Pembuatan dan Perpanjangan SIM Wajib Tes Psikologi

Aturan baru pembuatan dan perpanjangan SIM - Masbengkel

MASBENGKEL.COM - Mulai senin besok atau tepatnya 25, juni 2018. Direkorat Lalulitas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan memberlakukan aturan baru bagi masyarakat yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya, setiap warga yang ingin memiliki ataupun memperpanjang SIM pribadi wajib mengikuti tes psikologi atau psikotes.

Pembuatan SIM dengan menggunakan tes psikologi awalnya hanya diberlakukan untuk pembuatan SIM Umum. Tetapi, keputusan itu berubah, dan tes psikologi akan diberlakukan untuk semua jenis pembuatan SIM.

"Di UU Tahun 2009 dan peraturan Kapolri 2009 sudah diatur bahwa sebenernya bukan hanya SIM umum tapi semua SIM harus tes psikologi," kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, Seperti di kutip merdeka.com.

Syarat ini diberlakukan dengan maksud dan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan. Sebab, kata Fahri, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah karena ada gangguan psikologis dari pengemudi.

"Terus ada yang Tugu Tani juga itu adalah kasus-kasus dimana pengemudi mengemudikan kendaraan bermotor sebelumnya dia mengkonsumsi narkotika," Imbuhnya.

Fahri mengatakan, tes tersebut akan dilakukan tertulis. Bisa di Polda Metro Jaya atau dari lembaga psikologi yang biasa mengadakan tes psikologi mengemudi. Bila di Satpas, maka akan dikenakan biaya karena tergolong dalam tes kesehatan.

Harapan dari Fahri untuj pemberlakuan aturan ini adalah untuk bisa meminimalisir kecelakan. Syarat ini sudah mulai di simulasi sejak 21 hingga 23 juni 2018 yang lalu dan akan resmi diberlakukan pada 25 Juni.

"Kita mau simulasikan dulu nanti baru tanggal 25 itu serentak karena ini harus serentak berlaku di seluruh satpas di seluruh Polda Metro Jaya. Bukan DKI saja tapi Depok Tangerang Kota kita juga mau cek kesiapan mereka juga," ucapnya.

Akhir Kata

Semoga dengan aturan baru ini, bisa meminimalisir angka kecelakaan. Dan sebagai Rakyat Indonesia yang baik, tentu kita di anjurkan untuk mengikuti segala aturan yang berlaku di Indonesia.

Sumber Berita : Merdeka.com

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Pembuatan dan Perpanjangan SIM Wajib Tes Psikologi"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel