadi kecil akibatnya mesin brebet bahkan mati.

Untuk kasus ini hanya terjadi ketika motor brebet pada RPM rendah.

Solusi untuk masalah ini mudah, anda hanya perlu membersihkan kondisi karburator menggunakan bensin. Jika anda memiliki cukup pengetahuan anda juga bisa sekalian membongkarnya.

Tapi untuk langkah praktisnya sumbat saluran udara sebelum karbu menggunakan telapak tangan, kemudian sela mesin motor beberapa kali. Hisapan piston akan meluruhkan semua kotoran yang menyumbat main jet.

3c. Cek kondisi vakum karburator

penyebab motor tersendat pada putaran tinggi

Untuk langkah ini, khusus bagi Anda yang memiliki motor yang menggunakan karburator vakum.

Cek bagian karet vakum, apakah sudah longgar atau robek. Jika memang sudah longgar atau robek, sudah bisa dipastikan penyebab motor brebet saat kecepatan tinggi adalah vakum skep.

4. Deposit di dalam ruang bakar

Semua sistem mulai dari busi, filter udara, sampai karburator tidak mengalami masalah, namun motor masih brebet saat rpm tinggi.

Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh kerak atu deposit hasil pembakaran yang tidak sempurna.

Saat terjadi pembakaran yang kurang sempurna didalam mesin, maka hasilnya berupa CO dan ada sedikit deposit yang melekat pada dinding silinder. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, deposit ini bisa mengotori busi dan daun katup.

Sehingga api busi menjadi kecil serta udara yang masuk kedalam ruang bakar juga berkurang. Inilah yang menimbulkan mesin motor anda brebet.

Solusinya, ketika anda melakukan tune-up pastikan untuk membersihkan ruang bakar memakai carbon cleaner atau sejenis.

Cairan ini akan membantu meluruhkan kerak dan deposit didalam ruang bakar sehingga ruang bakar bersih dan performa mesin juga kembali normal.

Bila perlu, bongkar kepala silinder untuk membersihkan bagian ruang bakar. Dan lakukan juga sekur klep apabila terjadi kebocoran.

5. Tekanan bensin rendah (Khusus motor injeksi)

Khusus pada motor injeksi, Anda juga perlu mewaspadai fuel pump pada motor Anda. Fuel pump berfungsi memompa bensin kedalam injektor, sehingga ketika injektor terbuka bensin bisa langsung keluar ke intake manifold.

Namun besar tekanan bensin juga mempengaruhi jumlah bensin yang dikeluarkan saat itu. Dan yang terjadi ketika kita motor berada pada RPM tinggi, perlu asupan bensin dan udara yang lebih banyak.

Karena fuel pump lemah maka fuel pump tidak mampu menekan bensin lebih kuat ke injektor. Sehingga bensin yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit dan motor akan tersendat-sendat.
BACA BRO : Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok Mendadak
Cara mengatasinya, kita perlu terlebih dahulu mengecek berapa tekanan bahan bakar motor kita menggunakan alat khusus. lalu kalau ternyata kurang, berarti kita perlu mengganti fuel pump tersebut.

Kalau tekanan dari fuel pump masih normal, mungkin ada sumbatan pada jalur bahan bakar. Sumbatan ini bisa terletak pada filter bensin yang kotor. Maka anda harus membersihkan filter tersebut agar tidak menyumbat.

Tips Perawatan Motor Agar Tidak Brebet

  • Ganti oli secara rutin
  • Bersihkan filter udara secara berkala
  • Ganti busi tiap km yang sudah di anjurkan
  • Pastikan busi yang Anda pakai sesuai spesifikasi motor
  • Pakai bensin yang memiliki oktan tinggi (minimal pertalite)
  • Lakukan servis motor secara rutin
  • Ketika mencuci motor, pastika tidak menyemprotkan ke area karburator atau filter udara

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada pertanyaan seputar motor brebet di rpm tinggi. Kamu bisa kirimkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah. Atau jika ada beberapa kasus baru, silahkan bagikan pengalaman Anda untuk di baca oleh pengunjung lain. Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Motor Brebet (Tersendat) Saat Putaran Atas "

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel