Ketahui Lebih Dalam Tentang Cara Kerja Pendingin Pada Motor

Masbengkel.com - Sistem pendingin pada motor merupakan sebuah sistem yang wajib melekat pada motor. Dengan adanya pendingin pada mesin kendaraan yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya engine overheat.

Engine overheat adalah kondisi dimana temperatur pada mesin melampaui batas yang sewajarnya. Jika hal ini terjadi artinya sistem pendingin mesin tidak bekerja seperti bagaimana fungsinya.

Secara umum, sistem pendingin ini bekerja mengurangi temperatur yang terdapat pada mesin. Adapun sistem pendingin memiliki jenis yang berbeda. Yang memiliki cara kerja yang berbeda pula.

Lalu apa saja sistem pendingin pada motor dan bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Sistem Pendingin Pada Motor

Di artikel ini Masbengkel.com akan memberikan sedikit informasi tentang apa saja sistem pendingin pada motor dan seperti apa cara kerja pendingin pada motor. Simak ulasan berikut:

Jika di lihat dari zat yang digunakan, terdapat 2 sistem pendingin pada motor, yaitu:
  • Udara
  • Cairan

Dari dua zat tersebut, secara umum sistem pendingin pada motor ada 4 jenis, yaitu:
  1. Sistem Pendingin Udara / Sirip
  2. Sistem Pendingin Kipas
  3. Sistem Pendingin Radiator
  4. Sistem Pendingin Oli

Dari ke-4 jenis tersebut, Sistem pendingin sirip dan sistem pendingin kipas mewakili udara sebagai media untuk menyerap panas.

Sedangkan sistem pendingin radiator dan sistem pendingin oli mewakili cairan sebagai media untuk mengurangi atau menyerap panas pada mesin.

Sistem Pendingin Udara / Sirip


sistem pendingin udara

Sistem pendingin udara ini mengandalkan udara dari luar sebagai media untuk menyerap panas. Panas dari mesin akan disalurkan langsung ke udara bebas.

Panas akan berpindah dari komponen mesin yang terbuat dari logam menuju udara luar ketik motor bergerak.

Blok silinder dan kepala silinder yang didesain khusus agar mampu mempercepat proses perpindahan panas. Desain ini berup sirip udara.

Sirip udara yang terletak pada silinder ini berfungsi untuk memperluas bidang interaksi panas. Artinya, Semakin lebar luas penampang maka perpindahan panasnya akan semakin cepat.

Saat suhu pada mesin meningkt panas akan menyebar ke suluruh bagiam mesin dan termasuk juga sirip pada silinder.

Dengan desain mesin yang dibuat terbuka atau tidak tertutup frame membuat proses pendinginan terjadi secara otomatis saat motor berjalan.

Aliran udara ini akan menyerap panas dari sirip mesin. Karena sifat panas yang akan mengalir ke zat yang memiliki suhu lebih rendah. Sehingga proses pendinginan bisa berlangsung.

Tipe atau jenis pendingin udara biasanya terdapat pada motor bebek dibawah 125cc. Dikarenakan kapasitas mesim yang tidak besar membuat proses pendinginam tidak terlalu berat.

Karena tipe pendingin udara dianggap kurang efektif atau kurang cepat dalam menyerap sehingga tidak cocok di pasang untuk motor di atas 125cc.

Sistem Pendingin Kipas


sistem pendingin kipas

Sistem pendingin kipas ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan sistem pendingin udara. Sama-sama menggunakan udara sebagai media untuk mendinginkan mesin.

Yang membedakan adalah terdapatnya komponen kipas yang letaknya menempel poros engkol.

Sistem pendingin ini biasanya terdapat pada motor matik. Letak mesin yang tepat di bawah serta tertutup oleh cover membuat sistem pendinginan tidak berlangsung secara alami.

Maka dari itu di butuhkan kipas sebagai media penyalur udara dari luar.

Prinsipnya, kipas yang menempel dengan poros engkol membuat kipas akan berputar mengikuti putaran mesin.

Putaran pada kipas ini yang menciptakan aliran dari luar mesin menuju dalam mesin. Sehingga proses pendinginan pun terjadi.

Jika sistem pendingin udara membutuhkan motor yang bergerak agar bisa terjadi proses pendinginan, berbeda dengan mesin berpendingin kipas ini yang yang hanya membutuhkan mesin hidup / menyala saja.

Sistem Pendingin Radiator


sistem pendingin radiator

Sistem pendingin radiator ini sebelumnya sudah lama di aplikasikan pada mobil.

Tapi saat ini, banyak sekali motor yang menggunakn sistem pendingin radiator ini karena dianggap sebagai sistem pendingin yang paling cepat dan efektif.

Maka tidak heran jika sistem pendingin raditor lebih banyak diaplikasikan untuk moto dengan kapasitas diatas 125cc.

Lalu bagaimana cara kerja pada sistem pendingin radiator ini ?

Jika kamu sebelumnya melihat, mendengar atau membaca mengenai sistem pendingin pada mobil tentu saja tidak sulit memahami sistem pendingin radiator yang tersemat pada motor.

Karena baik itu mobil ataupun motor memiliki prinsip kerja dan komponen yang sama. Dimana akan kita temui komponen seperti radiator, selang, dan thermostat.


Sistem Pendingin Oli


sistem pendingin oli
Sistem Pendingin Oli

Tak sulit jika ditanya mengenai fungsi utama dari oli. Dikarenakan dari dulu oli memang berfungsi sebagai pelumas.

Namun berbeda dengan mesin yang memiliki sistem pendingin oli. Karena dalam hal ini oli tidak hanya bertugas sebagai pelumas melainkam juga berfungsi sebagai penyerap panas. Bisa dikatakan memiliki fungsi yang sama dengan air radiator.

Prinsip kerjanya, saat mesin hidup oli akan bersirkukasi keseluruh bagian mesin. Namun, sirkulasi ini akan dilewatkan pada komponen oil cooler.

Oil cooler memiliki bentuk seperti radiator hanya saja biasanya memiliki ukuran lebih kecil. Fungsi oil cooler ini adalah untuk menyerap panas oli dan melepaskannya ke udara.

Saat motor berjalan, akan timbul aliran udara dari depan menerpa oil cooler, sehingga panas dari oil cooler akan pindah ke udara bebas. Hal itu menyebabkan suhu mesin terjaga dari pelumasnya.

Salah satu motor yang menggunakan sistem ini adalah suzuki satria fu.

KESIMPULAN

Sistem pendingin pada motor memiliki fungsi yang sangat vital. Karena tanpa adanya sistem pendingin, motor akan mengalami overheat. Tentu, ketika motor mengalami overheat, akan berdampak sangat buruk untuk motor kamu. Bersiaplah untuk merogoh kocek yang dalam saat motor mengalami overheat.

Demikianlah artikel singkat mengenai sistem pendingin pada motor. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

BACA JUGA BRO
Ini Perbandingan Yamaha Nmax Dan Honda PCX, Pilih Mana
Spesifikasi Honda S90Z, Nenek Moyang Motor Honda di Indonesia
Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Pergantian Busi
Rencana Pakai Busi Iridium?? Cek Kelebihan dan Kekurangan Busi Iridium

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Lebih Dalam Tentang Cara Kerja Pendingin Pada Motor"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel