Ketahui 6 Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Bikin Tenaga Motor Ngempos

Masbengkel.com – Apakah brosist merasakan bahwa tenaga motor loyo dan berat saat tanjakan. Mungkin penyebabnya adalah Kampas kopling motor sudah habis atau aus. Seperti yang kita ketahui, komponen kopling merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus antara mesin dan transmisi.

Mungkin sobat akan bertanya – tanya, kenapa mesin membutuhkan komponen kopling sebelum ke transmisi, apakah tidak lebih efisien jika mesin dan transimi tidak dipisahkan oleh kopling.

Mungkin, jika dilihat dari efisien, jika transmisi dan mesin tidak dipisahkan oleh sistem kopling, memang sangat efisien. Namun, jika transmisi dan mesin tidak dipisahkan oleh kopling, maka yang terjadi adalah :
  • Saat kamu menaikan/menurunkan gigi. Jika tenaga mesin tidak diputus maka saat kamu mengoperasikan transmisi akan terjadi sentakan.
  • Saat berhenti dilampu merah. Jika tidak ada kopling, maka kamu akan repot untuk mematikan dan menghidupkan mesin lagi.
ciri kampas kopling habis

Jadi, apapun jenis kendaraan kamu entah itu mobil ataupun motor, sistem atau komponen kopling sangat diperlukan dan sudah hal yang wajib ada pada kendaraan kamu.

Penyebab, dan Ciri Kampas Kopling Habis

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan kenapa kampas kopling bisa habis, dan penyebab kampas kopling cepat habis serta ciri kampas kopling motor yang habis.

Penyebab Kampas Kopling Habis

Ketika tuas kopling ditarik, kampas akan meregang dengan driven gear/flywheel. Saat tuas dilepas maka kampas kopling akan kembali menempel dengan flywhell. Saat awal kampas menempel, terjadi gesekan pada kedua komponen ini. Akibatnya lama-kelamaan terjadilah keausan pada kampas kopling.

Ciri – Ciri Kampas Kopling Motor yang Habis

Lalu, apa ciri dan efek dari kampas kopling motor yang habis?? Simak..

1. Terasa selip

Ciri pertama yang ,enamdakan kampas kopling habis adalah selip. Selip yangdimaksud disini bukan selip pada grib ban ya..  Namun selip pada mesin. Selip terjadi ketika putaran mesin tidak mampu disalurkan ke transmisi meski kopling terlepas. Hal ini bisa dirasakan ketika sedang menggeber kendaraan namun istilahnya hanya "nggereng" dan tidak mampu berakselerasi.

2. Motor seakan tertahan di tarikan awal

Kedua juga bisa dideteksi saat awal jalan, biasanya ketika kampas kopling motor habis akan menyebabkan motor tertahan saat awal kendaraan akan berjalan. Gejala yang dirasakan yakni saat kopling dilepas, motor nahan dan tidak langsung bergerak.

3. Kecepatan dan tenaga motor berkurang

Masih berhubungan dengan ciri yang pertama, penyebab kopling selip adalah karena habis. Sementara ketika kopling selip otomatis tenaga motor akan terbuang sia-sia. Akibatnya pe,akaian bensin tetap namun output yang dihasilkan berkurang.

4. Mesin kasar ketika kecepatan tinggi

Ketika kopling selip, selain gejala output mesin yang berkurang juga kamu dapat merasakan getaran ketika motor dipaksakan melaju kencang. Suara kasar ini terjadi karena flywheel mesin bergesekan dengan kampas kopling. Sehingga menimbulkan suara kasar hingga bergetar.

5. Mesin cepat panas

Layaknya sistem rem, ketika dua material bergesekan maka akan menimbulkan panas. Pada kopling hal ini juga terjadi khususnya jika kopling habis. Panas mesin akan meningkat daripada biasanya.

6. Sulit masuk gigi

Ketika masalah ini cukup parah, panas yang dihasilkan akan menyebabkan kampas kopling merekat dengan flywheel. Jika demikian, maka tuas akan lebih keras ketika ditarik dan gigi atau perseneling sulit dioperasikan.

penyebab kampas kopling habis

Tips Agar Kampas Kopling Motor Lebih Awet

Mengingat begitu vitalnya sistem kopling pada kendaraan, maka sebaiknya lakukan hal – hal berikut agar kampas kopling lebih awet
  • Biasakan menggunakan kopling secara lembut
  • Minimalkan penggunaan setengah kopling
  • Untuk motor manual, pastikan oli yang digunakan sesuai spesifikasi

KESIMPULAN

Ketika kampas kopling motor habis, tentu akan sangat mengganggu saat kamu berkendara. Perasaan tidak nyaman saat mengandarai motor karena motor yang berat akibat dari kampas kopling yang aus. Karena komponen kopling pada motor berperan sangat vital untuk akselerasi dan saat top speed.

Estimasi biaya yang harus kamu kelurkan saat kampas kopling habis adalah sekitar 300ribu Rupiah. Dengan catatan jika kamu menggunakan kampas kopling original dan estimasi biaya pergantian kampas kopling motor yang aus tersebut juga berbeda – beda untuk tiap tipe dan merek kendaraan kamu.

Karena biaya yang lumayan tinggi ketika motor kampas kopling habis, maka sebaiknya pergunakam motor dengan baik seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas seputar penyebab dan ciri kampas kopling motor yang aus serta cara merawat kampas kopling agar lebih awet. Semoga bisa memberi wawasan dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA BRO

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 6 Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Bikin Tenaga Motor Ngempos"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel