Cara dan Prinsip Kerja Motor 2 Tak [Khusus Kids Jaman Now]

Masbengkel.com - Meskipun motor 2-tak sudah gak lagi di produksi, bukan berarti teknologi serta cara kerja mesin 2-tak harus dilupakan begitu saja. Saya yakin nih, beberapa dari pembaca masih asing dengan Cara Kerja Mesin 2-tak. Karena era motor 2-tak sudah punah digantikan oleh mesin 4-tak yang sekarang bertranformasi menggunakan teknologi injeksi.

Mungkin dalam hal ramah lingkungan, motor 2-tak masih kalah dengan motor 4-tak, tapi dalam hal performa, motor 2-tak masih mengungguli motor 4-tak. Hal ini tidak terlepas perbedaan cara kerja dari keduanya.

Apa yang beda??

Perbedaan keduanya terletak pada pitaran poros engkol. Jika mesin 4-tak butuh 2 putaran poros engkol / crankshaft untuk menghasilkan tenaga. Berbeda dengan mesin 2-tak yang hanya membutuhkan 1 putaran poros engkol untuk menghasilkam tenaga.

Kok bisa???

Jangan bingung bro, begini penjelasan cara kerja motor 2-tak.

Cara dan Prinsip Kerja Motor 2-tak

cara dan prinsip kerja motor 2-tak
Prinsip dasarnya masih sama, langkah mesin 2-tak tidak berbeda dengan mesin 4-tak yaitu:
  • Langkah hisap / intake
  • Kompresi
  • Tenaga / usaha
  • Langkah buang / exhaust

Dalam mesin 2 tak, 1 kali putaran kruk as/crankshaft (360 derajat) terdapat 4 siklus, jadi setengah putaran (180 derajat) melakukan 2 siklus.

Dimana, pada mesin 2 tak tidak memakai klep/valve dan noken as/camshaft seperti di mesin 4 tak, sebagai gantinya mesin 2 tak memakai membran yang berada setelah karburator.

Inilah alasan kenapa mesin 2-tak lebih responsif dan memiliki akselerasi lebih bagus ketimbang mesin 4-tak.

Pada mesin 2-tak, selain bahan bakar yang berfungsi sebagai penyulut bunga api. Terdapat pula oli samping yang fungsinya untuk melumasi bagian piston yang nantinya akan tercampur dengan bahan bakar di area ruang bakar.

Berikut ini adalah langkah-langkah dari mesin 2-tak


Piston bergerak dari TMA ke TMB

cara dan prinsip kerja mesin 2-tak

Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas.

Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.

Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.

Piston bergerak dari TMB ke TMA

cara dan prinsip kerja mesin 2-tak

Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator.

Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya.

Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.

KESIMPULAN

Bukan hal yang mengherankan jika motor 2 tak memiliki akselerasi yang lebih baik ketimbang motor 4 tak. Cara kerja dari motor 2 tak menjadi jawabannya. Ketika mesin 4 tak membutuhkan 4 kali kerja untuk menghasilkan tenaga, maka berbeda dengan motor 2 tak. Cara kerja mesin 2 tak hanya membutuhkan 2 kali kerja untuk menghasilkan tenaga. Demikian artikel yang membahas tentang cara kerja motor bermesin 2 tak. Semoga bermanfaat ya, Broo...

BACA JUGA BRO
Komponen Lengkap Sistem Rem Cakram Pada Motor
Cara Kerja Pengapian CDI Beserta Komponen Disertai Fungsinya
Komponen Dasar Sepeda Motor
Tentang Knalpot Bobokan, dan Efek Jika di Pasang di Motor Standart

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Prinsip Kerja Motor 2 Tak [Khusus Kids Jaman Now]"

Posting Komentar

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel