Komponen Lengkap Sistem Rem Cakram Pada Motor

Masbengkel.com – Sistem pengereman pada kendaraan memiliki fungsi dalam hal keselematan kamu saat berkendara. Karena cara kerjanya adalah menghentikan atau mengurangi laju kendaraan.

Pada sistem rem cakram, terdapat komponen sistem rem cakram yang mampu membuat rem cakram lebih efektif dibandingkan sistem rem tromol.

Sistem rem cakram sendiri sangat cocok di aplikasikan pada motor yang memiliki tenaga yang besar. Karena tingkat efektif yang sangat tinggi yakni mencapai 100%.

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai sistem dan cara kerja rem cakram beserta komponennya. Tapi didalam artikel tersebut. Pada artikel tersebut, saya hanya menyertakan 3 komponen utama yakni piringan cakram, kampas rem, dan kaliper.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas secara lengkap komponen yang terdapat pada rem cakram disertai fungsinya.

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya


Tuas Rem

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Tuas Rem

Seperti namanya, Tuas rem berfungsi alat untuk mendorong minyak rem. Disebut tuas rem, karena komponen ini adalah komponen yang sepenuh kita kontrol. Komponen biasa juga disebut dengan handle rem (untuk rem depan) dan pedal rem (untuk rem belakang).

Master Rem

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Master Rem

Master rem berfungsi sebagai tempat penyimpanan / penampungan minyak rem.

Seal Master Rem

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Seal Master Rem

Komponen ini mungkin bisa dikatakan komponen yang paling sering diganti selain kampas rem. Seal master berfungsi sebagai pendorong minyak rem.

Selang minyak rem

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Selang Minyak Rem

Mungkin dari namanya kalian sudah bisa menerka apa fungsi dari komponen yang ini. Yaps, Fungsi dari selang minyak rem adalah sebagai jalan minyak rem yang sudah terdorong oleh seal master rem.

Kaliper


Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Kaliper Rem

Fungsi kaliper selain menjadi "rumah" bagi kampas rem. fungsi lain dari kaliper dalah Komponen ini akan mengubah tekanan hidraulik menjadi energi gerak berupa tekanan.

Piston Kaliper


Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Piston Kaliper

Piston kaliper memiliki fungsi untuk menekan kampas rem.

Seal Piston Kaliper

Komponen berbahan dasar karet yang memiliki kemampuan sealing untuk mencegah terjadinya kebocoran minyak rem pada kaliper.

Selain Mencegah kebocoran minyak rem pada kaliper, seal piston kaliper juga berfungsi untuk mencegah debu untuk masuk kedalam kaliper.

Piringan Cakram


Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Piringan Cakram

Disebut piringan karena memang bentukanya bulat menyerupai sebuah piringan. Dalam hal ini, piringan cakram memiliki fungsi sebagai media gesek dari kampas rem.

Dengan penempatan piringan cakram pada roda, membuat piringan cakram berputar mengikuti putaran roda. Saat tuas rem ditarik, kampas rem yang menekan piringan cakram akan membuat roda melambat ataupun berhenti.

Kampas Rem


Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Kampas Rem

Kampas rem biasa disebut juga sebagai brake pad atau disc pad. Komponen ini berfungsi sebagai media gesek.

Niple Bleed / bleeder nut

Komponen Rem Cakram Beserta Fungsinya
Niple Bleed

Komponen ini berfungsi untuk membuang kandungan udara didalam sistem hidraulik rem.

Udara didalam sistem hidraulik rem akan mengakibatkan tenaga pengereman tidak maksimal. Alasanya, udara dapat dikompresi. Sehingga ketika pedal ditekan, maka tekanan itu akan terkompresi oleh udara didalam sistem hidraulik. Akibatnya rem bisa blong.

KESIMPULAN

Komponen rem cakram tersebut bekerja sesuai dengan fungsinya masing – masing, dengan prinsip saling membutuhkan satu sama lain sehingga rem bekerja secara maksimal. Satu komponen saja mengalami kerusakan, rem cakram tidak akan sebaik ketika komponen rem cakram tersebut masing dalam kondisi baik.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang komponen – komponen yang terdapat pada sistem rem cakram. Semoga bermanfaat ya, Broo..

BACA JUGA BRO
6 Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih + Cara Mudah Mengatasinya
Prinsip dan Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor Disertai Gambar Ilustrasi
Selain Sebagai Pelumas, Ternyata ini Lho Fungsi Lain dari Oli
Konstruksi dan Fungsi Komponen Utama Mesin 4-tak

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Komponen Lengkap Sistem Rem Cakram Pada Motor"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel