Hmmm.. Benarkah Oli Matik Bagus Untuk Motor Manual?? Begini Penjelasannya.

boleh tidak oli matik untuk motor manual

Masbengkel.com – Motor matik di indonesia pertama kali ada sejak tahun 1991, motor tersebut adalah Vespa PK 125. Di Indonesia, motor ini diperkenalkan pada 1991 melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATMP) PT Dan Motor Vespa Indonesia, yang mendapat lisensi penuh dari Piaggio Italia.
Namun, pasar skutik mulai menggeliat sejak kehadiran Yamaha Nouvo tahun 2003. Sejak itulah motor matik terus mengalami perkembangan dan menguasai pasar otomotif di Indonesia seperti saat sekarang.

BACA: Biaya Servis Motor Yang Harus Kamu Siapkan Tiap Bulannya

Kehadiran motor matik, hadir pula oli matik. Karena matik menggunakan kopling kering, maka dibutuhkanlah oli khusus untuk mesin kopling kering. Berbeda dengan motor manual yang menggunakan kopling basah.

Kira-kira, bisa nggak ya pakai oli motor matik untuk motor manual?

Sebelumnya penulis menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya sudah banyak yang percaya bahwa oli matik jika dipakai untuk motor manual, tarikannya lebih mantap.

Pandangan seperti itu sudah ada sejak awal-awal kemunculan motor matik beserta oli matiknya.

Penulis kembali mengulas masalah ini, karena pemikiran seperti itu masih ada di beberapa kalangan masyarakat.

Benarkah oli matik mampu membuat tarikan motor manual lebih enteng??

Sebelumnya, mari kita kenali dulu jenis-jenis oli yang bisa digunakan untuk motor matik dan manual, agar lebih jelas.

JASO (Japanese Automotive Standards Organization) membagi oli mesin sepeda motor menjadi dua:

  • JASO MA – oli mesin untuk sepeda motor dengan transmisi manual
  • JASO MB – oli mesin untuk sepeda motor dengan transmisi otomatis.

Nah, kalau sudah begitu. Kenapa kita masih berargumen kalau oli matik bagus untuk motor manual.

Lalu....

apa bedanya JASO MA dan JASO MB.

JASO MA lebih cocok digunakan untuk motor manual dengan kopling basah. Sementara JASO MB lebih cocok digunakan untuk motormatic dengan kopling yang kering. Mengapa harus dibagi menjadi MA dan MB, kenapa tidak digabung saja?

BACA: 4 Ciri Busi Harus Segera Diganti

Jawabannya adalah karena oli JASO MA dirancang dengan senyawa yang mempunyai tujuan untuk mencegah kopling selip di motor-motor dengan kopling basah, sedangkan oli JASO MB dirancang untuk mencegah gesekan/friksi di motor dengan kopling kering. Spesifikasi mesin berbeda, oli motornya pun beda.

Jadi,....

Motor manual memiliki kopling yang basah, disebut basah karena kopling tersebut terendam dengan oli. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kampas kopling tetap dingin.

Sementara itu, motor matik memiliki kopling yang kering, yang berarti kampas kopling tidak terendam oli.

Maka dari itu yang akan terjadi apabila oli JASO MB (motor matik) digunakan di motor dengan kopling basah adalah terjadinya slip pada kopling yang tentu berbahaya bagi motor kamu.

Kesimpulannya, sebaiknya motor dengan transmisi manual disarankan tidak menggunakan oli mesin yang dirancang khusus untuk motor dengan transmisi otomatis.

Kendaraan bermotor dengan transmisi manual di Indonesia biasanya memiliki kopling basah dan motor dengan transmisi otomatis memiliki kopling yang kering.

Oli motor yang dipakai untuk mesin matik dirancang khusus untuk motor kopling kering, sehingga jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan mengalami selip.

Jadi, jangan ada pendapat lagi kalau oli matik bisa membuat tarikan motor manual lebih enteng, yang ada malah sebaliknya.

Justru sebaliknya, karena kampas kopling akan mengalami selip, dan hal itu secara otomatis akan membuat tarikan motor manual kamu sedikit terhambat dan kampas kopling dan kopling house (rumah kopling) akan mudah aus.

Semoga bermanfaat, Brooo!!!

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Hmmm.. Benarkah Oli Matik Bagus Untuk Motor Manual?? Begini Penjelasannya."

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel