Prinsip dan Cara Kerja Mesin 4 Tak + Gambar Animasi

Masbengkel.com – Bicara tentang prinsip dan cara kerja mesin 4 tak, semua motor 4 tak memiliki prinsip dan cara kerja yang sama. Bahkan ketika Anda mencari tahu tentang 'cara kerja mesin ninja 4 tak' sekalipun.

Karena memang pada dasarnya apapun motornya dan berapa pun cc nya, prinsip dan cara kerja mesin bensin 4 tak masih sama. Bahkan untuk cara kerja mesin 4 tak yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana prinsip kerja mesin 4 langkah, melalui artikel ini saya ingin menjelaskan cara kerja mesin 4 langkah beserta gambarnya untuk memudahkan Anda memahami isi dari artikel ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita mengenal dulu tentang mesin 4 langkah. Kenapa mesin ini disebut sebagai mesin 4 langkah.

Apa itu Mesin 4 Langkah


Four Stroke Engine atau dalam bahasa indonesia memiliki arti Mesin 4 langkah adalah sebuah mesin yang memerlukan empat proses langkah naik turun piston, dua kali rotasi as kruk dan satu putaran noken as (camsfhat).

Empat proses tersebutlah yang nantinya akan menjadi sebuah siklus. Dan siklus ini merupakan prinsip dan cara kerja mesin 4 langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Kerja Mesin 4 Tak + Gambar Ilustrasi


Untuk menjelaskan bagaiamana cara kerja mesin 4 tak memang membutuhkan sebuah gambar ilustrasi untuk memudahkan Anda memahami setiap proses dari kerja mesin 4 tak. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini.
cara kerja dan prinsip kerja mesin 4-tak
Seperti yang Anda lihat pada gambar ilustrasi diatas. Gambar tersebut merupakan gambaran dari proses kerja mesin 4 tak. Mari kita bahas satu persatu.

Siklus Kerja Mesin 4 Tak


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pada prinsip dan cara kerja mesin 4 tak memiliki sebuah siklus kerja. Dan berikut ini merupakan siklus kerja mesin 4 tak.

Satu siklus kerja motor 4-tak meliputi ;
  1. Langkah hisap (intake)
  2. Langkah kompresi (compression)
  3. Langkah kerja (power)
  4. Langkah buang (exhaust)
*Perhatikan gambar ilustrasi diatas

Itulah siklus kerja mesin motor 4 tak satu silinder. Untuk mengetahui secara detil bagaimana proses dari siklus tersebut bekerja sehingga membentuk sebuah kerja mesin 4 langkah??? Berikut penjelasan detilnya.

Gambar Animasi Cara Kerja Mesin 4 Tak

gambar animasi cara kerja mesin 4 tak
Siklus empat langkah yang digunakan dalam mesin bensin / bensin. 1 = Intake, 2 = Kompresi, 3 = Power, 4 = Knalpot. Sisi biru kanan adalah port intake dan sisi coklat kiri adalah port buang. Dinding silinder adalah lengan tipis yang mengelilingi kepala piston yang menciptakan ruang untuk pembakaran bahan bakar dan asal-usul energi mekanik.

Prinsip / Cara Kerja Mesin 4 Tak


Cara Kerja Mesin 4 Langkah

1. Langkah Hisap (Intake)


Langkah yang pertama dalam Cara Kerja Motor 4 tak adalah langkah hisap. Langkah ini bertujuan untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar yang sudah dikabutkan oleh karburator kedalam silinder.

Langkah hisap ini juga disebut dengan intake stroke. Pada saat mesin mengalami langkah ini maka yang terjadi adalah :
  1. Klep / katup hisap (in) terbuka dan klep / katup buang (ex) tertutup.
  2. Piston bergerak turun dari TMA (Titik mati atas) ke TMB (Titik mati bawah).
  3. Campuran udara dan bahan bakar akan masuk kedalam ruang bakar dalam silinder. 
  4. Pada langkah hisap ini katup hisap dalam kondisi terbuka, dan torak bergerak turun sehingga campuran udara dan bahan bakar akan terhisap yang kemudian masuk kedalam ruang bakar (silinder mesin).

Bagaimana bisa bahan bakar dan udara masuk keruang bakar???

Begini penjelasannya...

Ketika kondisi katup terbuka dan piston atau torak ini bergerak turun maka ruangan yang berada di atas piston menjadi vakum (tekanannya rendah/dibawah 1 atm) sehingga campuran udara dan bahan bakar yang memiliki tekanan lebih tinggi (kurang lebih 1 atmosfir) akan masuk kedalam silinder.

2. Langkah Kompresi (compression)


Langkah ini bertujuan agar tekanan dari campuran dan bahan bakar meningkat, sehingga akan lebih mudah terbakar dan tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar / maksimal.

Pada langkah kompresi yang terjadi adalah:
  1. Klep in dan klep out sama menutup.
  2. Piston bergerak naik dari TMB ke TMA.
  3. Campuran udara dan bahan bakar ditekan (dimampatkan) sehingga tekanannya naik. 
  4. Poros engkol sudah berputar satu kali (360 derajat) untuk melakukan 2 langkah (langkah hisap dan langkah kompresi).

3. Langkah Usaha (Power)


Langkah ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakan kendaraan.

Pada langkah ini yang terjadi adalah :
  1. klep in maupun klep ex dalam keadaan menutup.
  2. Busi (spark plug) memercikkan bunga api.
  3. Terjadi ledakan yang membuat piston bergerak turun dari TMA ke TMB. 
  4. Busi akan memercikkan bunga api sesaat beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA (sebelum akhir langkah kompresi).
  5. Setelah busi melontarkan bunga api, maka campuran udara dan bahan bakar akan meledak dan menghasilkan usaha yang besar, piston pun bergerak turun.

Dari langkah usaha ini tenaga yang dihasilkan akan dirubah sedemikian rupa untuk menggerakkan kendaraan.

Tenaga yang dihasilkan juga membuat piston dapat bergerak naik turun untuk menyelesaikan satu siklusnya (artinya dalam langkah hisap, langkah kompresi, langkah buang piston bergerak karena adanya tenaga yang dihasilkan pada saat langkah usaha).

4. Langkah Buang (Exhaust)


Langkah terakhir dalam siklus kerja mesin 4 langkah adalah langkah buang / exhaust.

Langkah ini bertujuan untuk membuang sisa-sisa gas hasil pembakaran.

Dalam langkah ini yang terjadi adalah :
  1. Klep in / masuk menutup dan klep out / buang membuka.
  2. Piston bergerak naik dari TMB ke TMA.
  3. Gas buang sisa hasil pembakaran akan keluar dan dibuang melalui knalpot. 
  4. Dalam langkah ini gas sisa hasil pembakaran akan disalurkan melalui exhaust manifold dan akhirnya akan keluar ke udara bebas melalui knalpot.

Pada langkah usaha dan buang, poros engkol berputar 1 putaran. Jadi kalau ditotal dalam satu siklus poros engkol akan berputar 2 kali untuk motor 4 tak. Setelah melakukan langkah buang ini, akan kembali lagi ke langkah hisap, dan begitu seterusnya.

Pada proses kerja mesin 4 tak, Anda beberapa kali membaca istilah TMA maupun TMB. Lalu apa pengertian dari TMA dan TMB..???

Pengertian TMA dan TMB


TMA adalah singkatan dari Titik Mati Atas disebut juga dengan TDC atau TOP Dead Center, merupakan batas teratas (paling atas) yang dapat piston capai didalam silinder. Sedangkan, TMB (Titik Mati Bawah) disebut juga dengan BDC (Bottom Dead Center) merupakan titik terbawah yang dapat dicapai piston didalam silinder.

Komponen-Komponen Mesin 4-tak


Jika suatu benda memiliki cara kerja, tentu dibutuhkan sebuah komponen untuk menunjang cara kerja. Dan, inilah komponen-komponen yang terdapat pada mesin 4-tak, antara lain ;
  1. Piston
  2. poros engkol / as kruk
  3. Connecting rod / stang
  4. Klep / katup intake
  5. Klep / katup exhaust
  6. Busi

AKHIR KATA

Demikian artikel singkat tentang penjelasan prinsip dan cara kerja mesin 4 tak. Semoga bermanfaat.

Bergabunglah Bersama Ribuan Orang Lainnya di Komunitas Kami. Ketik Alamat Email Anda Melalui Kolom Berikut :

1 Komentar untuk "Prinsip dan Cara Kerja Mesin 4 Tak + Gambar Animasi"

KAMI MOHON MAAF JIKA SETIAP KOMENTAR YANG MASUK AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU. KARENA KAMI MENGHINDARI HAL – HAL YANG TIDAK DI INGINKAN. TERIMA KASIH TELAH BERKOMENTAR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel