[Tips Perawatan] Agar Rem Cakram Selalu Dalam Kondisi Baik dan Pakem

Masbengkel.com – Cara merawat rem cakram sepeda motor agar tetap pakem dan awet merupakan hal yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Demi keamanan Anda berkendara, penting bagi Anda untuk selalu memastikan kondisi rem cakram sepeda motor Anda.

Untuk itu, perawatan rem cakram harus Anda lakukan agar rem cakram bekerja dengan baik.

Lalu, bagaimana merawat rem cakram sepeda motor agar tetap pakem???

Berikut ini merupakan tips dan cara melakukan perawatan rem cakram sepeda motor agar selalu bekerja dengan baik.

Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

perawatan rem cakram depan sepeda motor

1. Selalu cek kampas rem

Kampas rem merupakan bagian yang harus sering Anda cek jika ingin melakukan perawatan pada rem cakram sepeda motor.

Karena part yang satu ini merupakan tumpuan utama rem cakram motor Anda.

2. Ganti minyak rem

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah minyak rem. Lakukan pergantian rem maksimal setahun sekali. Jika minyak rem tidak Anda ganti selama setahun, ditakutkan ada saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak rem sudah encer yang dapat mengakibatkan kinerja piston tidak maksimal.

3. Bersihkan kaliper

Rem cakram bersifat terbuka. Padahal, di jalanan saban kali motor dipacu kencang saat itulah angin berembus, sehingga debu tanah serta kotoran ikut beterbangan dan menempel pada kanvas rem maupun piston.

Bila itu terjadi, maka kinerja dua komponen itu tidak akan optimal. Oleh karena itu, sangat disarankan rajin membersihkan keduanya dari kotoran.

Caranya, lepaskan kaliper rem dari shock breaker dan lepas kabel rem dengan cermat. Kemudian lepas bantalan rem dan bersihkan bagian permukaan dengan sikat kawat atau kertas ampelas.

Setelah selesai, gunakan kompresor udara atau semprot dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, terutama di bagian-bagian yang tidak terjangkau. Kemudian keringkan, hingga tidak ada air yang tersisa.

Setelah benar-benar kering kembali rakit komponen tersebut. Namun satu hal yang perlu diingat seal piston juga harus diganti, hal itu untuk menghindari adanya kebocoran minyak. “Karena kalau bocor menyebabkan kinerja piston lemah dan pengereman tidak pakem,” tandas Akmal.

4. Pastikan kaliper masih normal

Kaliper atau orang biasa menyebutnya kepala babi – karena bentuknya mirip hewan mamalia itu - jarang sekali rusak. Namun, ada kemungkinan pemasangannya yang tidak tepat atau posisinya goyah karena faktor-faktor tertentu.

Bila kondisi goyah atau bergetar, maka peranti yang berfungsi untuk mencengkeram pringan cakram saat pengendara motor menarik tuas rem itu, akan cepat aus. Pasalnya, bagian-bagian tertentu dari kaliper akan bergesekan terus menerus dengan piringan cakram.

Lantaran itulah, memeriksa posisi kaliper secara rutin merupakan langkah yang bijak. Caranya, putar ban depan sepeda motor. Kemudian cermati gerakkan piston, bila gerakknya masih seirama dengan piringan cakram, artinya tidak ada sentuhan atau gesekan, maka kaliper masih normal.

AKHIR KATA

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang cara merawat rem cakram depan sepeda motor agar tetap pakem.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "[Tips Perawatan] Agar Rem Cakram Selalu Dalam Kondisi Baik dan Pakem"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel