Materi Sistem Pelumasan (Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Pelumasan)

pengertia, tujuan dan fungsi sistem pelumasan

Masbengkel.com– Salah satu sistem yang wajib ada pada mesin adalah sistem pelumasan. Kamu pasti gak bisa bayangkan bagaimana jika mesin tanpa sistem pelumasan kan, bro.

Meskipun sistem pelumasan adalah sistem yang sangat diwajibkan ada pada mesin, namun sistem pelumasan ini termasuk sistem yang tidak banyak mempengaruhi pada kinerja mesin. Berbeda dengan sistem permesinan yang lain.

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Pelumasan Motor

Kenapa sistem pelumasan wajib ada pada mesin?? Nah, pada artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan mengenai pengertian, fungsi dan tujuan sistem pelumasan.


Pengertian Sistem Pelumasan

Sistem Pelumasan adalah suatu sistem pemeliharaan/ perawatan terhadap perangkat mesin yang selalu menampilkan masalah-masalah gerak, gesekan dan panas yang ketiga proses tersebut paling erat berhubungan dan memegang peranan penting dalam masalah kestabilan mesin.

Tujuan Sistem Pelumasan

Mesin yang berisikan banyak komponen yang bergerak dan saling bersinggungan. Tanpa adanya pelumasan, komponen-komponen tersebut akan rusak yang disebabkan panas dari gesekan.

Tujuan pelumasan adalah membentuk lapisan oli pada permukaan yang saling bergesekan dan untuk melindungi kerusakan karena pemakaian.


Dengan adanya sistem pelumasan, mesin dapat beroperasi dengan halus.

Fungsi Pelumasan

Setelah mengetahui pengertian sistem pelumasan dan tujuan pelumasan. Kini kita pahami fungsi dari sistem pelumasan, antara lain;

1. Anti gesek/Anti-friction effect

Jika dua benda bergerak saling berhubungan, permukaan yang berhubungan akan terjadi gesekan.

Meskipun permukaan yang bergesekan kelihatan sangat halus, sebenarnya kedua permukaan tersebut sangat kasar jika dilihat dengan kaca pembesar.

Untuk mengurangi gesekan ini, diperlukan lapisan oli pada permukaan singgung yang saling bergesekan.

2. Pendingin/Cooling effect

Gesekan akan menimbulkan panas seperti halnya piston dan cylinder dalam melakukan pembakaran akan menimbulkan panas.

Untuk itu, oli akan mendinginkan panas yang timbul dan oli yang telah panas akan didinginkan di penampungan oli dan kemudian dipakai kembali sebagai pendingin mesin.

3. Perapat/Sealing effect

Perapatan kompresi di dalam cylinder, dilakukan oleh ring piston yang terpasang pada piston dan oli yang mengalir di dinding cylinder dan ring piston akan menjadi 'sealing' atau perapat yang bagus antara piston dan cylinder sehingga kebocoran kompresi dapat dikurangi. Fungsi sealing ini salah satu syarat yang harus ada pada oli.

4. Bantalan/Buffer effect (Dispersion effect)

Ball bearings, roller bearing dan gears yang menopang tekanan berat dipusatkanpada titik tertentu. Connecting rod menerima pukulan yang cukup berat pada pin ujung yang besar dan ujung yang kecil.


Jika komponen-komponen ini menerima pukulan yang berulang-ulang akan terjadi 'kelelahan' logam.

Dengan adanya pelumasan oli (bantalan), akan memperluas bidang tekanan sehingga mengurangi beban tekan per unit dan meratakan pukulan.

5. Anti karat/Rust-inhibiting effect

Oli merupakan lapisan tipis untuk menjaga permukaan logam dari udara, air dam gas yang bisa membuat logam berkarat.

6. Pembersih/Cleaning effect

Tekanan oli dari pompa oli mengalir ke mesin dan menjaga debu-debu logam, oxides, dan hydrocarbon sehingga permukaan gesekan dapat dijaga kebersihannya.

Untuk pelumasan ini diperlukan saringan oli untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh oli.

Sekian penjelasan mengenai pengertian, tujuan dan fungsi dari sistem pelumasan.

Semoga bermanfaat brooo!!!

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Materi Sistem Pelumasan (Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Pelumasan)"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel