Review Serta Spesifikasi All New Honda Vario150 eSP

Masbengkel.com - Honda vario bisa dikatakan sebagai matik paling sukses di indonesia. Atas dasar itu, PT Astra Honda Motor (AHM) ingin mempertahankan kesuksesan honda vario dengan meluncurkan "All New Honda Vario 150 eSP".

Beberapa pembaharuan di bawa oleh Honda Vario pada sektor desain dan mesin. Honda juga menambahkan beberapa fitur baru yang sebelumnya tidak dimiliki Vario 150. Semua perubahan yang dilakukan Honda membuat harga All New Vario 150 dibanderol sedikit lebih mahal.

Kehadiran All New Honda Vario membuat posisi honda sebagai produsem motor terlaris di indonesia semakin tak terbantahkan.

review all new honda vario 150

All New Honda Vario 150 ini siap bersaing dengan kompetitor terkuatnya, yakni yamaha.

Agar tidak kalah dari rivalnya tersebut, Honda melengkapi All New Vario 150 dengan teknologi Smart Key System atau sistem penguncian Keyless. Teknologi ini membuat berkendara semakin praktis, karena tidak lagi membutuhkan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin.

Selain teknologi Smart Key Sistem, Masih banyak fitur menarik lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan dari MasBengkel.com berikut ini.

review all new honda vario 150

Untuk segi desain, All New Honda Vario 150 mengalami perubahan yang drastis. Mulai dari depan sampai belakang terlihat lebih modern dibandingan Vario 150 generasi sebelumnya.

Desain lampu depannya juga keren dan dibuat futuristik yang memberikan kesan canggih dan mewah. Dan motor ini sudah menggunakan lampu full LED pada semta sektor pencahayaannya.

tampak depan all new honda vario 150

Honda menambahkan "alis" pada bagian depan motor. "Alis" baru di fungsikan sebagai lampu sein dan lampu senja. Letaknya yang terpisah dari lampu utama, membuat motor ini seakan-akan memiliki alis.

tampka belakang all new honda vario 150

Lampu sein belakang juga dibuat terpisah dan dibuat menyatu dengan spakbor belakang, sehingga terlihat layaknya motor sport.

All New Vario 150 memiliki dimensi panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tingginya mencapai 1.062. Motor ini dibuat lebih rendah agar semakin nyaman dikendarai semua kalangan, baik itu pria ataupun wanita.

Selain itu, All New Vario 150 memiliki jarak sumbu roda 1.280 mm dan jarak terendah ke tanahnya mencapai 132 mm. Bodinya tergolong ideal untuk postur orang Indonesia, sehingga motor ini sangat nyaman saat dipakai bermanuver melewati kemacetan.

Secara keseluruhan desain All New Honda Vario 150 memang terlihat sangat keren, dan tersedia 4 pilihan warna menarik yang terdiri dari Exclusive White, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Siver, dan Exclusive Matte Black.

Semua warnanya dibuat polos dan dibagian bodi telah terpasang emblem timbul bertuliskan Vario 150 yang membuatnya terkesan lebih mewah dibandingkan All New Vario 125.

Kita tinggalkan tema desain baru dari All New Honda Vari 150, kali ini kita akan membahas di sektor teknologi yang disematkan honda pada motor ini.

Jangan heran jika harga All New Honda Vario 150 ini lebih mahal dari pendahulunya, karena motor ini memiliki beragam fitur baru. Salah satu fiturnya adalah Smart Key Sistem atau sistem penguncian keyless.

Teknologi serupa juga dimiliki All New Honda PCX dan terbukti membuat berkendara semakin praktis serta menyenangkan. Berbekal fitur tersebut, kita tidak lagi memperlukan kunci mekanis untuk mengoperasikan kunci stang ataupun menghidupkan mesin. Keren kan!!!

Teknologi Smart Key System yang dimiliki All New Honda Vario 150 juga terintegrasi pada sistem pengaman canggih berupa Anti Theft Alarm dan Answer Back System.

Selain itu, motor ini dilengkapi teknologi ACG Starter yang membuat mesin hidup tanpa suara. Kemudian untuk sektor dapur pacu ditenagai mesin SOHC berpendingin cairan dengan kubikasi 150cc.

Tenaganya lebih besar dibandingkan Vario 150 generasi sebelumnya, karena mencapai 9.7 kW atau setara 13.1 PS pada putaran mesin 8.500 rpm.

Sedangkan untuk torsi puncaknya mencapai 13.4 Nm pada 5.000 rpm.
Berbekal tenaga dan torsi yang besar, tentunya All New Honda Vario 150 bisa berlari dengan cepat.

Namun hal ini berimbas pada konsumsi bahan bakar yang menjadi sedikit lebih boros, yakni 46.9 km/liter. Sedangkan untuk Vario 150 generasi sebelumnya mencapai 48 km/liter. Selisihnya sangat sedikit, sehingga kekurangan ini tidak menjadi masalah yang terlalu berarti.

review all new honda vario 150

Selain itu, Honda menyediakan starter bertipe Electric dan menghilangkan Kick Starter yang selama ini menjadi ciri khas motor matic 150cc ke bawah.

Tidak adanya Kick Starter membuat sisi samping All New Vario 150 terlihat polos. Honda juga membalutnya dengan warna senada bodi, sehingga terlihat lebih elegan. Perubahan lain adalah ukuran ban yang dibuat lebih lebar. Dimana untuk bagian depan memakai ban tubeless berukuran 90/80 14 inci dan belakang tubeless 100/80 14 inci.

Sayangnya ukuran tersebut lebih kecil dibandingkan ban Yamaha Aerox 155 yang notebannya merupakan rival terberat All New Vario 150 di kelas motor matic 150cc.

Suspensinya masih sama dengan Vario 150 sebelumnya, yakni memakai suspensi depan Teleskopik dan suspensi belakang Swing Arm dengan satu buah Shockbreaker.

Lagi-lagi ada yang disayangkan, untuk rem belakang All New Vario 150 masih tromol dan dipadukan dengan rem depan cakram hidrolik. Untungnya sudah ada teknologi Combi Brake System yang mengoptimalkan kinerja pengereman.

Meski sudah ada teknologi Combi Brake System, pastinya banyak orang yang menginginkan teknologi ABS pada All New Vario 150. Namun sayangnya harga All New Honda Vario 150 yang dibanderol lebih murah dari Honda PCX belum memungkinan fitur tersebut.

Tak perlu khawatir bensin boros saat macet, karena sudah ada teknologi Idling Stop System yang mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan mesin langsung menyala kembali saat tuas gas di putar.

Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki Panelmeter terbaru yang menggunakan teknologi Full Digital untuk menampilkan beragam informasi, seperti Konsumsi Bahan Bakar, Jam Digital, Speedometer, Tripmeter, indikator smart key, dll.

Spesifikasi

Mesin
Tipe - 4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan
Kapasitas - 159 cc
Tenaga Maksimum - 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
Torsi Maksimum - 13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm
Diameter Langkah - 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi - 10,6 : 1
Kopling - Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Sistem Bahan Bakar - PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Starter - Electric
Transmisi - Otomatis, V-matic

Bodi

P x L x T - 1919 x 679 x 1062 mm
Berat Isi - 112 kg
Tinggi Tempat Duduk - 769 mm
Tinggi terhadap tanah - 132 mm
Jarak Sumbu Roda - 1.280 mm
Kapasitas tangki - 5.5 Liter

Rangka dan Kaki-Kaki

Rangka - Underbone
Suspensi depan - Telescopic fork
Suspensi belakang - Swing Arm dengan suspensi Tunggal
Velg / Ban - 90/80 – 14M/C 43P Tubeless
Velg / Ban - 100/80 – 14M/C 48P Tubeless
Rem Depan - Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem Belakang - Tromol
Sistem Pengereman - Combi Brake System

Itulah sedikit informasi dari MasBengkel mengenai review All New Honda Vario 150 eSP. Semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli produk ini.

BACA JUGA BRO
Sistem, Cara Kerja, Pengertian, dan Komponen Rem Cakram ~ Lengkap
Cara Kerja Sistem Pendingin Radiator Pada Sepeda Motor
Penyebab Headlamp (mika lampu depan) Meleleh
Ternyata ini Alasan Jenis Knalpot Bobokan Lebih Digemari Daripada Knalpot Jenis Lainnya

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

1 Komentar untuk "Review Serta Spesifikasi All New Honda Vario150 eSP"

  1. mantap mas... trs berkarya..

    kunbal mas.. vminim.blogspot.com

    BalasHapus

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel