Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Tekor Akibat Pengisian Motor Tidak Normal

Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Tekor Akibat Pengisian Motor Tidak Normal

Masbengkel.com – Pada sepeda motor terdapat energi listrik yang berpusat pada aki sebagai energi utama untuk komponen – komponen kelistrikan pada sepeda motor, seperti Lampu sein, klaskon, starter elektrik, dan lain – lain.

Sedangkan aki mengandalkan energi listrik yang dihasilkan dari sistem pengisian. Jika Pengisian Aki Tidak Normal, maka yang Terjadi adalah aki mudah tekor. Dan hal itu akan berakibat pada sistem kelistrikan motor secara keseluruhan.

Penyebab – Penyebab Aki Motor Bermasalah pun beragam, mulai dari kabel yang konsleting atau terdapat komponen yang rusak. Daripada bingung apa Penyebab Aki Motor Cepat Tekor, Baca selengkapnya ulasan Masbengkel.com berikut ini :

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi dan Cepat Tekor

Sebelum kita membahas lebih jauh apa saja yang menjadi penyebab aki motor cepat tekor dan tidak mengisi, alangkah lebih baik kita mengenal dulu komponen – komponen yang terdapat pada sistem pengisian sepeda motor. Terdapat dua komponen utama pada sistem pengisian pada sepeda motor, komponen tersebut adalah Spul Pengisian dan Kiprok.

BACA BRO : Selain Sebagai Pelumas, Ternyata ini Lho Fungsi Lain dari Oli

Kedua komponen tersebut berperan vital dalam proses pengisian pada aki sepeda motor, jika salah satu dari keduanya tidak berfungsi, maka yang terjadi adalah aki akan cepat tekor.

Cara Mengatasi Sistem Pengisian Yang Tidak Normal

Jika kedua komponen tersebut yakni kiprok dan spul adalah biang kerok dari masalah dan penyebab aki tidak mengisi sehingga aki cepat tekor. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut.

Khusus untuk Spul pengisian, bisa di gulung ulang. Namun cara ini tidak saya anjurkan, karena tindakan menggulung spul tidak akan membuat spul bisa bertahan lama.

BACA JUGA : Konstruksi Dasar Mesin dan Keistimewaan Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Jika kamu merupakan biker yang suka otak – atik motor sendiri atau penasaran ingin memperbaiki komponen pengisian rusak yang menyebabkan aki cepat tekor. Maka melalui artikel ini saya akan memberikan sedikit tips cara mengecek spul dan kiprok yang mati atau tidak berfungsi.

Cek Pengisian Tanpa Alat Untuk Motor Pengapian DC

Jika motor kamu menggunakan pengapian DC, maka cara untuk mengecek pengisian motor yang tidak berfungsi adalah dengan cara melepas salah satu kabel aki. Nyalakan motor terlebih dahulu, lalu lepas salah satu kabel aki, jika motor tiba – tiba mati. Sudah bisa dipastikan bahwa sistem pengisian motor kamu tidak normal alias rusak.

Karena terdapat dua komponen pengisian, yakni spul dan kiprok (regulator). Maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan komponen mana yang rusak, spul pengisiannya atau kiproknya. Caranya adalah dengan mengecek kabel pengisian dari spul. Kabel pengisian dari spul biasanya berwarna putih.

Tapi untuk mempermudah, ambil saja kabel putih atau kuning. Karena tidak semua motor memiliki kabel dengan warna yang sama, lebih baik pastikan kamu sudah mengetahui kabel spul pengisiannya.

BACA BRO : Tipe dan Cara Kerja Mesin 4-tak
Untuk mempermudah, cek keduanya saja, dengan cara mengkonek-an kabel ke bodi motor atau ke kabel massa dari spul. Jika salah satu kabel atau kabel berwarna putih (kabel dari spul pengisian) tidak mengeluarkan bunga api, kemungkinan spul pengisian sudah tidak berfungsi. Jika mengeluarkan bunga api, ada kemungkinan kiproknya yang mati.

Catatan : Cara ini tidak benar – benar akurat. Karena berbagai alasan. Salah satunya jika kabel putus, maka cara ini bisa menipu kamu, bro. Misal ketika kamu cek kabel spul, tetapi keluar bunga api, lalu kamu mengganti kiprok dengan yang baru. Padahal terdapat kabel putus antar spul ke kiprok, sehingga listrik dari spul tidak sampai ke kiprok.


Cek Pengisian Tanpa Alat Ukur Untuk Motor Pengapian AC

Sebenarnya tidak ada perbedaan cara cek spul pengisian antara motor pengapian AC ataupun DC. Hanya saja, pada motor pengapian AC, tidak berlaku cara cek pengisian dengan cara melepas salah satu kabel aki. Jadi, kamu harus cek langsung dari kabel spul pengisian. Caranya sama seperti motor dengan pengapian DC.

Cek Pengisian Menggunakan Alat Volt Meter

Cara ini bisa ke semua Motor bahkan Mobil, Bagi kamu yang mau buka usaha jual beli Aki minimal wajib menguasai ilmu ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menghubungkan alat Volt meter ke kutub aki positif dan negatif. lalu hidupkan mesin. yang perlu di catat adalah sebagai berikut:
  • Mesin off normalnya tegangan antara 12,4V - 13V, jika di bawah 12V mungkin aki lowbatt,bisa juga soak.
  • Mesin On Tegangan harus > pada saat mesin off dan < 15V. Jika tidak mau naik berarti pengisian bermasalah, tapi jika naiknya melebihi 15V maka pengisian di sebut Over charge( Kiprok rusak).

Kekurangan trik ini adalah harus beli voltmeter. Kisaran harga mulai 50rb - 5jt an ada di pasaran.

Demikian Artikel Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Tekor Akibat Pengisian Motor Tidak Normal. Sebenarnya masih ada satu cara lagi, yakni menggunakan Amperemeter, namun cara ini jarang sekali di pakai. Karena, menggunakan Voltmeter saja sudah lebih dari cukup Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

2 Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Tekor Akibat Pengisian Motor Tidak Normal"

  1. Motor mio saya sudah diganti kiprok kak.. tp knp aki msh saja cpt tekor.. dan saya sudah membawa motor kebengkel yg sama sebanyak 3x. Kalo boleh tahu.. sbnrnya apa ya penyebab motor aki motor saya cepat sekali tekor.. kira2nya aja mass..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Illa Ningrum, Terima Kasih Telah Berkomentar di Blog Masbengkel.com..

      Jika Memang Motor Anda Sudah Diganti Kiprok Namun Aki Motor Masih Tetap Saja Cepat Tekor, Ada Beberapa kemungkinan Kak, Antara Lain :
      1. Pastikan Kiprok Sesuai Dengan Standar Motor
      2. Cek Lampu Rem Apakah Menyala Terus atau Tidak.. Karena Jika Menyala Terus, Karena Watt Lampu Rem yang Digunakan Lumayan Besar, Hal itu Akan Menambah Beban Aki
      3. Pastikan Tidak Ada Kabel Pengisian yang Mengalami Konsleting atau Putus
      4. Ada Kemungkinan Spul Sudah Rusak. Apalagi Jika Motor Anda Adalah Mio Sporty, Motor Mio Memang Sudah Terkenal Spul Mudah Rusak Terutama Bagian Massanya.

      Saya Rasa Penjelasannya Sudah Lengkap, Semoga Bisa Membantu dan Motor Anda Bisa Normal Kembali. Salam Gaspolll.

      Hapus

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel