Prinsip dan Cara Kerja Rem Cakram (Disc Brake) Pada Sepeda Motor + Kelebihannya

Masbengkel.com – Jika Anda adalah pengendara sepeda motor yang baik — selalu mementingkan keselamatan. Tentu Anda akan selalu memastikan sistem rem (cakram) sepeda motor Anda bekerja dengan baik.

Karena sistem rem berfungsi sangat vital untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara. Karena seperti fungsinya, Sistem rem cakram bekerja untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan bermotor — baik mobil ataupun sepeda motor.

Dengan Anda merawat dengan baik sistem rem pada sepeda motor yang Anda pakai, maka Anda bisa selangkah lebih maju untuk menyelamatkan hidup Anda dari bahaya kecelakaan di jalanan.

Pada kenyataannya, sepeda motor kebanyakan memiliki dua sistem rem, yaitu sistem rem tromol (rem belakang) dan sistem rem cakram (rem depan).

Penting bagi Anda untuk mengontrol keduanya tetap berfungsi secara maksimal. Agar setiap perjalanan Anda bisa lebih tenang saat berkendara.

Khusus untuk sistem rem cakram...

Sistem rem cakram pada sepeda motor Anda lebih memiliki tingkat efektifitas (pakem) yang lebih tinggi di bandingkan sistem rem tromol (rem belakang).

Bagaimana cara kerja sistem rem cakram sepeda motor bekerja???

Dan kenapa sistem rem pada sepeda motor Anda lebih efektif ketimbang sistem rem tromol (rem belakang) Anda???

BACA : Sistem dan Cara Kerja Rem Tromol + Gambarnya

Ketahui jawabannya melalui artikel kali ini yang akan membahas seputar cara kerja rem cakram sepeda motor serta kelebihan dan kekurangan rem cakram pada sepeda motor Anda.

Prinsip dan Cara Kerja Rem Cakram Sepeda Motor

Cara Kerja Rem Cakram Sepeda Motor

Rem cakram mempunyai sebuah plat disc (piringan cakram) yang terbuat dari stainless stel yang berputar bersamaan dengan roda. Pada saat rem diaktifkan, plat disc tercekam oleh kampas rem yang bekerja secara hydraulic (hidrolik).

#1. Prinsip Kerja Rem Cakram

Gaya tekan hidrolik dari piston yang berada dalam kaliper berdasarkan hukum pascal's.

Hukum Paskal / Pascal's Law

Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar Cara Kerja Rem Cakram Sepeda Motor

Sejumlah cairan dalam bejana tertutup jika diberi tekanan akan diteruskan kesemua arah dengan tekanan yang sama.

Pada saat gaya F1 diberikan pada master cylinder yang mempunyai luas penampang S1, F2 diteruskan ke luas penampang S2, dalam sebuah cylinder (kaliper) maka akan didapat :

S1 : F1 = S2 : F2
F2 = F1•S2/S1

Oleh karena itu, jika perbandingan S2/S1 besar, maka penambahan gaya F2 yang besar dapat diperoleh dengan menggunakan sedikit tenaga F1.

#2. Cara Kerja Rem Cakram / Disc Brake

Saat tuas rem digerakkan, master cylinder merubah gaya yang ada menjadi tekanan cairan. Master cylinder terdiri dari sebuah reservoir yang berisi cairan minyak rem dan sebuah cylinder dimana tekanan cairan didapatkan.

Reservoir biasanya terbuat dari plastik atau besi tuang atau aluminium alloy. Ujung dari master cylinder dipasang ring karet untuk memberikan sealing yang baik dengan cylindernya dan pada ujung yang lain juga diberi tutup karet untuk mencegah kebocoran cairan.

prinsip kerja rem cakram sepeda motor

Cara Kerja :

Pada saat tangkai rem ditekan, piston menekan per dan bergerak lebih jauh. Dan tutup piston pada ujung piston menutup port kembali sehingga tekanan cairan dalam master cylinder meningkat dan cairan akan memaksa kaliper menekan rem melalui selang. Saat tangkai (handel) rem dilepaskan, cairan minyak rem akan tertekan kembali kereservoir.

#3. Bebas Penyetelan Kampas Rem

Salah satu kelebihan sistem rem cakram adalah posisi kampas akan bergeser secara otomatis tanpa diperlu disetek ulang, tidak seperti rem tromol yang butuh penyetelan ulang jika kampas rem mengalami keausan.

Sebelum Bekerja

  • Kampas rem tidak menyentuh piringan

Pada Saat Bekerja

  • Seal piston berubah bentuk
  • Piston bergeser dari seal piston

Sehabis pengereman

  • Seal piston menekan kembali posisi piston pada posisi semula

Bebas Penyetelan

  • Jika kampas rem mengalami keausan, piston akan bergeser dari posisi seal sehingga kampas rem dalam posisi selalu terjaga

#4. Tipe dari Kaliper (Caliper)

Ada dua tipe konstruksi kampas rem yang digerakkan oleh piston kaliper.

Tipe Piston berhadapan / Opposed Piston Type

Sepasang kampas rem (kanan dan kiri) sama digerakkan oleh masing – masing piston

Tipe Single Piston

Hanya menggunakan satu piston. Saat kampas rem yang satu tertekan oleh gerakkan piston dan menekan piringan, maka kampas rem yang satu akan digerakkan oleh gaya reaksi sehingga kedua kampas rem menjepit piringan. Tipe disc brake ini disebut Floating Type dan dibagi menjadi dua, yaitu : Pin Slide dan Swing Type.

#5. Kelebihan Sistem Rem Cakram (Disc Brake)

  • Karena dalam posisi terbuka, maka panas akan mudah hilang dengan cepat sehingga kestabilan pengereman lebih terjaga.
  • Tidak akan timbul kekuatan tersendiri, seperti yang terjadi pada leading efek yang terjadi jika menggunakan dua buah sepatu rem. Tidak akan ada perbedaan tenaga pengereman.
  • Jika piringan harus meneruskan panas, kelonggaran antara piringan dan kampas rem hanya sedikit berubah. Oleh karena itu, tuas rem dapat beroperasi dengan normal.
  • Jika piringan dalam kondisi basah, maka kandungan air akan di percikkan keluar oleh gaya sentrifugal sehingga dalam kondisi kering.
Karena beberapa kelebihan tersebut, maka rem cakram digunakan pada rem depan. Alasannya bahwa saat rem digunakan, sebagian besar beban dibebankan pada bagian depan.

Oleh karena itu, sangatlah perlu menempatkan disc brake pada rem depan. Tapi akhir – akhir ini sudah banyak motor keluaran terbaru yang menggunakan rem cakram pada rem belakangnya.

AKHIR KATA

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang cara kerja sistem rem cakram pada sepeda motor beserta kelebihan rem cakram sepeda motor. Bagikan artikel ini kesosial media Anda jika dirasa perlu untuk dibaca oleh teman maupun orang yang berteman dengan Anda di sosial media dengan cara klik salah satu ikon sosial media di bawah / dilayar Anda. Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Prinsip dan Cara Kerja Rem Cakram (Disc Brake) Pada Sepeda Motor + Kelebihannya"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel