Selain Sebagai Pelumas, Ternyata ini Lho Fungsi Lain dari Oli

fungsi oli pada motor

Masbengkel.com – Minyak pelumas pada motor atau yang biasa disebut oli, berfungsi sebagai pelumasan pada bagian internal mesin untuk melindungi dari gesekan dan panas.

Oli sendiri memiliki banyak jenis, bergantung pada karakter mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat uguk menambah atau mengawetkan usia pakai mesin.

BACA: Kenali Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka yang Tertera Pada Kemasannya

Pada dasarnya, semua jenis itu sama yakni sebagai pelumasan pada internal mesin agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan serta mendinginkan mesin.

Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan.

Seperti yang terdapat pada mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin.

Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif (peluang) yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.

Ternyata, oli tidak hanya melumasi ya bro.. Selain itu, oli ternyata memiliki karakteristik yang berbeda untuk setiap mesin.

Semoga bermanfaat, brooo!!!

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Selain Sebagai Pelumas, Ternyata ini Lho Fungsi Lain dari Oli"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel