Ternyata ini Alasan Jenis Knalpot Bobokan Lebih Digemari Daripada Knalpot Jenis Lainnya

Masbengkel.com – Banyak sekali pengendara motor yang suka mengutak – atik motornya yang lebih memilih jenis knalpot bobokan daripada harus menggunakan jenis knalpot standar bawaan pabrik atau menggunakan knalpot racing aftermarket. Menurut mereka, jenis knalpot bobokan memiliki keunggulan dibandingkan knalpot jenis lainnya.

Sebenarnya, jenis knalpot bobokan maupun knalpot racing aftermarket memang ditujukan untuk meningkatkan performa motor agar mencapai tingkat paling maksimal. Jika Knalpot racing bisa dibeli di bengkel atau toko sparepart maka knalpot bobokan itu berbeda.

Jenis knalpot bobokan tidak bisa dibeli, namun di modifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan suara yang di inginkan. Selain suara, performa motor juga di pikirkan ketika akan membuat knalpot bobokan.

Knalpot bobokan adalah knalpot standar bawaan motor yang sudah di modifikasi bagian silincer'nya dan bagian lehernya. Biasanya, pada knalpot bobokan, silincer dan lubang buang knalpot standar akan di perbesar.

jenis jenis knalpot bobokan

Silincer merupakan bagian ujung knalpot, biasanya pada knalpot standar didalam silincer terdapat peredam sehingga suara yang dihasilkan lebih halus. Bagian peredam inilah yang nantinya akan dibuang atau diperbesar jika ingin membuat knalpot bobokan.

Dalam knalpot standar terdapat pula pipa – pipa yang berfungsi mengalirkan gas sebelum dibuang.

Knalpot bobokan membuang beberapa bagian dari knalpot standar, misalnya pipa-pipa di dalamnya. Ia akan digantikan dengan pipa yang jenis lurus sehingga gas buang akan langsung keluar.

Tak heran jika tarikan gas motor dengan knalpot bobokan akan lebih ringan dan lancar di rpm bawah atau rpm atas. Hal tersebut membuat penyuka knalpot bobokan umumnya adalah anak muda.

Namun sisi negatif dari penggunaan bobokan adalah kendaraan jadi lebih boros bahan bakar, juga oli cepat encer dan harus cepat diganti. Mesin pun cepat panas akibat kondisi tersebut.

Dibalik sisi negatifnya, jenis knalpot bobokan lebih digemari ketimbang knalpot racing dikarenakan knalpot bobokan bisa dimodifikasi sesuai keinginan, mulai dari suara yang dihasilkan hingga keperforma motor. Selain itu, harga knalpot bobokan relatif lebih murah daripada jenis knalpot racing aftermarket.

Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang jenis kelebihan knalpot bobokan dibandingkan jenis knalpot racing. Semua kembali ke selera masing – masing. Semoga bermanfaat, Brooo..!!!

[Baca Lainnya]

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Ternyata ini Alasan Jenis Knalpot Bobokan Lebih Digemari Daripada Knalpot Jenis Lainnya"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel