Piggyback : Alat Untuk Mendongkrak Performa Motor Injeksi Agar Lebih Kencang Tanpa Bore Up

Masbengkel.com – Untuk saat ini, motor keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi injeksi dan menggantikan karburator sebagai komponen yang 'bertugas' menyuplai bahan bakar ke mesin. Teknologi injeksi di klaim lebih mempunyai akselerasi yang baik serta ramah lingkungan dan tentunya lebih irit bahan bakar jika dibandingkan karburator.

Namun, ternyata klaim tersebut sepertinya ditolak mentah – mentah oleh sebagian kalangan yang menyebut bahwa karburator masih lebih bagus daripada injeksi jika membicarakan tentang akselerasi.

Selain itu, komponen yang terdapat pada teknologi injeksi agak susah untuk di utak – atik karena menggunakan komponen – komponen elektrik yang dibuat presisi, berbeda dengan karburator yang begitu mudah di upgrade jika ingin meningkatkan kecepatan motor.

Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi

dongkrak speed motor injeksi

Sebenarnya, untuk meningkatkan performa motor injeksi bukanlah hal mustahil. Dan masih bisa dilakukan walaupun tanpa bore up mesin.

Salah satunya adalah dengan mengganti ECM / ECU dengan yang model racing. Namun jangan kaget dengan harga dari komponen ini ya bro. Sudah bisa dipastikan harga dari ECU / ECM racing akan membuat kamu gigit jari.

Apa itu ECM / ECU dan Apa Fungsinya Untuk Motor Injeksi

Bagi pembaca blog Masbengkel.com yang belum tahu apa itu ECM / ECU dan seperti apa fungsi dari komponen ini, berikut sedikit saya jelaskan tentang peran dari ECM / ECM bagi mtor injeksi.

ECM (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module) merupakan komponen vital pada motor yang memakai teknologi injection. Peran CDI pada motor karburator digantikan oleh ECM / ECU.

Dengan kata lain, komponen ini memiliki 'tugas' yang sama dengan CDI namun lebih kompleks. Kenapa begitu??? Karena selain bertugas untuk mempercikan api, ECM / ECU juga berfungsi sebagai pengontrol dari beberapa fungsi dan fitur pada motor injeksi.

Seperti riding mode, bukaan bensin, campuran udara, serta tugas – tugas lain yang berkaitan dengan sensor yang tertanam pada motor injeksi.

Nah, karena komponen ini juga bertugas untuk menyuplai campuran udara dan bukaan bensin, maka pergantian komponen ini ke model racing menjadi pentig untuk dilakukan jika ingin membuat motor injeksi kencang tanpa bore up.

Apakah tidak ada cara lain mas???

Pertanyaan yang sering saya dapatkan ketika ngobrol dengan seseorang yang ingin meningkatkan performa motor injeksinya. Mengingat ECM / ECU Racinf di banderol 1-2 Juta rupiah. Cukup memberatkan memang bagi kalangan menengah kebawah.

Kembali kepertanyaan cara meningkatkan performa motor injeksi tanpa bore up selain mengganti ECU bawaan motor dengan ECU Racing.

Tentu saja bisa, caranya adalah dengan memasang alat ajaib yang bisa membuat motor injeksi lebih kencang tanpa keluar duit hingga jutaan rupiah. Alat tersebut adalah Piggyback atau Fuel Adjuster.

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Piggyback Dalam Membuat Motor Injeksi Lebih Kencang

Seperti apa cara kerja Piggyback pada motor injeksi??? dan merk piggyback apa yang bagus??? berikut ini akan saya sampaikan secara detil untuk pembaca setia Mabengkel.com.

Apa itu Piggyback / Fuel Adjuster

Yang secara umumnya dan kita ambil garis besarnya Piggyback adalah alat yang berbasis microcomputer digunakan pada kendaraan dengan tekhnologi injection dimana motor tersebut sudah dikontrol dengan sebuah unit komputer yang disebut ECU (Electronic Control Unit)/ ECM (Engine Control Module).

Sebenarnya piggyback adalah alat tambahan dan biasanya di buat oleh pemasar-pemasar aftermarket yang bertujuan untuk memanipulasi data, sehingga diharapkan dengan pemakaian piggyback si pengguna mampu membuat data yang baru di luar data yang ada dari pabrikan asli pembuat mobil/motor tersebut,sehingga data yang baru tersebut bisa sesuai dengan yang diinginkan si pemakai, bertujuan untuk menambah power atau sebaliknya untuk mengiritkan BBM ?, Itu kembali pada si penggunanya.

Cara Kerja Piggyback

Cara kerjanya cukup sederhana,sebelum input dari beberapa sensor dan actuator masuk ke ECU/ECM di hadang dan dimanipulasi oleh piggyback dahulu sehingga input ke ECU/ECM itu sudah hasil dari olahan piggyback tersebut.

Piggyback yang Murah dan Bagus

Untuk piggyback sendiri banyak sekali produk dan merek yang menawarkan kualitas yang bagus. Piggyback yang paling populer digunakan oleh pemburu speed diantaranya ada Juice Box, Power Commander, Apexi NEO Fuel Controller, Dynojet Digital Fuel Controller (DFC), EZ ECU, Bazzaz FI MX dan masih banyak lagi. Memang yang ada sekarang ini bandrol harga paling murah masih diatas 1 juta, bahkan sampai 3 juta’an loh.

Namun, ada satu piggyback produk lokal asli surabaya bernama Iquteche yang menawarkan piggyback dengan harga yang relatif terjangkau.

Tentang Piggyback Iquteche

piggyback : alat untuk dongkrak performa motor injeksi

Suskes dengan tool injeksi “FI Diagnostic Tool,” kini Iquteche Racing yang bermarkas di Surabaya telah memproduksi piggyback. Produsen dengan pentolan jebolan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini berhasil membuat piggyback yang tidak kalah dengan merk ternama, menariknya karena bukan merupakan produksi mancanegara, maka harga piggyback yang dinamai Fuel Adjuster ini merupakan piggyback versi paling murah. Harganya dibawah 1 JUTA!!!!

Harga Piggyback Iquteche

Murah bukan berarti murahan, kemampuan kerjanya tidak bisa dianggap sebelah mata. Bisa di adu sama harga juta’an heheh. Sampai artikel ini di rilis, Fuel Adjuster inj ternyata sudah memasuki versi ke 3.

Dimana dalam versi ke tiga ini untuk setting bisa dilakukan melalui smartphone dengan Operating System (OS) berbasis Android, keren bukan! Mau tau harganya berapa? Sebenarnya ada dua tipe piggyback yang di produksi, piggyback untuk motor satu silinder dan dua silinder.

Untuk harga piggyback Fuel Adjuster Iquteche satu silinder dibandrol dengan harga Rp. 450 ribu, sedangkan untuk yang dua silinder dibandrol Rp. 2 juta.

Cara Kerja dan Cara Setting Piggyback / Fuel Adjuter Iquteche

upgrde motor injeksi lebih banter

Nah bagi kamu yang berminat untuk membeli piggyback dari Iquteche ini, saya akan jelaskan bagaimana cara kerja dari piggyback Iquteche dan cara settingnya.

Cara Kerja Fuel Adjuster / Piggyback Iquteche

Piggyback buatan Iquteche yang dibuat untuk motor satu silinder fungsinya untuk memanipulasi injeksi bahan bakar yang dikabutkan oleh komponen injector.

Umumnya piggyback ada dua jenis yang sering digunakan, yakni memanipulasi data sensor yang akan diberikan ke ECU/ECM, sedangkan yang kedua adalah memanipulasi data dari ECU/ECM yang diberikan ke komponen actuator.

Nah..untuk piggyback Fuel Adjuster buatan Iquteche ini kerjanya memanipulasi data dari ECU/ECM yang diberikan ke komponen actuator, dan yang diatur adalah memanipulasi durasi injeksi bahan bakar.

Jelasnya kerja Fuel Adjuster bisa digunakan untuk mempercepat atau memperlambat durasi bukaan needle valve di injector. Secara umum kerja Fuel Adjuster adalah mengurangi atau menambah sekian persen (seusai setingan) inputan perintah dari ECU yang masuk ke injector.

Untuk pengaturan sendiri dilakukan dengan memutar potensio meter, hal ini layak setting Pilot Air Screw (setelan udara di karburator) dan tentunya bisa kita setting semau kita dengan mudah pakai obeng minus (-).

membuat motor injeksi lebih kenceng tanpa bore up

Cara Seting Fuel Adjuster Iquteche

Piggyback Fuel Adjuster mempunyai 3 potensio meter (Gbr. diatas). Jika potensio meter diputar searah jarum jam, efeknya untuk memperbesar durasi bukaan neddle (valve) injeksi. Hal ini berimbas pada bertambahnya asupan injeksi bahan bakar (rich).

Kebalikannya, jika potensio meter diputar berlawanan jarum jam, maka efeknya akan mempersingakat durasi bukaan neddle valve injector. Imbasnya durasi injeksi BBM makin singkat alias miskin (poor). Nah…setiap potensio meter memiliki peranan kerja masing masing. Dibawah ini lebih detailnya. Disimak ya supaya gamblang heheh.

Potensio meter pertama digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 0 – 3500 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 50%. – Potensio meter ke dua digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 3500 –7000 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 75%. Potensio meter ke tiga digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 7000 – 15000 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 100%.

piggyback iquteche

Bisa Seting di Android atau Laptop

Untuk memudahkan dalam seting, Fuel Adjuster versi ke 3 makin enjoy digunakan dengan bantuan aplikasi di android. Menariknya dalam aplikasi bisa di download di toko aplikasi secara gratis.

Tidak hanya itu, Fuel Adjuster juga bisa kita seting pakai komputer (laptop/PC), kita bisa melihat rpm secara real time saat seting dan kita juga bisa merubah setingan tiap potensio meter.

Contoh nih ya…di potensio pertama untuk 0-3500 rpm dan bisa diseting -20% sampai + 50%. Melalui aplikasi android bisa kita ubah semaunya! Makin jos bukan hehhe tinggal kitanya saja mau belajar apa tidak.

Tambahan – USB Dongle + OTG

piggyback murah berkualitas untuk dongkrak kecepatan motor injeksi

Oh iya, untuk bisa setting Fuel Adjuster pakai android / komputer pertama yang diperlukan adalah aplikasi yang bisa kita download di toko aplikasi Untuk android), untuk komputer kita harus install program Fuel Adjuster ke komputer, program didapat saat pembelian USB Dongle.

Kedua dibutuhkan kabel USB dongle (Gbr. diatas). Agar bisa terkoneksi dengan smart phone, kabel dongle masih harus di sambung dengan kabel OTG (On The Go).

Kita tau kalau OTG sendiri mempunyai fungsi untuk menghubungkan perangkat smart phone dengan perangkat berbasis USB layak flashdisk dan juga USB dongle. Sebagai tambahan catatan saja, untuk dongle USB di jual terpisah dengan unit Fuel Adjuster Iquteche.

Bagi yang mau seting lewat android dengan akurat bisa beli dongle, jika pakai feeling cukup putar putar potensio meter sudah cukup. Harga dongle di bandrol Rp. 200 ribu. Okey…Bagaimana…tertarik untuk mencobanya? Yuk buat tunggangan wesi masing masing makin gesit. Untuk Tanya produk monggo bisa lewat contact dibawah ini atau langsung isi kolom komentar dibawah.

Daftar Harga Piggyback Iquteche

Piggyback Only : Rp. 450.000
USB Dongle : Rp. 200.000
Piggyback Assy : Rp. 680.000 (Sudah termasuk OTG)
*Harga belum termasuk ongkos kirim

Cara Pembelian Piggyback / Fuel Adjuster Iquteche

Bagaimana bro?? Tertarik untuk memiliki komponen yang ajaib ini??? Kebetulan sekali, Admin Masbengkel.com bekerja sama dengan pihak Iquteche. Jika ingin membeli produk ini silahkan hubungi kontak dibawah ini.

Contact Pembelian :

SMS / CALL / WA – 082336996218
EmailMasbengkeoff@gmail.com

Atau bisa langsung komentar di kolom bawah. Jangan lupa untuk mengintip produk yang kami jual melalui blog ini. Dengan mengklik tautan berikut : https://www.masbengkel.com/p/lapak-mas-bengkel.html

KESIMPULAN

Sebagai biker sejati, mengoprek motor merupakan salah satu langkah yang diambil untuk melampiaskan kecintaan pada dunia otomotif khususnya roda dua. Tentu tidak afdol rasanya jika memiliki motoe yang tidak di upgrade sama sekali alias masih perawan bawaan pabrik.

Salah satu bagian paling sering 'diacak-acak' oleh biker yang suka kebut-kebutan adalah bagian mesin. Namun karena teknologi injeksi yang kesemuanya memakai sistem elektrik yang presisi. Maka untuk meningkatkan performa motor injeksi agak sedikit terkendala 

Namun, dengan mengandalkan Piggyback sebagai alat untuk memanipulasi kerja ECM / ECU akan membuat motor injeksi lebih kencang tanpa bore up mesin sekalipun. Demikian ulasan dari saya. Semoga bermanfaat dan menambah sedikit wawasan. Terima kasih.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

2 Komentar untuk "Piggyback : Alat Untuk Mendongkrak Performa Motor Injeksi Agar Lebih Kencang Tanpa Bore Up"

  1. Bang kira kira piggyback bisa di nego ga? Manteb kayanya tuh lumayan buat motor di rumah

    BalasHapus

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel