iklan banner

[Terlengkap] Tipe dan Cara Kerja Motor Bermesin 4 Tak

Masbengkel.com - Mungkin, bagi beberapa kalangan terutama kaum muda saat ini. Sudah sangat asing dengan motor 2-tak. Motor jenis ini sudah lama vakum, digantikan oleh mesin 4-tak, yang seperti semua kita tahu bahwa mesin 4-tak sekarang memakai teknologi injeksi.

Tapi ingat, bro. Secanggih apapun teknologi yang ada pada motor baru saat ini. Semua tidak terlepas dari prinsip kerja mesin. Teknologi hanyalah penunjang saja. Tipe dan cara kerja mesin 4-tak pun masih sama dengan era karburator.

Jadi.. Meskipun teknologi motor udah sangat canggih. Gak ada salahnya dong, bro bro mengetahui Tipe dan Cara Kerja Mesin 4-tak. Yuk, simak baik-baik ;

tipe dan cara kerja mesin 4 langkah

Tipe dan Cara Kerja Mesin 4 Langkah

Berbeda dengan mesin 2-tak yang hanya membutuhkan 1 putaran poros engkol dan 2 langkah kerja untuk menghasilkan tenaga. Sedangkan cara kerja mesin 4-tak membutuhkan 4 langkah.. Apa saja?? Berikut ini penjelasannya.

Langkah Pemasukan

Saat piston turun kebawah, tekanan di ruang cylinder menjadi negative, dan klep pemasukan pada posisi terbuka sehingga campuran gas segar mengalir dari Karburator ke cylinder.

Untuk menambah efisiensi pemasukan, klep pemasukan terbuka terlebih dahulu, sebelum piston mencapai TMA (sebelum piston turun) dan ditutup, ketika piston telah bergerak keatas (setelah TMB), sehingga klep terbuka lebih lama dan campuran gas lebih banyak masuk.

Langkah kompresi

Pada saat piston bergerak keatas, klep pemasukan tertutup, dan pada saat bersamaan klep pembuangan juga pada posisi tertutup maka campuran bahan bakar dan udara terkompresi sampai TMA sehingga dengan demikian mu-
dah dinyalakan dan cepat terbakar.

Langkah kerja (power / tenaga)

Sebelum akhir langkah kompresi, busi memercikan bunga api, dan membakar campuran yang dikompresi. Campuran terbakar sangat cepat dan tekanan pembakaran mendorong piston ke
bawah, yang selanjutnya memutar poros engkol melalui connecting rod.

Langkah pembuangan

Sebelum piston bergerak kebawah ke TMB, klep pengeluaran mulai terbuka dan gas sisa pembakaran mengalir keluar dan sewaktu piston mulai naik dari TMB, akan mendorong gas sisa pembakaran yang masih tertinggal. dan setelah piston turun dari TMA, klep pengeluaran tertutup. dan campuran gas segar mengalir kedalam cylinder.

Waktu buka tutup klep/Valve timing

Saat buka dan tutup klep pemasukan dan klep pengeluaran, yang berhubungan dengan posisi piston disebut "Valve Timing" seperti yang telah dijelaskan, untuk menambah efisiensi pemasukan dan pengeluaran, klep pemasukan sengaja dibuka sebelum piston mencapai TMA dan tertutup setelah piston bergerak keatas dari TMB.

Disisi lain, klep pengeluaran membuka sebelum piston mencapai TMB, dan menutup setelah piston mulai turun dari TMA.

Diagram yang berpedoman dari TMA dan TMB, disebut dengan "Diagram valve timing"

Apakah yang dimaksud dengan valve overlap?

Kedua klep pemasukan dan pengeluaran dalam posisi sama-sama terbuka, sebelum mencapai TMA, pada langkah pengeluaran. Ini disebut "Valve Overlap" dimana campuran gas segar mendorong keluar gas sisa pembakaran yang masih tertinggal, sehingga menambah efisiensi pengeluaran.

Dan pada waktu yang sama, gaya inersia gas buang menambah efisiensi pemasukan.

*Valve Timing sangat bervariasi tergantung dari daya guna dan fungsi tiap tipe sepeda motor.

Tipe dan kelebihan tiap-tiap posisi klep

Ada 4 tipe konstruksi klep yang bergerak keatas dan kebawah (membuka dan menutup) dimana tiap tiap jenisnya berbeda dalam konstruksi dan fungsinya.

Tipe Side Valve (SV) / Klep samping

  • Camnya terpasang pada poros engkol dan mendorong keatas untuk menggerakkan klep.
  • Klep-klep ditempatkan disamping piston dan oleh karena itu, ruang pembakaran dapat lebih besar. Ini memungkinkan menghasilkan perbandingan kompresi yang lebih besar dan dapat mengurangi bobot mesin.
  • Tipe ini cocok untuk tipe mesin putaran rendah yang banyak dipakai pada mesin industri

Over Head Valve type (O.H.V) Klep berada diatas

  • Perbedaan dari tipe ini, adalah klep berada diatas piston. dan digerakkan oleh "rocker arm" sehingga ruang kompresi dapat dibuat lebih kecil sehingga menghasikan pebandingan kompresi yang tinggi menyebabkan tenaga mesin dapat lebih besar.
  • Dilengkapi dengan batang penekan (pushrod) yang panjang serta rocker arms yang menyebabkan jarak "cam" yang jauh dan gerakan balik (reciprocating) yang lebih besar, sehingga putaran tinggi kurang stabil.
  • Tipe ini dipakai untuk mesin tipe "V" dan mesin horizontal, tipe mesin opposed piston.

Single Over Head Camshaft type (S.O.Н.С) single cam berada diatas

  • Batang penekan dapat ditiadakan, sehingga gerakan balik dapat di netralisir. Posisi "Cam" berada diatas dan ditengah cylinder dan digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam, dimana cam memutar Rocker arm
  • Komponen yang sedikit membuat stabil pada putaran tinggi.
  • Karena hanya menggunakan satu "Cam", maka disebut "single overhead camshaft engine".

Tipe Double Over Head Camshaft (D.О.Н.С)

  • Untuk tipe ini, rocker arm ditiadakan. Klep masuk dan klep buang dioperasikan tersendiri oleh dua buah cam (Direct push type)
  • Hambatan gerak hanya terdapat dibagian klep dibandingkan dengan tipe SOHC, "valve respon" (pergerakan klep secara spontan) lebih cepat
  • dan akurat.
  • Ada juga beberapa tipe mesin DOHC yang menggunakan rocker arm, untuk mempermudah penyetelan kelonggaran klep dan merubah langkah buka klep.
  • Untuk tipe SOHC, penempatan posisi klep tidak terbatas sehingga bentuk ruang bakar dapat didesain lebih baik.
  • Tipe mesin D.О.Н.С dapat mengurangi kerugian yang ada pada mesin S.O.HC, tapi dalam perawatan lebih rumit serta berat mesin dan biaya pembuatan lebih tinggi.
  • Dan yang satu ini disebut "twin cam engine dipakai pada mesin-mesin sport kecepatan tinggi.

KESIMPULAN

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Tipe dan Cara Kerja Mesin 4 Tak. Semoga apa yang saya sampaikan bisa kalian pahami dengan baik. Dan semoga bermanfaat serta menambah wawasan.

BACA JUGA BRO
GPX Legend 200 : Desain Cafe Racer, Penantang Kawasaki W175
Konstruksi dan Fungsi Komponen Utama Mesin 4-tak
Ketahui 6 Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Bikin Tenaga Motor Ngempos

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "[Terlengkap] Tipe dan Cara Kerja Motor Bermesin 4 Tak"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel