Biaya Servis Motor Yang Harus Kamu Siapkan Tiap Bulannya

Masbengkel.com, Biaya Servis Rutin - Motor sudah menjadi salah satu bagian hidup masyarakat indonesia. Kendaraan ini menjadu salah satu favorit bagi banyaj kalangan masyarakat. Maka gak heran kalau dealer motor mampu menjual jutaan unit motor tiap bulannya.

Bukan hanya penjual unit saja yang mendapatkan berkah, rumah perawatan motor alias bengkel pun mendapatkan hikmah dari hal ini.

Jika tiap bulannya dealer mampu menjual jutaan motor, bagaimana dengan bengkelnya?? Tentu, sudah hal pasti akan berdampak juga.

Nah, sebagai pemilik motor, tentu hal yang wajib dilakukan adalah merawat motor tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan atau servis rutin tiap bulannya.

Kenapa harus tiap bulan?? dan apakah hal itu wajib?? apa keuntungan lakukan servis tiap bulan??

Pertanyaan tersebut bisa terjawab dengan kamu membaca Alasan Kenapa Motor Harus Diservis Secara Rutin.

Meskipun servis motor secara berkala sangat berdampak baik terhadap motor secara keseluruhan, tapi masih ada saja yang enggan meluangkan waktunya ke bengkel karena berbagai alasan. Salah satunya adalah gak punya duit.

Padahal saat kamu memiliki kendaraan, seharusnya kamu udah punya komitmen untuk menyiapkan uang tambahan untuk buat setiap bulan.

Lagipula uang yang harus kamu keluarkan untuk servis motor gak semahal seperti yang kamu bayangkan kok.

Masalahnya kalau kamu jarang servis, yang ada motormu akan cepat rusak. Kalau udah kayak gitu siap-siap deh kantongmu jebol untuk biaya “jajan” motormu.

Estimasi Biaya Servis Motor Tiap Bulan


Untuk menghindari kondisi tersebut, langsung simak aja biaya servis motor yang harus kamu siapkan setiap bulan berikut ini:

1. Ganti oli

ganti oli motor tiap bulan

Kita ansumsikan kamu malas atau gak ada waktu untuk pergi kebengkel untuk servis berkala. Tapi alangkah baiknya, kamu menyisihkan sedikit waktu paling lama 10 menit untuk mengganti oli motor.

Nah, untuk biaya ganti oli ini umumnya kamu harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 150 ribu per liter atau 0,8 liter, tergantung jenis motor yang kamu pakai.

Sebaiknya, ganti oli dengan merk yang sudah dianjurkan oleh pabrik. Dan, sebaiknya hati-hati jika memilih oli. Karena sekarang banyak beredar oli palsu.

BACA BRO : Cara Mudah Mengenali Oli Palsu


2. Servis tune up rutin

lakukan servis rutin tiap bulan

Selain ganti oli, servis secara berkala juga menjadi hal wajib. Memang ada yang mengatakan, motor gak harus di tune up setiap bulannya. Memang benar, karena tergantung dari pemakaian. Tapi untuk lebih memudahkan, alangkah lebih baik lakukan servis berkala tiap bulannya.

Lalu, apa sebanarnya patokan lakukan servis berkala??

Servis rutin bisa dilakukan tiap 3000-5000km.. Tergantung pemakaian.

Bukan hanya bulan, km pun tidak bisa menjadi tolak ukur. Karena motor yang dipakai jarak jauh tiap hari dibandingkan dengan motor yang menempuh jarak pendek tiap harinya, meskipun sama-sama mencapai 3000km kondisinya akan berbeda.

Jadi, lebih baik menjadikan bulan sebagai acuan. Toh gak ada ruginya kalau memang hal itu berdampak baik bagi motor kamu.

Untuk biaya servis agak berbeda untuk tiap daerah. Biaya servisnya berkisar antara 30-50 ribu rupiah. Tapi itu hanya biaya servisnya saja belum termasuk kalau ada perbaikan lain atau penggantian sparepart.

3. Kampas rem

cek kampas rem tiap bulannya

Rem merupakan salah satu sparepart yang harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan. Kebayang gak kalau kamu mengendarai kendaraan tapi remnya gak pakem? Duh, bisa ketar-ketir sendiri di jalan karena takut menabrak sesuatu.

Untuk kampas rem ini dibagi menjadi 2 bagian. Ada kampas rem depan dan kampas rem belakang. Untuk harganya bervariasi, antara 25-50 ribu.

Ingat baik-baik, uang sekecil itu bisa menyelamatkan nyawa kamu dijalanan.

BACA BRO : Tips Agar Rem Cakram Selalu Dalam Kondisi Baik dan Awet


4. Sparepart Pendukung

busi menjadi salah satu part pendukung

Ada beberapa sparepart yang usianya itu tidak selama sparepart lain. Contohnya saja aki yang bisa bertahan sekitar dua tahun. Atau busi yang hanya bertahan sampai 6000 km saja (dianjurkan). Nah jika kamu belum tahu ciri motor jika busi minta di ganti. Kamu bisa baca ciri-ciri busi harus segera diganti.

BACA BRO : 4 Ciri Busi Harus Segera Diganti

KESIMPULAN

Untuk part pendukung kamu bisa sedikit bernafas, karena gak harus diganti tiap bulannya. Hal yang satu ini kamu bisa percayakan ke bengkel langganan kamu ya.

Secara umum, kamu gak perlu mengeluarkan uang banyak tiap bulannya untuk lakukan servis berkala. 150 ribu saja sudah lebih dari cukup, itu dengan catatan jika tidak ada kerusakan pada part pendukung.

Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit informasi mengenai Biaya Servis Motor Tiap Bulan yang harus kamu keluarkan.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Biaya Servis Motor Yang Harus Kamu Siapkan Tiap Bulannya"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel