iklan banner

3 Langkah Mudah Membuat Charger Hp di Motor Secara Sederhana

membuat cas hp di motor

Masbengkel.com – Era saat ini, Hp merupakan barang bawaan yang wajib dibawa. Selain hp, terdapat satu barang lagi yang tidak boleh terlupakan, yakni charger handphone.

Ibarat romeo dan juliet, dua barang ini seperti tidak bisa di pisahkan ya broo. Alasannya pun sangat simpel, tanpa charger, hp yang sobat bawa tidak akan ada artinya ketika daya batrei sudah habis.

Bagi kamu adalah seseorang yang kreatif, maka dalam hal ini sobat harus membuat sesuatu yang bisa digunakan tanpa bantu charger hp, tapi menggunakan motor sebagai sumber daya pengisisan baterai handphone.

Di dalam motor juga terdapat energi listrik yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan pengisian daya ponsel. Caranya cukup dengan membuat charger khusus yang sederhana pada motor.

Bagaimana cara membuat charger hp pada motor??? Simak yoo brooo...

Prinsip Kerja Charger Hp dan Cara Membuat Charger Hp di Motor

Secara dasar, charger merupakan alat yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel. Charger juga memiliki output range yang berbeda, itulah alasannya kenapa charger hp memiliki waktu pengisian waktu yang berbeda.

Prinsip Kerja Charger Hp

Sebelum kita melangkah lebih jauh cara membuat charger hp di motor, alangkah lebih afdol kalo sobat memahami dulu komponen apa saja yang terdapat pada sebuah charger dan bagaimana prinsip kerja sebuah charger ponsel.

Charger bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke baterai yang terletak didalam hp. Karena sifat baterai ponsel yang chargable, maka arus tersebut akan disimpan didalam baterai untuk kemudian digunakan dilain waktu.

BACA BRO : Spesifikasi GPX Legend 200 + Galeri Foto

Karena kapasitas baterai ponsel yang kecil, maka arus dari listrik rumah (PLN) tidak bisa secara langsung di alirkan ke batrei ponsel. Atas alasan itulah, sebuah ponsel membutuhkan charger, karena di dalam sebuah charger ponsel terdapat komponen pengubah tegangan dan komponen penyearah.

Secara sederhana, komponen pada sebuah charger ponsel yakni

  • Dioda Bridge – merupakan rangkaian dioda untuk mengubah arus AC ke DC
  • IC regulator – untuk mengubah tegangan input menjadi lebih rendah
  • Capasitor/Elco – untuk menstabilkan kapasitas muatan elektron yang akan masuk ke baterai.

Ketiga komponen diatas dirangkai dengan rangkaian charger dan menghasilkan output berupa listrik DC yang umumnya bertegangan 5 Volt dengan arus 1-3 Ampere.

Cara Membuat Charger Hp di Motor

Dalam hal ini, kita lebih menitik beratkan pada kepentingan yang mendesak alias jika di saat kamu kepepet dan membutuhkan sebuah charger darurat. Kenapa harus charger darurat??? Apa gak lebih bagus jika di pakai terus???

Penjelasannya begini bro... Jika kita terus menggunakan charger di motor kita, maka aki bisa cepat soak. Untuk itu gunakan saat kepentingan mendesak saja,

BACA BRO : Produk Pertama Honda, Yamaha, Suzuki di Indonesia

Disini saya akan memberikan teknik membuat charger sederhana di motor yang bisa kamu coba bikin sendiri di rumah.

1. Alat dan bahan yang harus kamu persiapkan untuk membuat charger hp di motor


Bahan – bahan yang harus kamu persiapkan :
  • IC Regulator 7805
  • 2 Buah Dioda 5 Amp
  • Konektor IC
  • Kabel USB
Alat – alat yang kamu butuhkan, antara lain.
  • Solder
  • Timah
  • Isolasi

Semua bahan dan alat diatas (jika sobat belum punya) bisa di peroleh di toko elektronik, dan bukan di apotik ya (hehehehe).

Penggunakan IC dengan menggunakan seri 7805 dengan tujuan agar tegangan output yang yang diinginkan berkisar 5 Volt. Perhatikan dua angka terakhir dari nomer seri IC tersebut.

Jika kamu menginginkan output yang lebih tinggi (sesuaikan dengan kebutuhan / spesifikasi hp), maka kamu bisa mengganti ukuran IC yang sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

2. Pelajari skemanya sebelum mengeksekusi pembutan charger hp pada motor

Sebelum sobat benar – benar memutuskan untuk membuat charger hp di motor, yang perlu sobat lakukan adalah memahami dan mempelajari skema membuat charger di hp.

Melalui artikel inu, sobat akan memahami bagaiamana cara kerja sebuah charger dan skema seperti apa yang nantinya sobat rangkai sehingga terlahir sebuah charger di motor.

Next ya broo..

Rangkaian charger sederhana yang kita buat, tidak terlalu rumit karena tidak memerlukan PCB atau kita akan membuat rangkaian terbuka,

Lihat rangkaiannya melalu gambar dibawah ini.

cara mudah membuat charger di motor

Melalui gambar tersebut, bisa di pastikan bahwa rangkaian tersebut terlihat sangat simpel. Listrik dari baterai disambungkan ke dioda sebelum masuk ke terminal input IC untuk kemudian output dari IC juga tersambung ke dioda sebelum langsung ke konektor.

IC regulator memiliki tiga kaki, yakni input, output dan massa (-). Sebelum kamu mengeksekusinya, temukan dan pastikan kamu telah memahami mana kaki-kaki IC. Yang mana output, yang mana input, dan yang mana massa (-). Kamu bisa bertanya di toko tempat kamu membeli IC jika kamu belum memahami letak kaki – kaki dari IC.

Selain memahami letak kaki – kaki dari IC, kamu juga harus memahami arah dari dioda. Meskipun hanya memiliki dua kaki, pemasangan dioda yang terbalik akan membuat arus listrik menjadi terblokir. Karena fungsi dari dioda adalah penyearah arus listrik.

BACA BRO : Cara Mudah Pasang Lampu HID Tanpa Perlu Ganti Kiprok dan Aki

Sementara untuk kabel konektor, bisa kamu dapatkan di toko komponen elektronik beserta IC. Kabel USB bisa menggunakan kabel bekas ataupun baru, yang terpenting masih bisa berfungsi.

3. Jika sudah memahami skemanya, sekarang waktunya merangkai komponen – komponen tersebut menjadi sebuah charger hp yang terkoneksi dengan aki motor

Mulailah dengan merangkai komponen IC dengan konektor. Pastikan kamu telah mengenali mana terminal input, output dan mana massa.

Selanjutnya, pisahkan kabel konektor IC yang memiliki tiga buah kabel itu untuk kemudian kita kupas kulitnya.

Pasang dioda pertama pada kabel input IC. Arahnya, menuju IC atau terminal negatif yang kamu sambungkan ke kabel konektor.

Pasang juga dioda kedua pada kabel output IC namun dengan posisi terbalik, atau mengarah keluar. Posisinya terminal positif dioda yang kamu sambungkan dengan kabel.

Ambil kabel USB, kemudian hubungkan kedua kabel tersebut dengan output IC dan kabel massa. Untuk kabel massa bisa kamu sambungkan ke terminal massa IC atau ke body motor nantinya.

Masih tersisa satu terminal, yakni input yang bisa sobat sambungkan dengan baterai (accu) atau bisa juga dari kunci kontak maka charger bisa mengisi saat ignition ON

cara mudah membuat charger di motor
Catatan : Jika kamu memutuskan menyambung input ke accu, jangan menyambungkan kabel input langsung dari accu, carilah kabel dari accu yang sudah melewati sekring. Karena jika mengalami konsleting, tidak akan membahayakan motor kamu nantinya.

Jika sobat menginginkan sirkuit yang lebih aman, kamu bisa menambahkan sekring tambahan, maksimal 5 Ampere agar tidak terjadi lonjakan arus berlebih ke HP.

Terakhir, kamu perlu menyambungkan massa body ke masa IC. Jika IC yang kamu beli memiliki lubang baut, cukup tempelkan lubang tersebut ke body motor yang berbahan logam menggunakan baut.

Tapi jika IC standar tanpa lubang baut, kamu bisa menghubungkan massa body motor dengan terminal masa IC. Sehingga ada dua sambungan yang mengarah ke body dan ke USB.

BACA BRO : HD Scanner : Diagnostic Tool Khusus Motor Injeksi Honda Versi Android

Setelah semua langkah selesai, tinggal colokan ujung USB ke port charge Hp kamu. Secara otomatis arus 12 Volt akan turun menyesuaikan daya pengisian battery ponsel yang hanya sekitar 5 Volt / sesuai kebutuhan yang kamu inginkan.

Cara membuat ces hp pada motor di atas bisa dilakukan pada segala model atau merk motor yang memiliki baterai / accu / aki yang masih fit dan sehat. Aki yang sehat??? Gak sakit – sakitan apa gimana nih bro??? hehehehe..

Aki yang fit dan sehat adalah aki dalam kondisi normal. Cara mengetahui aki motor yang masih sehat dan fit adalah jika sistem kelistrikan motor kamu berfungsi dengan baik seperti starter lancar, klakson kenceng banget, lampu terang, reteng berkedip dengan anggun.

Jika kondisi aki kurang fit maka akan berefek pada sistem kelistrikan motor seperti sistem penerangan dan pengapian. Akibatnya akan mengganggu performa mesin.

Itulah langkah singkat untuk membuat charger hp di motor. Semoga berhasil ya brooo...

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "3 Langkah Mudah Membuat Charger Hp di Motor Secara Sederhana"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel