Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir dengan Mudah

cara mengatasi karburator banjir

Masbengkel.com – Mungkin teknologi motor sudah beralih dari karburator ke injeksi, namun pengendara masih banyak yang mempertahankan eksistensi motor teknologi karburator dengan berbagai alasan.

Fungsi karburator adalah mencampur bahan bakar – udara yang nantinya di kirim ke silinder dengan tujuan pembakaran.

Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir

Seiring dengan berjalannya waktu, karburator mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah karburator banjir atau bensin dari karburator meluap keluar.

Apa penyebab karburator banjir dan bagaimana cara mengatasi karburator banjir?? Simak yuk brooo..!!!

Penyebab Karburator Banjir

Bukan hanya jakarta yang banjir, karburator juga bisa banjir bro.. hehehehe.

Bedanya, banjirnya karburator bukan di sebabkan karena hujan. Melainkan karena salah satu komponen yang terdapat pada karburator mengalami kerusakan / aus.

cara mengatasi karburator banjir
needle valve / ventilator

Komponen tersebut adalah needle valve (ventilator) yang sudah aus sehingga tidak mampu menahan aliran bensin dari tangki ke karburator.

BACA BRO : Harga Karburator PE 28 Original disertai Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagaimana fungsinya, needle valve memang memiliki fungsi sebagai pengatur aliran bahan bakar / bensin dari tangki ke karburator.

Cara kerjanya adalah, needle valve akan terdorong oleh pelampung karburator yang menyatu dengan needle valve.

Pelampung karburator yang di buat mengambang (seperti namanya) akan mengikuti jumlah bensin yang ada di karburator.

Sehingga ketika bensin yang ada di mangkuk penuh, pelampung akan naik dan mendorong needle valve turun dan menutup aliran bensin yang mengalir melalui lubang pemasukan bahan bakar dari tangki.

Dan jika bensin / bahan bakar yang didalam mangkuk karbu berkurang, needel valve secara otomatis akan terbuka dan menambah suplai bahan bakar di dalam mangkuk karburator.

Nah, apa yang terjadi jika karburator banjir??? Jika needle valve aus, bensin akan terus mengalir meskipun pelampung sudah mendorong needle valve untuk menutup. Karena keausan tersebut, membuat aliran bensin dari tangki tetap mengalir sehingga terjadilah karburator banjir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Caranya sangat mudah, jika kamu suka atau hobi membongkar motor sendiri, kamu bisa memperbaiki karburator banjir sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Pertama – tama lepaskan karburator dari motor. Lalu buka baut mangkuk karburator.

Jika mangkuk karburator sudah terbuka, kamu akan meliht sebuah pelampung karburator.

Lepas pin pelampung kaburator, sehingga pelampung bisa terlepas. Dengan terlepasnya pelampung, kamu akan melihat needle valve. Karena memang needle valve ini menyatu dengan pelampung karburator.

BACA BRO : Mana Lebih Unggul, Motor Injeksi Atau Motor Karburator

Lepas needle valve, lalu bersihkan lubang pemasukan bahan bakar menggunakan bensin dan cotton bud.

Bersihkan lubang menggunakan bensin dan tiup, lalu bersihkan menggunakam cotton bud sampai mengkilap, dan tiup needle valve menggunakan kompresor, jika tidak punya bersihkan menggunakan kain bersih.

Cara ini dilakukan, karena kemungkinan lubang pada pemasukan bahan bakar kotor atau terkena kotoran dari tangki.

Setelah itu coba pasang kembali karburator, dan coba lakukan pengecekan. Jika masih kaburatoe masih banjir. Ganti needle valve dengan yang baru. Karena kemungkinan needle valve sudah tidak rata lagi.

Harga dari needle valve sangat terjangkau, tidak lebih dari 20 ribu Rupiah saja.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba membengkokkan penahan plat needle valve agak ke bawah. Cara ini bisa kamu lakukan jika pelampung / penahan needle valve terbuat dari plat. Karena tidak semua motor menggunakan plat untuk penahan needle valve nya.

Bagaimana jika setelah mengganti needle valve karburator masih banjir???

Ada kemungkinan pelampung karburator mengalami kebocoran, sehingga pelampung tidak bisa mengapung karena terisi oleh bahan bakar / bensin.

BACA BRO : Cara Meningkatkan Performa Motor Tanpa Melakukan Bore Up

Cara pengecekannya adalah dengan mengocok pelampung saat pelampung di lepas. Jika di rasa di dalamnya seperti terdapat air. Maka sudah di pastikan pelampung mengalami kebocoran.

Jika pelampung mengalami kebocoran, satu – satunya cara untuk mengatasi karburator bocor adalah mengganti pelampung dengan yang baru,

Gimana bro?? Cukup mudah kan cara mengatasi karburator yang banjir. Mumpung karburator di lepas, sekalian bersihkan lubang – lubang pada spuyer. Agar sekalian di service. Nanggung kan kalau hanya memperbaiki karburator banjir tanpa membersihkan spuyer.

Semoga bermanfaat brooo...!!!

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir dengan Mudah"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel