iklan banner

6 Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih + Cara Mudah Mengatasinya

penyebab knalpot mengeluarkan asap putih

Masbengkel.com – Brosist... Motor kesayangan kamu akhir – akhir ini mengeluarkan asap putih yang keluar dari knalpot. Apakah itu aman untuk kendaraan??

Tentu saja tidak!!!!

Karena pembakaran pada mesin motor 4 tak itu hanya memerlukan udara, bensin, dan percikan api. Kalau ada oli, masuk kedalam ruang bakar maka gas sisa pembakaran akan mengandung banyak emisi.

Efek Jika Motor Mengeluarkan Asap Putih

Knalpot motor yang mengeluarkan asap putih, penyebab utamanya adalah oli yang seharusnya sebagai pelumas justru ikut terbakar di dalam ruang bakar. Sehingga akan mengakibatkan :

  • Oli mesin akan selalu berkurang, sehingga kita harus selalu mengecek dan mengisi oli mesin 
  • Hal ini dapat menandakan adanya keausan linner atau ring piston, akibatnya tenaga mesin akan berkurang. 
  • Oli yang ikut terbakar juga bisa menyebabkan kerak berlebih pada ruang bakar, akibatnya proses pembakaran mesin akan terganggu.
  • Oli yang terbakar juga akan mengakibatkan busi basah dan akan mudah mati

Yang jadi pertanyaan berikutnya adalah, mengapa oli mesin 4 tak bisa ikut terbakar ? Secara konstruksinya, ruang bakar pada motor 4 tak itu tertutup. Tentu hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

BACA BRO : Kenali yuk, Apa sih Knalpot Bobokan itu

Intinya oli mesin adalah cairan dengan molekul nano yang dapat masuk kedalam celah sekecil apapun pada mesin. Sehingga apabila celah komponen sedikit saja oli bisa masuk kecelah itu.

Penyebab Oli Mesin Motor 4 Tak ikut Terbakar

Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan oli mesin 4 tak ikut terbakar sehingga mengakibatkan knalpot motor ngebul asap putih. Apa saja??? Simak bro...

1. Ring Piston Aus

Ring piston pada mesin 4 tak memiliki 3 bagian.. Yang pertama adalah top ring (ring atas), Yang kedua adalah Second ring (ring tengah), dan yang ketiga adalah ring oli (ring bawah).

Top ring dan second ring berfungsi sebagai ring kompresi sedangkan ring ketiga berfungsi sebagai ring oli. Fungsi ring oli adalah melumas oli dan juga mengikis oli yang terdapat pada dinding cylinder agar tidak masuk keruang bakar. Tipe dari ring oli memiliki bentuk yang berbeda dari 2 ring piston yang lain.

Ring oli terdiri dari tiga bagian, dimana pada bagian tengahnya berupa spacer yang bergelombang yang di jepit atas bawah oleh side rail. Bentuk penampang ring kedua berbentuk tapered yang bertujuan membantu ring oli mengikis oli agar tidak masuk ruang bakar.
Yang terjadi kenapa oli mesin 4 tak ikut terbakar adalah di karenakan ring piston tidak mampu menahan oli dari bak oli, dikarenakan ring piston mengalami aus sehingga oli masuk ke ruang bakar dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih karena oli ikut terbakar.

Gejala lain yang timbul akibat ring seker aus adalah tenaga motor akan drop dan motor akan susah untuk di hidupkan.

Solusinya, anda harus mengganti satu set ring piston untuk mengatasi asap ini. Cara menggantinya juga tidak mudah, karena ring piston terletak pada jantung mesin. Untuk melakukan penggantian harus diakukan pembongkaran mesin atau overhoule.

2. Linner / Boring / Silinder Aus

Jika di perkara pertama penyebabnya adalah ring piston, masalah yang kedua ini merupakan dinding dari seker yang secara langsung bersentuhan dengan ring seker / piston.

Perlu kamu ketahui, saat mesin bekerja linner dan ring piston akan selalu bergesekan. Sehingga dalam jangka waktu tertentu kedua komponen ini akan mengalami keausan. Jika keausan ini terjadi, oli mesin dapat dengan mudah masuk kedalam ruang bakar (sama seperti diatas)

Gejala seperti loss power dan mesin susah hidup saat dingin juga akan kamu temui ketika silinder mulai aus. Cara mengatasi keausan dinding silinder ini, kamu perlu melakukan kolter atau membubut ulang linner silinder. Dengan membubut ulang linner silinder akan membuat lubang menjadi besar, dengan kata lain, kalian juga harus menyesuaikan ukuran seker menyesuaikan dengan ukuran linner yang sudah di bubut ulang.

3. Seal Klep (Katup) Bocor

Selain dari dalam mesin, faktor yang dapat menyebabkan oli masuk ke ruang bakar berasal dari komponen mesin bagian atas. Katup atau valve atau klep berfungsi sebagai pintu yang bertugas memasukan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran mesin (intake dan exhaust).

Setiap katup memiliki sebuah seal yang mencegah oli bocor ke dalam manifold. Namun karena faktor pemakaian, seal ini bisa mengalami pengerasan yang membuat daya rapatnya menurun. Sehingga oli bisa masuk dengan mudah kedalam manifold dan masuk ke mesin.

Hal inilah yang menyebabkan Knalpot motor mengeluarkan asap putih. Namun ciri – ciri jika seal klep yang bocor, asap putih yang keluar dari knalpot hanya pagi hari saja atau saat mesin dingin.

Cara untuk mengatasinya, adalah dengan mengganti seal katup dengan yang masih baru. 

Melalukan pergantian pada seal klep harus membuka bagian head silinder dan juga harus di sekur ulang.

4. Batang Klep Lecet atau Bengkok

Jika masalah yang ketiga adalah seal klep yang bocor, maka kali ini yang menyebabkan knalpot ngebul putih di akibatkan oleh batang klep yang lecet atau bengkok.

Batang klep adalah sebuah batang besi yang menghubungkan klep dengan bagian cam. Artinya, di batang inilah letak tumpuan cam saat menekan katup. Dalam posisi normal, batang katup harus 100% lurus tanpa adanya kebengkokan sekecil apapun atau lecet sedikit pun.


Jika batang klep bengkok atau lecet, maka akan menimbulkan celah antara seal klep dan klep. Celah inilah yang menjadi jalan oli memasuki manifold yang terhubung dengan ruang bakar.

Solusinya adalah mengganti klep dengan yang baru. Mengganti klep prosesnya sama seperti saat mengganti seal klep. Butuh membuka bagian kepala silinder dan sekur klep.

5. Paking Kepala Silinder Rusak

Packing kepala silinder terletak ditengah sambungan blok silinder dan kepala silinder. fungsinya sebagai perapat, baik perapat ruang bakar agar tekanan kompresi tidak hilang, juga untuk merapatkan jalur oli dari bak oli ke kepala silinder.

Dari sini terbayang, apa yang terjadi kalau ternyata permukaan packing ada yang rusak. Tekanan kompresi bisa bocor, dan oli juga bisa mengalir keluar jalur. Kalau oli tersebut mengalir keluar mesin maka asap normal, tapi banyak rembesan oli pada permukaan mesin.

Namun kalau oli tersebut mengarah ke ruang bakar maka asap knalpot bisa berwarna putih agak biru (tergantung kuantitas oli yang masuk).

Kalau ini terjadi, maka ada gejala lain seperti kamu akan melihat bagian mesin motor yang selalu kotor dan ada rembesan oli. Selain itu biasanya muncul juga suara yang agak kasar.

Solusinya, adalah dengan mengganti packing kepala silinder dengan yang baru.

6. Motor Kamu Ternyata 2 Tak

Nah, kalau yang ini hanya intermezzo aja bro.. Dan sekaligus jika kamu belum mengetahui jika motor 2-tak memang menghasilkan asap putih pada knalpotnya.

Mengapa motor dua tak mengeluarkan asap putih ?

Ini sebenarnya mekanisme pelumas dari mesin dua tak. Motor-motor dua tak itu memerlukan oli samping yang sewaktu-waktu bisa habis. Oli inilah yang menyebabkan asap putih.

Jadi kalau motor kamu adalah motor dua tak seperti RX-King, FIZ-R maka jangan panik kalau motor anda mengeluarkan asap putih. Itu adalah hal yang wajar. 😁😁😁

Intinya, knalpot yang mengeluarkan asap putih di akibatkan oli yang ikut terbakar dan keluar melalui pembuangan (knalpot). Demikian artikel tentang Penyebab Motor Keluar Asap Putih. Semoga bermanfaat Broooo!!!!

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "6 Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih + Cara Mudah Mengatasinya"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel