Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya

penyebab dan cara memperbaiki lampu sein atau lampu reting tidak berkedip

Masbengkel.com – Lampu sein atau biasa disebut lampu reting adalah lampu yang memiliki fungsi sebagai tanda belok.

Lampu sein di setting untuk berkedip, dengan begitu pengendara di depan dan di belakang akan tahu kalau kita akan berbelok.

Nah, gimana kalau ternyata lampu sein tidak mau berkedip (capek mungkin, hehehe).

Jangan kawatir bro, MASBENGKEL punya solusi buat kamu. Tidak perlu ke bengkel kalau hanya mengatasi lampu sein tidak berkedip. Ini penyebab dan cara memperbaiki lampu sein tidak berkedip.

Penyebab dan Solusi Lampu Sein tidak Berkedip

Lampu sein atau lampu reting memiliki alat berupa flasher. Flasher inilah yang nantinya 'bekerja' untuk membuat lampu sein berkedip. Ada kemungkinan komponen ini mengalami kerusakan. Lalu, apa penyebab lain lampu sein tidak berkedip dan bagaimana cara mengatasinya. Simak, bro.

1. Cek Bohlam/Dop Lampu sein

Sebelum kamu mengecek bagian lain, cek dulu bohlam atau dop lampu sein.

Seperti yang kita tahu, pada kendaraan kamu terdapat enam dop lampu sein. 2 di depan, 2 di dashboard, 2 di belakang. Memang sih,tidak semua motor memiliki enam buah bohlam, karena beberapa diantaranya, lampu di dashbord hanya memiliki satu dop. Jadi, kondisikan saja dengan motor kamu.

Coba kamu cek dopnya satu-satu, jika salah satu dop tidak nyala, inilah penyebab utama lampu sein tidak berkedip.

Dalam kasus ini, biasanya hanya salah satu lampu sein saja yang tidak berkedip. Misal dop kanan yang tidak nyala, maka lampu sein sebelah kananlah yang tidak berkedip.

2. Flasher Rusak

Penyebab lampu sein tidak berkedip yang kedua ini, sudah penulis jelaskan di awal pembiacaraan.

Lalu, apa fungsi flasher??

Flasher merupakan salah satu komponen kelistrikan yang ada dikendaraan. Flasher berfungsi untuk menghasilkan arus ke lampu yang berubah-ubah sehingga menghasilkan nyala lampu yang berkedip-kedip.

Jika hal ini terjadi, maka satu-satunya jalan adalah mengganti flasher dengan yang baru. Harga flasher pun relatif, paling murah seharga 15 ribu rupiah saja.

3. Efek Memasang Lampu Sein Variasi

Bagi kalangan pecinta modifikasi, terutama bagi motor sport. Lamou sein bawaan motor kurang bagus. Sehingga pemasangan lampu sein variasi pun menjadi pilihan.

Kasusnya, setelah ganti lampu sein variasi tiba lampu sein tidak berkedip. Jangan panik!!! Coba ganti flasher dengan yang baru.

Tapi sebelum lampu sein diganti, berkedip kok mas???

Justru, pergantian lampu sein inilah yang menyebabkan tidak berkedip. Didalam flasher terdapat komponen yang dimana terdapat perhitungan kelistrikan agar sesuai dengan kapasitas dop yang dipakai.

Karena lampu sein variasi biasanya ukuran dopnya tidak sesuai. Maka, inilah penyebab flasher tidak bekerja dan lampu sein pun tidak berkedip.

4. Jika Masih Gak Berkedip

Jika 3 hal diatas masih belum bisa membuat lampu sein kamu berkedip. Segara saja membawa motor kamu ke bengkel ya. Karena biasanya ada kabel yang mengalami konsleting.

Nah, untuk masalah kabel konsleting ini. Daripada nanti malah berbutut panjang. Mending kamu bawa saja kebengkel terdekat atau bengkel langganan kamu.

Lampu sein termasuk salah satu komponen keselamatan berkendara, lho.. Jadi segera perbaiki masalah lampu sein yang tidak berkedip. Sebelum terjadi sesuatu di perjalanan nanti.

Semoga bermanfaat, brooo!!!

BACA JUGA BRO
Selain Sebagai Pelumas, Ternyata ini Lho Fungsi Lain dari Oli
5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis. Buruan Diperbaiki Sebelum Terlambat!!!
Konstruksi dan Fungsi Komponen Utama Mesin 4-tak
Harga Karburator PE 28 Original disertai Kelebihan dan Kekurangannya

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel