Cara Meningkatkan Performa Motor Tanpa Melakukan Bore Up

cara meningkatkan performa motor tanpa bore up

Masbengkel.com – Sebagai pengendara dan pemilik motor, tentu hal yang paling kita cari dari motor adalah performa motor.

Tentu akan sangat membuat emosi ketika motor yang sobat pakai sehari – hari tidak memiliki performa yang bagus.

Tarikan lambat dan top speed gak maksimal membuat kita sebagai pemilik motor, terasa gatal ingin mengoprek motor agar performa motor meningkat.

Tapi tau gak sobat, meningkatkan performa motor gak melulu melakukan oprek mesin / bore up. Mesin bawaan pabrik pun jika 'dipegang' dengan benar, akan membuat performa motor meningkat.

Dan asal kalian tau, oprek mesin gak selalu membuat performa motor kamu meningkat, karena jika salah dalam mengoprek, malah akan membuat motor kamu cepat rusak.

Karena mengoprek mesin bisa dikatakan sebagai langkah 'memaksa' mesin untuk melewati batas kemampuan mesin tersebut.

Karena sifatnya memaksa, tentu akan berimbas pada umur dari mesin.

Cara Meningkatkan Performa Motor Tanpa Bore Up

Nah, kali ini Mas Bengkel akan coba memberikan tips bagaimana cara meningkatkan performa motor tanpa melakukan oprek mesin / bore up.

1. Ganti busi standart dengan busi racing

Komponen pertama untuk meningkatkan performa motor tanpa bore up adalah busi.

Sobat bisa mengganti busi bawaan motor dengan busi racing, sobat bisa pilih busi tipe iridium atau platinum yang sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan performa motor.

Adapun perbedaan busi standart dan busi racing yang perlu sobat ketahui adalah terletak pada percik pengapian.

BACA BRO : Busi Racing Untuk Motor Harian... Amankah???

Pengapian pada busi racing lebih besar ketimbang busi standart bawaan motor. Bila sobat hanya ingin membuat tarikan motor lebih enak, kamu bisa mencoba untuk mengganti busi racing. Untuk harganya sendiri sekitar 100 ribu saja.

2. Buang karburator bawaan motor dan ganti dengan karburator PE 28 atau RX king

Seperti pada fungsinya, karburator adalah komponen penyaluran bahan bakar dari tangki ke mesin yang dikompres menjadi uap.

Untuk sobat yang tidak ingin mengganti karburator, sobat bisa setting sedikit, buat kompresi udara lebih sedikit, dan besarkan pasokan bahan bakar yang masuk. Tapi harus tetap memperhatikan kestabilan hidup motor ketika dihidupkan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih josss gandos, coba ganti karburator bawaan motor dengan karburator RX King atau PE. Untuk jenis motor dengan cc 110 sampai 125, gunakan jenis karburator PE28.

3. Ganti komponen pengapian bawaan motor dengan komponen pengapian racing

Komponen pengapian yang perku diganti adalah CDI dan Koil. Kedua komponen ini merupakan komponen paling penting pada sistem pengapian pada motor.

Pada komponen pengapian racing (CDI dan Koil) memiliki arus pengapian yang lebih besar ketimbang komponen pengapian bawaan motor.

Dengan meningkatkan arus pengapian, tentu akan membuat motor sobat performanya akan meningkat.

4. Gunakan oli racing, yang memiliki tingkat kekentalan yang lebih encer daripada oli biasa

Ganti oli motor standar dengan oli racing, perbedaan terdapat pada kekentalan oli.

Oli racing memiliki kekentalan lebih sedikit sehingga mesin motor yang menggunakan oli racing akan sangat ringan untuk memutarkan komponen gear dalam mesin.

BACA BRO : Menarik Untuk di Ulas Kembali, Perbedaan Karburator Skep (Konvesional) VS Karburator Vakum

Masalahnya, sobat harus lebih sering mengganti oli bila menggunkan pelumas racing.

5. Ganti noken as menggunakan noken as racing

Ini sedikit membongkar mesin, namun tidak sedikitpun melukai mesin, beda halnya dengan bore up yang hampir membelah komponen mesin motor/dibesarkan semua.

Noken racing bisa dibuat sendiri dan bisa langsung beli. Untuk hasil yang sudah pasti, sebaiknya kamu langsung beli noken racing saja.

Perbedaan setelah menggunakan noken racing pada motor standar adalah, tarikan motor menjadi lebih ringan, napas motor akan lebih panjang, dan tentunya bensin motor akan sedikit lebih boros.

KESIMPULAN

Cara meningkatkan performa motor tanpa bore up diatas merupakan cara yang umum dipakai oleh kalangan pecinta otomotif yang tidak ingin melakukan bore up pada motornya. Lakukan juga hal diatas dengan cermat dan tepat. Cermat dalam artian, pergantian komponen – komponen dibutuhkan kehati – hatian dan tepat dalam memilih merek yang terbaik disetiap komponennya.

BONUS

Gunakan bahan bakar oktan tinggi, seperti Pertamax atau Pertamax plus. Karena bahan bakar dengan oktan tinggi akan membuat sistem pembakaran menjadi lebih sempurna, dan ruang didalam mesin akan terjaga kebersihannya.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Performa Motor Tanpa Melakukan Bore Up"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel