3 Tipe Busi Yang Mampu Meningkatkan Performa Motor

Masbengkel.com - Busi adalah salah satu komponen terpenting yang terdapat pada sepeda motor. Karena berfungsi sebagai penghubung antara sistem pengapian dan sistem kerja pada mesin, peran busi dalam menentukan performa motor memang tidak bisa di sepelekan begitu saja.

Berikut ini adalah 3 busi racing yang bagus dan terbaik yang mampu mendongkrak performa motor kamu.

1. Busi Iridium




denso iridium adalah salah merk busi dengan tipe iridium yang bisa di pilih
Busi Iridium

Dianggap sebagai Busi Racing Terbaik, busi iridium memang secara nyata mampu meningkatkan performa motor.

Perbedaan busi iridium dan busi standart terletak dari bahan yang digunakan. Busi jenis iridium ini terbuat dari logam yang sangat keras, pada bagian ujung elektrodanya terbuat dari nikel yang di kombinasikan dengan bahan Iridium berwarna platinum.

Cara kerjanya adalah lapisan pada jarum busi dengan bahan elektroda nikel dan iridium tadi dapat menghasilkan proses yang lebih fokus ketimbang busi standar. Dengan demikian mampu mengoptimalkan sistem pembakaran sehingga dapat mendongkrak performa motor.

Untuk harganya busi Iridium dibanderol seharga Rp. 90-100 ribu, hal ini tentu jauh lebih mahal daripada busi standar namun cukup sesuai mengingat busi tipe Iridium tidak hanya mampu mendongkrak performa motor tapi juga dapat bertahan lebih lama yakni 70-100 ribu km.


2. Busi Platinum



NGK platinum adalah merk busi dengan tipe platinum yang bisa di menjadi salah satu pilihan
Busi Platinum

Jika Busi Iriudium dikenal dengan busi terbaik untuk Racing, berbeda dengan Busi Platinum yang lebih dikenal sebagau busi Touring. Busi ini cocok dengan pengemudi yang suja main di Rpm tinggi atau jarak jauh.

Hal ini didasari oleh sifat dari bahan busi itu sendiri, yakni ‘Platinum’ yang diklaim lebih tahan panas sehingga mampu membuat pembakaran pada motor tetap stabil walaupun digunakan terus-menerus dalam rpm tinggi.

Busi Platinum memiliki bentuk elektroda yang lebih runcing daripada busi lainnya yang mana pada ujung runcing tersebut dibalut dengan bahan Platinum.

Cara kerja busi ini adalah membuat hantaran pengapian dari koil menjadi stabil dan percikan api yang dihasilkan lebih sempurna, sehingga proses pembakaran bensin menjadi optimal dan efisien.

Namun busi Platinum memiliki kekurangan yaitu tidak cocok dipakai pada motor dengan kompresi rendah atau motor yang hanya digunakan sehari-hari untuk jarak dekat.

Hal itu dikarenakan busi Platinum termasuk kategori busi dingin yang mana hanya cocok dipakai pada motor dengan mesin ‘Panas’ (rpm dan kompresi tinggi).

3. Busi Resistor


busi resistor
Busi Resistor

Busi Resistor ini memiliki ciri berupa huruf "R" yang terdapat pada badan busi. Kode "R" ini sering di hubung-hubungkan dengan kata Racing. Padahal bukan seperti itu, Arti "R" pada busi ini berarti Resistor.

Yang artinya adalah busi ini pada bagian tengahnya dipasangi oleh sebuah resistor untuk menstabilkan gelombang elektromagnet yang diakibatkan oleh lonjakan pengapian.

Jadi cara kerja busi ini adalah untuk membuat sistem pengapian menjadi lebih stabil sehingga gelombang elektromagnet yang dihasilkan dapat ditekan sekecil mungkin untuk mengurangi gangguan pada sistem kelistrikan motor.

Oleh karena itu busi Resistor dapat digunakan pada motor dengan tipe mesin apa saja, bahkan akan sangat cocok apabila digunakan pada motor berteknologi injeksi yang cara kerjanya full mengandalkan sistem kelistrikan sehingga dengan menggunakan busi ini motor anda dapat meraih performa yang maksimal.

Demikianlah ulasan masbengkel tentang 3 tipe busi racing yang bagus dan terbaik yang mampu mendongkrak performa motor kamu. Pastikan untuk memilih tipe busi yang paling sesuai dengan kebutuhan motor sehingga dapat menghasilkan efek yang maksimal. Terimakasih dan semoga ulasan ini bermanfaat buat pembaca semua.

BACA JUGA BRO
Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Pergantian Busi
HD Scanner : Diagnostic Tool Khusus Motor Injeksi Honda Versi Android
Piggyback : Alat Untuk Mendongkrak Performa Motor Injeksi Agar Lebih Kencang Tanpa Bore Up

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "3 Tipe Busi Yang Mampu Meningkatkan Performa Motor"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel